Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

UCAT: UJIAN MASUK JURUSAN KEDOKTERAN DI AUSTRALIA, INGGRIS & SELANDIA BARU

UCAT: Ujian Masuk Jurusan Kedokteran Di Australia, Inggris

Kuliah kedokteran di luar negeri memang membutuhkan lebih banyak persiapan. Selain persyaratan nilai sekolah yang tinggi, ada juga tes-tes tertentu yang harus kamu ikuti. Beberapa waktu lalu, tim Hotcourses Indonesia telah memberikan penjelasan mengenai ujian MCAT yang wajib diikuti oleh calon mahasiswa kedokteran di AS, Kanada dan Kepulauan Karibia. Kali ini, kami akan membahas ujian UCAT yang harus diikuti oleh para peminat jurusan kedokteran dan kedokteran gigi di Australia, Inggris dan Selandia Baru.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan UCAT ?

 

UCAT adalah tes berbasis komputer berdurasi 2 jam. Tes yang dikelola oleh Pearson ini menguji berbagai kemampuan yang dianggap perlu dimiliki oleh para mahasiswa dan tenaga kesehatan di bidang bidang kedokteran / kedokteran gigi / ilmu klinis. Pada intinya, UCAT dirancang untuk menguji bakat dan sikap para peserta ujian dan bukan untuk mengukur prestasi akademik mereka. 

 

UCAT: Ujian Masuk Jurusan Kedokteran Di Australia, Inggris & Selandia Baru - Hotcourses Indonesia

 

Struktur UCAT

 

UCAT terdiri dari lima sub tes terpisah dengan sejumlah pertanyaan dalam format pilihan ganda. Setelah dimulai, tes akan terus berjalan tanpa ada waktu istirahat.

 

Berikut adalah 5 sub tes UCAT:

 

1. Verbal Reasoning (Penalaran Verbal)

Durasi: 1 menit untuk membaca dan memahami instruksi + 21 menit untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal: 44

Bagian ini menilai kemampuan peserta dalam membaca dan berpikir dengan seksama tentang informasi yang disajikan dalam teks. Selain itu, peserta juga harus bisa menentukan apakah kesimpulan khusus dapat diambil dari informasi yang disajikan. Peserta kemudian diberikan 11 teks yang masing-masing akan memiliki 4 pertanyaan (total 44 pertanyaan).

 

Beberapa pertanyaan mengharuskan para peserta menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia untuk menguji keterampilan penalaran kritis mereka. Karena itu, semua teks yang tersedia harus dibaca dengan sebaik mungkin. Peserta lalu akan diberikan pertanyaan atau pernyataan yang tidak lengkap dan empat pilihan jawaban. Peserta hanya diperbolehkan memilih 1 jawaban yang dianggap terbaik atau paling sesuai.

 

Tipe pertanyaan lain dalam sub tes ini adalah menentukan apakah sebuah pernyataan sesuai secara logis dengan informasi yang ada dalam teks. Ada 3 jawaban yang bisa dipilih:

Benar: Berdasarkan informasi di teks, pernyataan ini benar.

Salah: Berdasarkan informasi di teks, pernyataan ini salah.

Tidak tahu: Peserta tidak bisa memastikan apakah pernyataan ini benar atau salah berdasarkan informasi di teks.

 

 

2. Decision Making (Pengambilan Keputusan)

Durasi: 1 menit untuk membaca dan memahami instruksi + 31 menit untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal: 29

Bagian ini menilai kemampuan peserta dalam menggunakan logika untuk mencapai kesimpulan atau keputusan, mengevaluasi argumen, dan menganalisa informasi statistik. Ada 29 soal yang bisa mengacu pada teks, grafik, tabel atau diagram. Informasi tambahan bisa tersedia dalam soal yang perlu dijawab.

 

Semua soal di bagian ini berdiri sendiri (tidak terhubung dengan pertanyaan lain). Beberapa soal memiliki empat pilihan jawaban dengan satu jawaban benar. Sementara soal lain akan meminta peserta untuk menanggapi lima pernyataan dengan menempatkan jawaban 'ya' atau 'tidak' di samping setiap pernyataan.

 

Kalkulator sederhana tersedia di layar komputer untuk digunakan di bagian ini. Peserta juga akan diberikan papan tulis (whiteboard) dan alat tulis sebagai alat bantu.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

3. Quantitative Reasoning (Penalaran Kuantitatif)

Durasi: 1 menit untuk membaca dan memahami instruksi + 24 menit untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal: 36

Sub tes ini menilai kemampuan peserta dalam menggunakan keterampilan numerik untuk memecahkan masalah (dengan fokus khusus pada aspek pemecahan masalah). Soal-soal ini disusun agar bisa dikerjakan dengan baik oleh orang-orang yang mendapat nilai memuaskan dalam standar GCSE (atau setara). Ada 36 pertanyaan yang terkait dengan tabel, bagan dan/atau grafik.

