Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

MENGENAL UJIAN SAT

3331

Scholastic Assessment Test (SAT) adalah ujian yang diperlukan jika kamu ingin mendaftar kuliah S1 ke universitas di Amerika, atau di universitas-universitas ternama di luar negeri, seperti Cambridge atau Oxford di Inggris.

 

Ujian ini terdiri dari dua bagian utama: Bahasa Inggris dan Matematika. Berikut adalah komponen dari ujian SAT:

1.      Evidence-based reading and writing

2.      Reading test

3.      Writing and language test

4.      Mathematics

5.      Essay (opsional)

 

Skor penuhnya adalah 2400. Jika kamu dapat meraih skor di atas 2000, peluang kamu untuk diterima universitas-universitas top dipastikan sangat terjamin. Skor aman adalah 1600 ke atas, jika di bawah itu, peluang kamu untuk diterima bisa dibilang sangat tipis.

 

Persiapan untuk mengikuti ujian SAT biasanya memerlukan waktu dua hingga tima bulan. Jika kamu adalah murid dari sekolah internasional (atau sekolah yang menggunakan bahasa pengantar Inggris), tes ini bisa dibilang cukup mudah.

 

Ujian SAT diadakan enam kali dalam setahun. Kamu perlu mendaftar sebelumnya dengan menggunakan paspor.

 
 

Kapan sebaiknya mulai mempersiapkan ujian SAT?

Jawabannya tergantung dari skill berbahasa Inggris kamu dan target yang ingin kamu capai. Jika kamu memiliki skill bahasa Inggris yang bagus dan tidak memerlukan target yang terlalu tinggi, tentunya waktu persiapan tidak sepanjang jika kamu memerlukan target skor yang tinggi, apalagi, jika kamu menargetkan untuk diterima di Cambridge atau Oxford.   

 

Pada umumnya, disarankan untuk mulai mencari tahu sejak SMU, supaya kamu punya waktu yang cukup untuk memastikan rutinitas dan prestasi sekolah atau eks-kul lainnya tidak terganggu oleh persiapan SAT.

 

Kamu bisa mulai menghafal banyak kosakata sejak SMU kelas satu, kemudian setelah itu mulai berlatih untuk setiap bagian SAT. Bisakah mempersiapkan sendiri tanpa kursus? Bisa, jika skill bahasa Inggris kamu mencukupi dan berdisiplin untuk berlatih sendiri. Cukup banyak materi yang bisa kamu peroleh secara gratis secara online. Tapi pastikan kamu telah memiliki dasar Bahasa Inggris yang kuat. Jika tidak, sebaiknya kamu mengikuti kursus.

 

Jika mengikuti kursus intensif, biasanya berdurasi antara 4 hingga 6 bulan. Jika skill bahasa Inggris kamu bagus, waktu 3 bulan juga sudah mencukupi.

 

Tips: kamu bisa mencoba PSAT online, yaitu tes percobaan SAT yang bisa kamu ikuti secara online. Dari hasilnya kamu bisa memperkirakan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk bersiap-siap.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

143629

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

45233