Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips menyusun portofolio

share image
24414

Untuk mendaftar ke beberapa jurusan yang bersifat kreatif, misalnya yang berhubungan dengan seni dan desain, biasanya Anda akan diminta untuk menunjukkan contoh hasil karya Anda (portofolio). Bagaimanakah cara menyusun dan memilih hasil karya yang akan dijadikan sebagai portofolio? Mari kita simak artikel di bawah ini...

 

Mulailah sedini mungkin

Jika Anda telah memutuskan untuk kuliah di jurusan fashion desain, maka mulailah menyusun portofolio Anda seawal mungkin. Kumpulkanlah semua hasil karya Anda dan buatlah pilihan dengan baik. Jika Anda perlu mempunyai waktu yang cukup untuk memilih agar tidak membuat pilihan yang terburu-buru.

 

Tunjukkan diversitas

Hasil karya Anda tentunya memiliki beberapa variasi. Misalnya ada yang berbentuk sketsa, file photoshop, model 3D dan lain-lain. Pilihlah contoh-contoh terbaik yang mewakili variasi-variasi tersebut.

 

Pilihlah hasil karya yang paling Anda banggakan

Anda perlu menunjukkan rasa percaya diri Anda sewaktu wawancara, oleh karena itu pilihlah hasil karya yang menurut Anda sangat Anda banggakan. Kemudian jelaskanlah alasan Anda. Jangan merasa ragu untuk menjelaskan pemikiran dan ide Anda.

 

Perhatikan tampilan portofolio Anda

Sebaiknya jangan melapisi portofolio Anda dengan plastik, karena plastik bisa memberikan efek silau dan mengurangi kejelasan dari hasil karya Anda.

 

Mulai dan akhiri dengan yang terbaik

Bagian permulaan dan akhir adalah bagian yang paling penting. Oleh karena itu mulailah presentasi anda dengan karya yang terbaik dan akhiri juga dengan karya yang terbaik.

 

Minta pendapat orang lain

Setelah memilih hasil karya hasil karya yang ingin Anda masukkan sebagai portofolio, mintalah teman, keluarga, atau guru Anda untuk melihat terlebih dahulu. Tetapi pastikan bahwa mereka memiliki latar belakang dan keahlian untuk menilai hasil karya Anda. Tanyakanlah pendapat mereka mengenai hasil karya Anda untuk memberikan masukan kepada Anda. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

346842

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

180736