 

Peserta diminta untuk memecahkan masalah dengan mengekstrak informasi yang relevan dari tabel dan presentasi numerik lainnya. Sebagian besar pertanyaan akan berupa kumpulan empat pertanyaan yang terhubung ke data yang sama. Namun ada juga beberapa pertanyaan yang berdiri sendiri. Setiap pertanyaan memiliki lima pilihan jawaban dan tugas peserta adalah memilih pilihan terbaik.

 

Kalkulator sederhana tersedia di layar untuk digunakan di bagian ini. Sama seperti di sub tes sebelumnya, peserta juga diperbolehkan menggunakan papan tulis (whiteboard) dan alat tulis sebagai alat bantu.

 

 

4. Abstract Reasoning (Penalaran Abstrak)

Durasi: 1 menit untuk membaca dan memahami instruksi + 13 menit untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal: 55

Soal-soal dalam sub tes ini disusun untuk menilai kemampuan peserta mengenali pola di antara bentuk-bentuk abstrak dan menyaring semua materi yang tidak relevan untuk menghindari pengambilan kesimpulan yang salah. Oleh karena itu, bisa dikatakan bagian ini mengukur kemampuan para peserta untuk mengubah jalur, mengevaluasi secara kritis dan menghasilkan hipotesis, serta menimbang kembali hasil penilaian mereka.

 

Para peserta akan menghadapi 55 pertanyaan yang terkait dengan sekumpulan bentuk.  Ada 4 jenis pertanyaan yang berbeda di bagian ini:

 

Untuk tipe 1, ada dua kelompok bentuk berlabel "Set A" dan "Set B". Peserta akan diminta melihat satu bentuk dan menjawab apakah bentuk tersebut masuk dalam Set A, Set B, atau tidak masuk dalam kedua kelompok tersebut (Neither).

 

Untuk tipe 2, peserta akan melihat rangkaian bentuk dan diminta untuk menentukan bentuk yang akan muncul berikutnya dalam rangkaian tersebut.

 

Untuk tipe 3, peserta akan membaca sebuah pernyataan yang melibatkan sekelompok bentuk. Sang peserta kemudian akan diminta untuk menentukan bentuk mana yang melengkapi pernyataan tersebut.

 

Untuk tipe 4, ada dua kelompok bentuk berlabel "Set A" dan "Set B" dan 4 pilihan jawaban. Dari keempat pilihan jawaban tersebut, peserta harus mengenali mana yang sesuai dengan Set A dan mana yang sesuai dengan Set B.

 

 

5. Situational Judgement Test (Tes Penilaian Situasional)

Durasi: 1 menit untuk membaca dan memahami instruksi + 26 menit untuk menjawab pertanyaan

Jumlah soal: 69

Sub tes ini mengukur kapasitas peserta dalam memahami situasi yang bisa terjadi di dunia nyata dan mengenali faktor-faktor kritis serta perilaku yang sesuai untuk menghadapi situasi tersebut. Selain itu, tes ini juga menilai integritas, perspektif, kemampuan kerja dalam tim, ketahanan dan kemampuan beradaptasi. Peserta tidak memerlukan pengetahuan medis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bagian ini. 


Para peserta akan diminta menjawab 69 pertanyaan yang terkait dengan 22 skenario (setiap skenario mungkin akan terkait dengan 6 pertanyaan). Rangkaian skenario yang muncul di bagian ini akan mengharuskan peserta mempertimbangkan kesesuaian tindakan yang mungkin diambil atau pentingnya pertimbangan yang mungkin harus dilakukan.

 

Beberapa pertanyaan mengharuskan peserta untuk menilai tanggapan dari empat opsi yang ada. Pertanyaan lain akan meminta peserta untuk memilih tindakan yang paling tepat dan paling tidak tepat untuk dilakukan dalam menanggapi sebuah situasi.

 

 

Contoh soal UCAT bisa kamu temukan di situs resmi UCAT atau di situs kursus UCAT seperti Fraser's UCATMedicMind dan Matrix.

 

Sistem Penilaian UCAT Seperti Apa?

