Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Apakah lulusan D3 dan D4 bisa melanjutkan langsung ke S2 di luar negeri?

95971

 

Karena sistem pendidikan yang berbeda, banyak mahasiswa Indonesia yang mengalami kesulitan saat melakukan proses pendaftaran kuliah di luar negeri. Hal ini sering terjadi bagi mereka yang lulusan D3 dan D4. Pertanyaannya adalah, apakah lulusan kedua gelar tersebut bisa langsung mendaftar gelar S2 secara langsung?

 

BISAKAH GELAR D3 atau D4 MENDAFTAR KULIAH LANGSUNG S2 LUAR NEGERI?

 

Kedua gelar tersebut BISA meneruskan ke gelar Master di luar negeri. Namun dengan catatan, gelar D-III harus mengikuti alih jenjang ke program S1 atau D-IV terlebih dahulu. Mengutip dari Kepmendiknas Nomor 178/U/2001 di Indonesia, gelar D-III tidaklah setara dengan gelar sarjana, tidak seperti program D-IV.

 

Sebutan profesional untuk gelar D-III adalah Ahli Madya (A.Md), sedangkan untuk D-IV adalah Sarjana Sains Terapan (S.ST). Durasi kedua gelar tersebut pun berbeda, D-III selama 3 tahun, D-IV selama 4 tahun.

 

Dua gelar tersebut, diberikan bagi mereka yang mengikuti pendidikan vokasi/kejuruan di suatu perguruan tinggi. Pada dasarnya pendidikan vokasi tidak sama dengan pendidikan akademik. Subjek yang dipelajari pun berbeda, vokasi lebih kepada mata kuliah keahlian, sedangkan akademik lebih ke arah keilmuan.

 

Dengan penjelasan di atas, diharapkan tidak ada lagi kerancuan mengenai masa depan D-III dan D-IV dalam mengambil Master di luar negeri. Mahasiswa lulusan program D-III disarankan untuk mengambil program alih jenjang terlebih dahulu untuk mendapatkan gelar Sarjana.

 

Sedangkan mahasiswa dari program D-IV bisa langsung mendaftar dengan mengikuti persyaratan pendaftaran dari universitas dari luar negeri. Sebagai contohnya, lulusan Program D-IV Akuntansi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bisa meneruskan untuk mengambil jurusan Master of Science in Accounting di George Mason University, Amerika Serikat yang telah terakreditasi AACSB.

 

UNIVERSITAS – UNIVERSITAS LUAR NEGERI YANG MENAWARKAN D3/D4 ke S2

 

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, universitas mana saja yang memiliki program alternatif yang bisa mengakomodasi lulusan D3/D4 untuk bisa kuliah ke luar negeri langsung S2, para mahasiswa Indonesia sebaiknya bertanya pada sumber yang terpercaya dan lembaga ahli pendidikan.

 

1. CARA BERTANYA LANGSUNG KE UNIVERSITAS

Untuk sumber yang paling bisa diandalkan kebenarannya adalah universitas tersebut sendiri. Kabar baiknya Hotcourses Indonesia memberikan platform untuk bertanya ke universitas tersebut seputar pendaftaran ke universitas yang kamu minati. Dan pertanyaan kamu akan dibalas langsung oleh pihak perwakilan dari universitas yang bersangkutan. Caranya tinggal klik tombol ini untuk memilih universitas: 

 

 

*klik di sini bila tombol tidak berfungsi

 

2. KONSULTASI GRATIS DENGAN IDP LEWAT HOTCOURSES

Salah satu ahli pendidikan luar negeri yang bisa memberikan informasi komprehensif adalah agen pendidikan luar negeri, salah satunya adalah IDP Education. Hotcourses bersama IDP bisa memberikan info akurat tentang kuliah di luar negeri. Untuk bertanya kemungkinan mendaftar S2 luar negeri langsung dari program D3/D4, kamu bisa langsung konsultasi GRATIS dengan IDP  DI SINI

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

152580

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

47969