Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

10 Pertanyaan penting dalam Bahasa Inggris yang harus kamu tanyakan saat mencari universitas

47923
Kuliah di luar negeri tidak hanya akan memakan biaya, tapi juga memakan kekuatan mental dan waktu. Kamu harus jauh dari keluarga dan kawan-kawan dekat kamu. Untuk itu, kamu harus memastikan universitas pilihanmu adalah universitas yang tepat. 
 
Kamu harus bisa menuliskan pertanyaan kamu dalam bahasa Inggris, karena pihak universitas berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Meskipun sulit, namun kamu harus yakin, ini langkah pertama untuk membuka jalan kuliah ke luar negeri, serta praktek bahasa Inggris dalam skala yang kecil.
 

 
Contoh pertanyaan-pertanyaan penting tersebut:
 

1. Jurusan spesifik yang kamu cari

Terkadang kamu ingin mengejar impian di karir tertentu. Misalnya, kamu ingin berkecimpung di bidang studi humaniora yang memberikan pengetahuan dan kemampuan seputar konflik antar negara, cara mediasi dan bernegosiasi, kamu bisa mencari jurusan ‘International Conflicts and Security’.  
 
  • “Apakah Cambridge University menyediakan jurusan International Conflicts and Security?”
  • “Does Cambridge University offer International Conflicts and Security programme?”
 

2. Persyaratan jurusan

Tanyakan persyaratan UTAMA untuk jurusan yang ingin kamu ambil, secara spesifik.
 
  • “Apa saja persyaratan untuk mengambil jurusan manajemen bisnis (atau jurusan yang sesuai minat kamu)”
  • “What are the requirements to take MBA in your university?”
  • “Could you please inform me the requirements of your MBA program for 2018 intake?” (Lebih formal/sopan)
 
 

3. Skor kemampuan bahasa Inggris

Ini adalah salah satu persyaratan yang wajib kamu penuhi, karena sebenarnya, kemampuan bahasa Inggris ini nantinya untuk kebaikanmu sendiri. Bayangkan, kamu kuliah di negara asing yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun kamu tidak memahami sebagian besar bahasa Inggris baik di dalam maupun di luar universitas? 
 
  • “Skor Berapa skor minimal untuk IELTS/TOEFL untuk bisa mendaftar jurusan kedokteran di universitas ini?”
  • “What is the minimum score of IELTS/TOEFL to qualify for the MBA program in your university?”
 

4. Kualifikasi yang menggantikan persyaratan utama

Adakalanya, universitas menawarkan kualifikasi pengganti persyaratan utama. Contohnya: Persyaratan bahasa Inggris dari Oxford Universit:
 
  • been educated full-time in the medium of the English language throughout the two most recent years before the 15 October application deadline, and who remain in full-time education conducted in the English language until the end of the school year in their home country
  • studied the Singapore Integrated Programme (SIPCAL) 
 
Kalau kamu telah yakin memiliki kemampuan ini, kamu bisa menanyakannya langsung:
  • “Do you offer exemptions for your English language requirements? If yes, what are they?”
 
 

5. Biaya kuliah

Bila kamu sudah mengetahui jurusan yang ingin kamu ambil, tanyakan biaya kuliah untuk program secara keseluruhan sampai kamu lulus. Hal ini penting agar kamu tidak terkejut dengan biaya tambahan dadakan nantinya. 
 
  • “Berapa biaya kuliah untuk jurusan MBA di universitas ini?”
  • “How much would MBA program cost in this university?”
 

6. Akomodasi

Kamu bisa menanyakan apakah universitas terkait menyediakan akomodasi (asrama) atau tidak. Biasanya, biaya asrama jauh lebih kecil dibandingkan menyewa apartemen di luar kampus:
 
  • “Apakah universitas ini menyediakan asrama untuk mahasiswa internasional di dalam kampus? Bila iya, berapa kira-kira biayanya?”
  • “Does this university provide a dormitory on campus for international students? If yes, how much would that cost?”
 
Bila kampus tidak menyediakan akomodasi asrama, kamu masih bisa bertanya seputar biaya akomodasi di sekitar kampus:
 
  • “Berapa biaya rata-rata akomodasi di sekitar kampus universitas ini?”
  • “How much is the average price range of the accommodation around this university campus?”
 

7. Visa

Kamu bisa menanyakan apakah universitas yang kamu minati bisa membantu memudahkan proses mendaftar visa. Kamu akan membutuhkan dokumen-dokumen penting, yang beberapa diantaranya berasal dari universitas tersebut.
 
  • “Apakah universitas ini bisa membantu memberikan dukungan untuk mendaftar visa? Seperti memberikan dokumen-dokumen pendukung?”
  • “Would this university be able to help international students with their visa application? Such as providing supporting documents”
 

8. Kerja paruh waktu untuk mahasiswa internasional

 
Dukungan biaya kuliah sangat penting untuk mahasiswa, untuk itu, peluang mendapatkan kerja paruh waktu juga penting untuk diketahui mahasiswa internasional. 
 
  • “Apakah mahasiswa internasional bisa mendapatkan kerja paruh waktu di dalam atau di luar kampus? Karena saya ingin mencari tambahan biaya kuliah”
  • “Is part time job available for international students on or off campus? Because I would like to get more financial support during my study”
 

9. Bantuan keuangan

Meskipun kamu kuliah di luar negeri dengan biaya pribadi, kamu selalu bisa menanyakan apakah universitas terkait memiliki program-program bantuan keuangan internal universitas untuk membantu membiayai kuliah kamu.
 
  • “Apakah universitas ini bisa memberikan bantuan keuangan internal untuk mahasiswa internasional setelah mereka diterima”
  • “Does this university offer internal financial aid programs for international students after they get accepted?”
 
 

10. Peluang kerja setelah lulus

Banyak sekali mahasiswa internasional yang memulai karir di negara asing di mana mereka meraih gelar internasional. Mengapa tidak kamu coba?
 
  • “Seberapa besar peluang mendapatkan pekerjaan di negara Anda setelah lulus kuliah di sana?”
  • “How high are my chances at getting a full time/sponsored job upon graduation in your country?”
 
Sudah siap? Latih bahasa Inggris kamu dengan mengirimkan pertanyaan-pertanyaan singkatmu seperti contoh-contoh di atas, melalui wadah langsung dan tepat sasaran untuk mengirimkan pertanyaanmu di universitas yang kamu idamkan:
 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

160191