 

UCAT hanya memberikan nilai untuk jawaban yang benar dan tidak mengurangi nilai untuk jawaban yang salah. Kinerja peserta pada satu soal - baik positif maupun negatif - tidak akan mempengaruhi penilaian soal-soal lainnya. Karena jumlah soal di tiap sub tes berbeda, maka nilai mentah yang didapatkan kemudian akan diolah ke dalam sistem nilai dengan skala 300-900.

 

Sub Tes

Soal

Skala Nilai

Penilaian

Verbal Reasoning

44

300-900

Tiap jawaban yang benar mendapatkan 1 nilai

Decision Making

29

300-900

Soal dengan 1 jawaban yang benar akan mendapatkan 1 nilai. 

 

Soal dengan 2 jawaban benar akan mendapatkan 2 nilai.

Quantitative Reasoning

36

300-900

Tiap jawaban yang benar mendapatkan 1 nilai.

Abstract Reasoning

55

300-900

Tiap jawaban yang benar mendapatkan 1 nilai.

Nilai Total

 

1200-3600

 

Situational Judgement Test

69

300-900

Jawaban benar akan mendapatkan nilai penuh & jawaban yang mendekati akan mendapatkan nilai sebagian.

 

Berhubung Situational Judgement Test tidak menguji kemampuan kognitif, maka penilaiannya dilakukan secara terpisah dari 4 sub tes lainnya. Hasil nilai UCAT yang didapatkan peserta hanya berlaku 1 tahun saja.

 

Lokasi Ujian UCAT

 

Tes UCAT di Indonesia bisa kamu ikuti di Pusat Ujian Pearson VUE di Jakarta. Sebagai tanggapan terhadap COVID-19, pihak penyelenggara kini juga memberikan opsi UCAT online agar para peserta bisa mengikuti tes ini di rumah mereka masing-masing.

 

Cara Mendaftar UCAT

 

Tes UCAT dilaksanakan antara bulan Juli dan Oktober tiap tahunnya. Kalau kamu mau kuliah di Inggris, maka kamu harus mendaftar ke UCAT.ac.uk. Sementara kalau kamu mau kuliah di Australia dan Selandia Baru, kamu harus mendaftar ke UCAT.edu.au.

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar:

  1. Kunjungi situs UCAT yang kamu inginkan (UCAT.ac.uk atau UCAT.edu.au);

  2. Klik "PEARSON VUE LOGIN" di sisi kanan atas;

  3. Pilih opsi untuk membuat akun baru;

  4. Lengkapi formulir pembuatan akun baru sesuai dengan tanda pengenal resmi yang kamu miliki (photo ID);

  5. Setelah membuat akun, kamu akan bisa memesan jadwal tes UCAT yang kamu inginkan. Di bagian ini, ada pilihan untuk mengambil UCATSEN, yaitu tes UCAT untuk para individu yang mengalami kesulitan belajar tertentu, seperti disleksia, disabilitas, kondisi medis atau cedera sementara;

  6. Setelah memilih untuk mengambil tes UCAT, kamu akan diberikan opsi untuk mengikuti ujian di Pusat Ujian Pearson VUE atau secara online;

  7. Kalau kamu memilih mengikuti ujian di Pusat Ujian Pearson VUE, kamu akan diminta memilih tanggal, waktu dan lokasi ujian yang kamu inginkan;

  8. Kalau kamu memilih mengikuti ujian secara online, maka kamu akan diminta melakukan pemeriksaan sistem komputer untuk memastikan kamu memiliki semua perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk mengikuti ujian. Sesudah itu, kamu akan bisa memilih tanggal dan waktu ujian yang kamu inginkan;

  9. Setelah memilih tanggal dan waktu ujian, kamu akan diminta membayar. Untuk peserta yang mengikuti tes di Indonesia, UCAT Inggris mengenakan biaya GBP 120. Sementara UCAT Australia & Selandia Baru mengenakan biaya AUD 374;

  10. Kamu akan mendapatkan email konfirmasi setelah pembayaran diterima.

 

Perlu diingat bahwa peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti tes UCAT sekali dalam setahun. Namun peserta tes online diperkenankan untuk mengambil ulang UCAT jika terjadi masalah teknis saat ujian berlangsung. 

 

Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut mengenai tes ini dan langkah-langkah yang diambil penyelenggara UCAT mengenai COVID-19 (virus corona), langsung saja akses informasinya di situs resmi UCAT Inggris atau UCAT Australia dan Selandia Baru.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah kedokteran di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu menemukan tempat kuliah kedokteran terbaik untukmu di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

*Biaya yang tercantum adalah biaya pada tahun 2020

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

UCAT.ac.uk

UCAT.edu.au

Medify.co.uk

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

366K

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

192.3K