Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PERSYARATAN NILAI BAHASA INGGRIS UNTUK KULIAH S2 DI LUAR NEGERI

662

Gelar S2 dari universitas di luar negeri adalah salah satu cara untuk memperdalam ilmu, memperluas koneksi dan meningkatkan karir. Banyak yang bertanya-tanya apakah bahasa Inggris mereka sudah cukup bagus untuk dapat mengikuti perkuliahan di luar negeri. Untuk memastikan mahasiswa internasional dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, setiap universitas menetapkan nilai minimal yang harus dicapai mahasiswa sebelum dapat mendaftar ke program kuliah tersebut. Setiap universitas menetapkan persyaratan yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya adalah sebagai berikut:

 

IELTS

  • IELTS band 6.0 tanpa ada komponen ujian di bawah 5.0.
  • Untuk program teknik dan analitik data skor minimal yang perlu dicapai adalah band 7.0, tanpa ada komponen ujian di bawah 6.0.
  • Jika ingin mendaftar untuk beasiswa atau bantuan keuangan, maka skor minimal adalah band 7.0 tanpa ada komponen ujian di bawah 6.0.

 

TOEFL

  • Minimal skor 80 untuk TOEFL iBT atau 550 untuk TOEFL PBT.
  • Untuk program teknik dan analitik data minimal harus mencapai skor 100 untuk TOEFL iBT.
  • Jika ingin mendaftar untuk beasiswa atau bantuan keuangan, maka skor minimal adalah 100 untuk TOEFL iBT atau 600 untuk TOEFL PBT.

 

PTE Academic

  • Skor minimal 53, atau 68 jika ingin mendaftar untuk beasiswa atau bantuan keuangan.

 

 

PENGECUALIAN

Tidak semua mahasiswa harus menyertakan sertifikat kelancaran berbahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS dan sejenisnya jika mahasiswa telah memiliki sertifikat pendidikan sebelumnya (S1/S2) dari program kuliah yang disampaikan penuh dalam bahasa Inggris, di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Sudah memenuhi persyaratan di atas? Kamu bisa mulai mencari program kuliah S2 yang cocok untukmu.

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS