Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

CARA MENDAFTAR PROGRAM SARJANA INTERNASIONAL DI MAHIDOL UNIVERSITY

Cara Mendaftar Program Sarjana Internasional Di Mahidol University

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita telah sering mendengar perlunya persiapan menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Konsep MEA dibentuk untuk menghadirkan pemerataan ekonomi di kawasan ASEAN dan salah satu cara mencapai hal ini adalah dengan membebaskan tenaga kerja terdidik dari tiap negara ASEAN untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

 

Kalau kamu tertarik untuk bekerja di Thailand, tentu merencanakan studi di negeri gajah putih ini bisa kamu pertimbangkan. Dengan kuliah di sana, kamu berkesempatan mengenal budaya dan bahasa setempat serta berjejaring dengan para mahasiswa dan pelaku industri lokal. Hal ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri saat kamu memulai karir di Thailand. Kamu juga bisa kembali ke Indonesia untuk bekerja di perusahaan-perusahaan asal Thailand yang ada di sini atau bekerja di berbagai instansi sebagai ahli budaya Thailand.

 

Setelah membahas Chulalongkorn University beberapa waktu lalu, kini tim Hotcourses Indonesia akan membahas 1 opsi tempat kuliah tingkat sarjana lainnya untuk mahasiswa internasional di Thailand: Mahidol University. Langsung saja baca infonya berikut ini.

 

Profil Singkat Mahidol University

 

Mahidol University (MU) dikenal sebagai universitas negeri ke-4 yang didirikan di Thailand. Sejak pembentukannya di tahun 1943, universitas ini telah memiliki reputasi yang baik di bidang ilmu kesehatan, khususnya untuk jurusan kedokteran. Uniknya, MU kini memiliki 2 fakultas kedokteran, yaitu Fakultas Kedokteran RS Siriraj dan Fakultas Kedokteran RS Ramathibodi. Keduanya dikenal sebagai fakultas kedokteran yang bergengsi di Thailand.

 

Selain program kedokteran, MU juga menawarkan 600+ program di berbagai bidang ilmu lainnya, mulai dari ilmu pengetahuan alam hingga seni liberal. Universitas ini juga dikenal sebagai universitas negeri dengan anggaran terbesar di Thailand untuk program-program penelitian. MU kini menempati peringkat 252 di QS World University Rankings 2021 dan posisi 48 di QS Asia University Rankings 2020.

 

Pada tahun 1986, MU menjadi universitas negeri pertama di Thailand yang meluncurkan program internasional. Jenis-jenis program internasional yang tersedia kemudian semakin berkembang dan akhirnya disatukan di satu kolese khusus - Mahidol University International College (MUIC) - di tahun 1996. MUIC telah menerima 'Thailand Trust Mark' dari Kementerian Perdagangan Thailand sebagai bukti bahwa pendidikan yang disediakan di kolese ini berkualitas tinggi.

 

Beberapa mahasiswa internasional yang tengah menggunakan fasilitas peminjaman sepeda di Mahidol University - Hotcourses Indonesia

Beberapa mahasiswa internasional yang tengah menggunakan fasilitas peminjaman sepeda di Mahidol University

(Sumber foto: muic.mahidol.ac.th)

 

Jurusan S1 Internasional Di Mahidol University

 

Semua program internasional MU yang bersifat non-medis kini dijalankan oleh MUIC di Kampus Salaya. Saat ini MUIC terbagi dalam 6 divisi akademi yang menaungi berbagai jenis jurusan. Berikut adalah semua program S1 yang ditawarkan tiap divisi:

 

Divisi Administrasi Bisnis

 

Divisi Ilmu Budaya Dan Bahasa

 

Divisi Pariwisata dan Manajemen Perhotelan

 

Divisi Ilmu Sosial

 

Divisi Seni Rupa Murni dan Terapan

 

Divisi Sains

 

Informasi mengenai persyaratan akademis masing-masing program dan biaya kuliahnya bisa kamu temukan di tiap tautan di atas.

