Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Apakah yang harus dilakukan jika tidak diterima oleh universitas pilihan?

share image
3837

Tergantung jurusan dan universitas, proses seleksi bisa saja sangat ketat. Apalagi jika jurusan dan universitas yang Anda pilih merupakan jurusan dan universitas yang populer. Oleh karena itu, tidak sedikit yang mendaftar ke lebih dari satu universitas. Dengan harapan jika tidak diterima di universitas satunya, masih ada kemungkinan diterima di universitas lain.

 

Jika tidak diterima di universitas pilihan Anda, ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Menerima tawaran dari universitas lain

Jika tidak diterima oleh universitas pilihan Anda, Anda bisa mempertimbangkan universitas lain yang menawarkan tempat bagi Anda di jurusan mereka. Mungkin Anda lebih menyukai pilihan Anda yang sebelumnya, tetapi perlu Anda ingat persepsi Anda terhadap universitas itu tergantung dari katalog yang Anda baca. Belum tentu universitas lain tidak sebaik universitas pilihan Anda.

 

2. Memilih jurusan lain

Ada beberapa alasan mengapa tidak diterima oleh universitas. Bisa berarti tidak memenuhi persyaratan masuk, atau kuota mahasiswa telah penuh. Jika Anda benar-benar menyenangi universitas pilihan Anda,  Anda bisa melakukan pendaftaran sekali lagi. Jika waktu masih memungkinkan, Anda bisa mencoba mendaftar untuk jurusan lain di universitas yang sama.

 

3. Mengikuti program fondasi

Biasanya jika Anda ditolak karena alasan akademis, akan diberikan pilihan untuk mengikuti program fondasi terlebih dahulu. Jika demikian, Anda bisa menunda waktu kuliah selama satu tahun dengan menyelesaikan program fondasi dan baru kemudian memulai kuliah gelar sarjana Anda.

 

4. Mendaftar kembali tahun depan

Jika alasan Anda ditolak masuk oleh universitas adalah karena portofolio yang tidak memadai atau pengalaman kerja yang tidak mencukupi, Anda bisa mempertimbangkan mendaftar kembali tahun depan dengan memanfaatkan satu tahun untuk menambah pengalaman kerja atau memperbaiki portofolio Anda. Tetapi itu berarti Anda akan telat kuliah satu tahun. Jika Anda keberatan, Anda bisa mencoba mempertimbangankan untuk masuk ke universitas lain.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

351279

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

184001