Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Menulis Personal statement yang menarik perhatian universitas

20294

Pada masa pendaftaran, petugas penerimaan mahasiswa  bisa saja menerima ratusan hingga ribuan lamaran dari para calon mahasiswa. Jadi bagaimana cara menarik perhatian mereka agar pendaftaranmu diterima?

Hotcourses mewanwancarai beberapa petugas penerimaan mahasiswa di universitas luar negeri, dan ternyata beberapa hal yang mereka nilai dari personal statement adalah...

 

 

1. Awali dengan baik

Tuliskanlah kalimat pembuka yang tegas dan menarik , jelaskan mengapa kamu memilih jurusan tersebut. Sampaikan dengan singkat dan padat. Hindari kata yang bertele-tele.

 

 

2. Buatlah tampilan yang enak dibaca

Jangan menulis dalam paragraf yang panjang. Bagilah dalam beberapa paragraf, dengan satu inti per paragraf.

 

 

3. Tunjukkan kepribadian kamu

Pihak universitas ingin mengenal siapa kamu sebenarnya. Setelah itu baru mereka bisa menentukan apakah kamu adalah kandidat yang tepat untuk bergabung dengan mereka. Oleh karena itu jelaskan kepribadian kamu dan jangan ragu untuk mengemukakan pendapat atau ide yang ada di benakmu.

 

 

4. Jangan menyalin atau meniru

Kamu bisa dengan mudah menemukan banyak contoh personal statement di internet. Mereka boleh dijadikan masukan, tetapi jangan sekali-sekali menyalin atau meniru. Beberapa unbiversitas memiliki program yang bisa melacak sesuatu yang disalin dari internet lho.

 

 

5. Periksa dulu sebelum mengumpulkan

Setelah selesai menuliskan personal statement, bolehg kok meminta orang lain untuk membacanya dan memberikan pendapat. Jika kamu disarankan untuk merubah bagian tertentu, pertimbangkanlah dahulu, dan buatlah perubahan tersebut sendiri, bukan meminta orang lain untuk melakukannya. 

 

 

6. Gunakan contoh

Hanya menuliskan bebrapa kalimat pernyataan tanpa menjelaskan dengan contoh akan membuat personal statement-mu terlihat kurang meyakinkan. Gunakalah contoh yang relevan dan tepat. Contoh yang digunakan harus sesuai dengan isi yang ingin disampaikan. Misalnya kamu ingin menjelaskan bahwa kamu punya passion dalam bidang fashion design. Kamu bisa menjelaskan dengan contoh, misalnya sejak kecil kamu suka menggambar baju untuk boneka, atau sering ikut lomba fashion dan lain sebagainya. Tentu saja kamu bisa memperkuat dengan foto dan sertifikat yang kamu miliki. 

 

 

7. Tunjukkan passion-mu

Bagian ini sangatlah penting. Pihak universitas hanya ingin menerima kandidat yang benar-benar antusias dan bersemangat. Karena jika tidak memiliki minat dan semangat yang kuat, tentunya akan susah mengharapkan mereka untuk meraih prestasi yang baik. Oleh karena itu tunjukkan minat dan passion kamu terhadap jurusan pilihan. Sekali lagi, jelaskanlah dengan contoh yang relevan supaya pernyataanmu lebih meyakinkan.

 

 

8. Jawab pertanyaan yang penting dengan jelas

Jika kamu cek di situs universitas, kamu akan menemukan informasi tentang apa saja isi dan informasi yang diminta dalam personal statement. Jika ada yang tidak jelas, kamu bisa menanyakannya via email atau sewaktu open day. Tetapi biasanya pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah: “ Mengapa kamu pantas menempati jurusan ini?” Setiap universitas menentukan jumlah kuota mahasiswa untuk setiap jurusan, jadi berikan alasan kuat mengapa kamu pantas di terima di jurusan pilihanmu. 

 

 

Tips dan trik ini disampaikan oleh:

 

  

 
Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

136944

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

42938