 

Dokumen Pendaftaran

 

Untuk mendaftar ke MUIC, kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen berikut: 

  1. Salinan transkrip nilai SMA beserta terjemahan dalam bahasa Inggris. Keduanya harus dilegalisir;

  2. Salinan ijazah SMA beserta terjemahan dalam bahasa Inggris. Keduanya harus dilegalisir;

  3. Profil sekolahmu dalam bahasa Inggris;

  4. 3 lembar pasfoto ukuran 1x1 inci;

  5. Nilai IELTS (minimal 6.0 dengan nilai Writing setidaknya 6.0) atau TOEFL iBT (Minimal 69 dengan nilai Writing setidaknya 22) yang masih berlaku;

  6. Nilai matematika di tes ACT atau SAT (nilai minimal tergantung kebijakan masing-masing jurusan). Nilai ini tidak dibutuhkan jika kamu ingin mendaftar ke jurusan Communication Design, International Relations and Global Affairs dan Intercultural Studies and Languages;

  7. 2 surat rekomendasi;

  8. Fotokopi paspor;

  9. Statement of Purpose (Surat pernyataan tujuan - minimal 250 kata);

  10. Sertifikat kesehatan;

  11. Pernyataan keuangan.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Asia

 

Cara Mendaftar

 

Perlu diketahui bahwa tahun akademik MUIC dibagi dalam 3 trimester: Trimester 1 (September-Desember), Trimester 2 (Januari-April) dan Trimester 3 (April-Juli). Tiap trimester berdurasi sekitar 12 minggu dan ada semester pendek yang dibuka tiap Agustus.

  • Pendaftaran untuk Trimester 1 2020 dibuka dari 15 Mei hingga 15 Juli 2020. Pengumuman penerimaan dilaksanakan pada 3 Agustus dan perkuliahan dimulai pada 7 September 2020.

  • Pendaftaran untuk Trimester 2 2020 dibuka dari 14 Agustus hingga 15 Oktober 2020. Pengumuman penerimaan dilaksanakan pada 3 November 2020 dan perkuliahan dimulai pada 4 Januari 2021.

  • Pendaftaran untuk Trimester 3 2020 dibuka dari 16 November 2020 hingga 15 Januari 2021. Pengumuman penerimaan dilaksanakan pada 15 Februari 2021 dan perkuliahan dimulai pada 19 April 2021.

 

Setelah memilih trimester yang kamu inginkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses laman pendaftaran mahasiswa baru MUIC di sini.

2. Buatlah akun baru untuk mendapatkan formulir pendaftaran online. Isi formulir dengan lengkap.

3. Transfer biaya pendaftaran sebesar THB 1.500 atau USD 50 ke rekening berikut:

Siam Commercial Bank (SCB),

Mahidol University International College,

Account Number: 333-279910-3

SWIFT Code: SICOTHBK

 

4. Kirimkan semua dokumen pendaftaran beserta bukti pembayaran/transfer via pos ke alamat berikut:

Admissions Office

Mahidol University International College,

Phutthamonthon 4 Rd., Salaya,

Nakhonpathom, 73170

Thailand

 

Berkas-berkasmu tidak akan diterima jika tanggal pada cap pos melewati tenggat waktu. Dokumen pendaftaran juga bisa diantarkan langsung ke alamat di atas. Perlu diingat bahwa pendaftar diwajibkan menggunakan seragam sekolah/pakaian formal saat mengantarkan dokumen secara pribadi.

 

5. Setelah mengirimkan dokumen, pendaftar harus memeriksa status pendaftarannya di link ini.

 

Khusus untuk beberapa jurusan (atau kasus tertentu), calon mahasiswa akan diminta mengikuti ujian tambahan atau sesi wawancara.

 

Perkiraan Biaya Hidup di Thailand

 

Untuk membantumu merencanakan studi di Mahidol University, kami juga akan memberikan informasi perkiraan biaya hidup mahasiswa internasional di Thailand:

  • Buku kuliah: Sekitar THB 5.000/semester.

  • Asrama: Sekitar THB 15.000/bulan (sudah termasuk listrik dan air)

  • Makan sehari-hari dan biaya lain-lain: Sekitar THB 10.000/bulan.

 

Kalau kamu mengalami masalah dengan biaya, MUIC menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. 

 

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran bisa kamu temukan di situs resmi MUIC. Selain itu, kamu bisa menghubungi kantor penerimaan mahasiswa baru melalui:

Telepon: (+66) 02-700-5000 Ext. 4344-7

Fax: (+66) 02-700-5013

Email: icdad@mahidol.ac.th

 

Saksikan juga video berikut untuk lebih mengenal MU dan MUIC.

 

 

Ingin mewujudkan impianmu berkuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

*Biaya yang tercantum adalah biaya tahun ajaran 2020/2021

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

muic.mahidol.ac.th

wikipedia.org

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

366K

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

192.3K