Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips mendaftar kuliah secara online

share image
12722
Layanan i-Apply Hotcourses membuat proses pendaftaran kuliah ke luar negeri semakin praktis. Akan tetapi ada banyak juga hal-hal yang harus diperhatikan pendaftaran Anda berjalan lancar.
 
Apa sajakah yang harus dipertimbangkan agar pendaftaran online Anda sukses?
 
Sediakanlah semua dokumen yang dibutuhkan di dekat Anda
Dengan demikian, Anda akan lebih bisa berkonsentrasi untuk mengisi pendaftaran Anda tanpa harus bolak balik mencari dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melengkapi formulir pendaftaran. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan biasanya adalah: transkrip nilai akademis dari pendidikan terbaru, sertifikat tes kelancaran berbahasa Inggris (TOEFL atau IELTS).
 
Lengkapilah formulir pendaftaran bersama orang tua Anda
Akan sangat membantu jika kita memiliki keluarga untuk memberi masukan dan panduan. Walaupun mereka mungkin tidak mempunyai pengalaman kuliah ke luar negeri, mereka tetap bisa membantu dengan mengingatkan hal-hal yang mungkin bisa Anda lupakan atau tidak terlintas di pikiran Anda.  
 
Sering-sering save perkembangan Anda
Proses pendaftaran bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Jangan lupa untuk sering menekan tombol save. Hal ini untuk menghindari kehilangan data jika misalnya koneksi internet terputus, mati lampu ataupun komputer yang tiba-tiba bermasalah. Dengan rajin nge-save, Anda tidak perlu memulai dari awal seandainya terjadi kehilangan data dan bisa menghemat banyak waktu.
 
Berkonsentrasilah sewaktu melengkapi pendaftaran
Sebaiknya Anda fokus pada proses pendaftaran Anda. Jangan melengkapi pendaftaran sambil membuka facebook, atau menonton televisi dan yang lain. Jika tidak konsentrasi, Anda bisa saja membuat kesalahan atau lupa memasukkan data penting yang ingin Anda sertakan dalam formulir pendaftaran. Jangan lupa, pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali saja, begitu pendaftaran dikirimkan, Anda tidak bisa memperbaikinya lagi.
 
Simpan informasi akaun Anda dengan rapi dan baik
Sebelum memulai pendaftaran online, biasanya akan diperlukan alamat email atau Anda perlu mendaftarkan akaun baru di situs pendaftaran. Catatlah alamat email beserta password yang Anda pergunakan dengan rapi dan baik. Jangan lupa mencatat informasi lain misalnya username, password untuk log-in ke situs pendaftaran juga. Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu Anda lupa alamat email mana yang Anda gunakan, karena seperti kebanyakan orang, Anda mungkin juga memiliki lebih dari satu alamat email yang aktif. Anda mungkin perlu mengakses situs pendaftaran online beberapa kali dalam jangka waktu yang tidak pendek untuk mengikuti perkembangan pendaftaran Anda, karena itu, informasi log-in sangat penting untuk dicatat.
 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari formulir pendaftaran di Microsoft Word
Jika Anda melengkapi formulir pendaftaran online secara langsung, ada kemungkinan proses pendaftaran bisa terganggu oleh faktor teknis, misalnya koneksi internet yang tiba-tiba terputus. Sebaiknya Anda mengunduh formulir tersebut dan mengerjakannya dalam MS Words. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir dan menuliskan jawaban yang lebih baik. Anda juga bisa memanfaatkan spell-check di MS Words untuk menghindari kesalahan dalam pengejaan. Penggunan grammar, pengejaan dan penggunaan titik koma yang tepat juga salah satu faktor yang dinilai oleh universitas. Jika Anda ingin mendaftar ke universitas Inggris, jangan menggunakan Google spellchecker, karena Google spellchecker diperuntukkan untuk Inggris Amerika.
 
Hindari copy dan paste jawaban untuk semua pendaftaran Anda
Anda mungkin mendaftar untuk lebih dari satu universitas dan beberapa jurusan, dan bisa saja pertanyaan masing-masing universitas tidak jauh berbeda. Akan tetapi tetap hindari copy and paste jawaban Anda untuk semua pertanyaan yang serupa antar tiap universitas. Tetaplah sesuaikan jawaban Anda dengan universitas tersebut. Jawaban yang lebih spesifik akan dinilai lebih baik daripada jawaban yang terlalu luas.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

346924

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

180793