Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Apakah perlu memilih program yang terakreditasi?

share image
6181
Sewaktu membaca katalog universitas, seringkali kita menemukan universitas mengunggulkan program kuliah mereka yang terakreditasi. Disini Hotcourses akan mencoba menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan program yang terakreditasi dan apa saja keunggulannya?
 
Program yang terakreditasi adalah program yang menerima pengakuan dari badan profesional yang bertugas untuk menilai kualitas program tersebut. Keuntungan dari mengambil program yang terakreditasi adalah program tersebut lebih dipandang oleh pasar kerja dan perusahaan tertentu, sehingga bisa meningkatkan prospek kerja Anda nantinya.
 
Contohnya, di Inggris, gelar akuntan akan diakreditasi oleh Institute of Chartered Accountants or Association atauChartered Certified Accountants (ACCA).
 
Apa saja keunggulan dari program yang terakreditasi?
 
Program-program yang terakreditasi memberikan gelar dan kualifikasi yang lebih diyakini oleh berbagai industri dan perusahaan, sehingga akan meningkatkan prospek kerja Anda.
 
Beberapa pekerjaan profesional memerlukan akreditasi. Misalnya jika Anda telah tamat dari jurusan arsitektur dan ingin menjadi Arsitek, Anda perlu memiliki mendaftar sebagai seorang arsitek untuk membuka kantor praktek resmi Anda. Jika Anda tamat dari program arsitektur yang terakreditasi, maka jalur Anda untuk mendaftar menjadi seorang Arsitek akan lebih mudah.
 
Dengan bergabung dengan program yang terakreditasi, Anda akan lebih mudah mencari kesempatan kerja dan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.
 
Tentu saja dengan lulus dari program terakreditasi tidak selalu menjamin Anda akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Untuk mendapatkan yang terbaik tetap saja dibutuhkan usaha ekstra seperti mengikuti pelatihan profesional, menambah pengalaman kerja, dan mengembangkan keahlian interpersonal.
 
Jadi, perlukah mengambil program yang terakreditasi?
 
Program yang belum memiliki akreditasi tidak selalu berarti program tersebut memiliki kualitas yang tidak baik. Jika Anda ingin memilih jalur yang lebih bersifat kejuruan dan profesional, akreditasi memang dibutuhkan. Misalnya jika Anda ingin mendalami bidang akuntansi, kedokteran, teknik, dan sejenisnya, ada baiknya Anda memilih program yang terakreditasi.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

350501

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

183494