Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

5 Langkah Penting untuk Mencari Jurusan dan Mendaftar Kuliah Luar Negeri

10711

Banyak dari sahabat-sahabat Hotcourses yang bertanya:

 

"Bagaimana caranya kuliah di luar negeri?"

 

Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa kamu tidak sendirian, banyak pelajar lainnya yang menanyakan hal yang sama. Untuk itu, Hotcourses Indonesia ingin membantu memandu kamu dengan langkah-langkah secara berurut yang bisa kamu jejaki untuk memutuskan pilihan kuliah kamu. 

 

LANGKAH-LANGKAH MENENTUKAN DAN MENDAFTAR KULIAH DI LUAR NEGERI

 

1. MEMILIH JURUSAN

Hal singkat yang bisa kamu lakukan untuk menkerucutkan pilihan jurusan kamu adalah dengan menanyakan 2 pertanyaan berikut ini kepada diri sendiri dahulu sebelum meminta opini kedua dari orangtua, guru, kakak atau teman:

 

  • bidang-bidang apa yang menarik untuk kamu?
  • karir seperti apa yang ingin kamu ambil di masa depan?

 

Untuk membantu kamu menciptakan gambaran tersebut, kamu bisa menjelajahi pilihan jurusan yang ditawarkan di universitas-universitas luar negeri pada umumnya di halaman daftar jurusan Hotcourses Indonesia berikut ini:

 

 

*catatan: klik di sini bila tautan pada gambar GIF di atas tidak berfungsi

 

 

2. MENENTUKAN NEGARA TUJUAN

Negara tujuan merupakan salah satu bagian terpenting yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari. Alasannya adalah karena setiap negara memiliki sistem dan keunikan masing-masing. Beberapa contoh faktor negara tujuan penting tersebut adalah:
 
  • Biaya kuliah rata-rata universitas-universitas di negara tersebut
  • Biaya hidup rata-rata untuk mahasiswa
  • Sistem pendidikan (beberapa negara mengharuskan calon mahasiswa internasional mengambil program penyetaraan agar ijazah mereka setara dengan sistem pendidikan di negara tujuan)
  • Medium bahasa (apakah memakai bahasa Inggris? atau bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Korea)
  • Iklim, dll.
 
Hotcourses mengumpulkan informasi ini dalam satu wadah yaitu eBook. Kamu bisa mendownload secara gratis di sini:
 

 
 

 

3. MEMUTUSKAN PILIHAN UNIVERSITAS

Beberapa mahasiswa sudah memiliki wacana di universitas apa mereka akan mengambil jurusan impian mereka. Namun, masih banyak mahasiswa yang sama sekali belum ada wacana pasti, alasannya karena mereka mengutamakan pilihan jurusan.

 

Bila kamu masuk dalam kategori ini, Hotcourses bisa membantu kamu melalui langkah ini dengan mesin pencarian khusus yang menggabungkan antara jurusan dan negara tujuan impian kamu. Di sini, kamu memiliki akses untuk:

 

  • KUNJUNGI SITUS

Mengunjungi situs resmi universitas tersebut untuk mempelajari seperti apa kampus universitas tersebut, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pendaftaran.

  • MEMINTA INFORMASI

Mengirimkan pertanyaan secara langsung kepada universitas. Ingat pepatah “malu bertanya, sesat di jalan”, bila ada pertanyaan seputar kuliah di universitas tersebut, pihak universitas langsung akan menjawabnya melalui email. Dan, karena platform bertanya ini mengharuskan kamu menulis dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakannya sebagai wadah praktek menulis bahasa Inggris.

 

Silahkan masuk ke halaman ini mesin pencarian ini, untuk menyaring hasil dari penggabungan jurusan dan negara tujuan.

 

 

*catatan: klik di sini bila tautan pada gambar GIF di atas tidak berfungsi

 

 

4. MEMPELAJARI UNIVERSITAS 

Setelah kamu memiliki pandangan di mana kamu ingin kuliah, pelajari universitas-universitas yang masuk dalam wacana kamu.
 
Hotcourses Indonesia telah mengumpulkan profil-profil universitas di 11 negara berupa brosur resmi dalam satu halaman. Hal signifikan yang bisa kamu temukan dalam setiap brosur resmi tersebut adalah:
 
  • info program yang tersedia
  • persyaratan pendaftaran
  • biaya kuliah 
  • fasilitas kampus
  • akomodasi
  • bantuan keuangan
 

 

 
Catatan*:

 

 

5. KONSULTASI TANPA BIAYA

Mendaftar universitas di luar negeri adalah keputusan besar. Jadi, mungkin kamu tidak seharusnya ‘coba-coba’ untuk potensi masa depan kamu. Untuk itu, Hotcourses Indonesia, bersama dengan IDP, memberikan wadah untuk konsultasi untuk kamu. 
 
Untuk bisa berkonsultasi gratis, langkah yang harus kamu ambil adalah:
  • kamu bisa memilih salah satu universitas di sini
  • masukkan formulir elektronik kamu untuk meminta konsultasi gratis dengan IDP. Pihak IDP akan menghubungi kamu. 
Temukan formulir elektroniknya di sini:

Catatan*:
 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Nurmianti adalah digital marketing executive dari Hotcourses Indonesia. Dia lulus dari Universitas Negeri Malang, jurusan Sastra Inggris, dengan gelar Sarjana Sastra; serta menerima beasiswa Global UGRAD di Nazareth College of Rochester, NY. Sebelum lulus, Nurmianti mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di Inggris dan Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studi S1, Nurmianti juga sempat tinggal di beberapa negara, yaitu Jerman dan Romania. Dan saat ini, dia menetap di Inggris. Karena sering berpindah-pindah, travelling dan mencoba makanan baru menjadi hobinya.

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

155779