Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA di tahun 2017

551

Times Higher Education World University Rankings mengumumkan hasil pemeringkatan terbaru untuk tahun 2017, khususnya untuk universitas-universitas Asia. Jika di tahun 2016 yang lalu Singapura menempati 2 peringkat teratas, tahun ini Universitas Cina berhasil menggeser posisi tersebut. Berikut adalah 5 universitas terbaik di Asia untuk tahun 2017:

 

1. National University of Singapore (NUS) , Singapura

Universitas tertua dan paling ternama di Singapura. Terkenal akan keunggulan dalam penelitian dan pendidikan yang inovatif. Universitas ini memiliki Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi yang telah berumur lebih dari 30 tahun. Bidang studi andalannya adalah teknik dan teknologi. Gaya pengajarannya mengadopsi pendidikan Inggris, dengan focus pada kelompok belajar kecil. Kampus memiliki akomodasi yang dapat menampung 6,000 mahasiswa dan sebuah bis shuttle yang siap melayani penghuni kampus. Alumni dari universitas ini adalah tokoh-tokoh ternama yang memajukan masyarakat, misalnya Presiden dan Perdana menteri Singapura, dua perdana menteri Malaysia, dan masih banyak lagi politisi, pengusaha, hakim dan selebritis di Singapura yang tamat dari universitas ini.

 

 

2. Peking University , Cina

Universitas Cina yang terkenal sebagai pusat kemajuan dan keunggulan penelitian. Saat ini terdapat 216 pusat penelitian dan dua institusi teknik nasional. Program-program yang ditawarkan adalah sains, ilmu sosial dan sastra. Jurusan khusus yang dikenal internasional dari kampus ini adalah sains, fisika dan teknik. Perpustakaannya adalah perpustakaan terbesar di Asia. Terdapat lebih dari 11 juta buku dan materi belajar lainnya di dalam kampus. Terdapat lebih dari 2,000 akomodasi untuk mahasiswa internasional. Kebanyakan alumni universitas ini adalah pemikir hebat di Cina, termasuk 3 pemenang Nobel yang hingga saat ini masih berhubungan baik dengan universitas ini. 

 

 

 

3. Tsinghua University , Cina 

Tsinghua University berdiri pada tahun 1911, dan terkenal sebagai salah satu universitas ternama di Cina. Persaingan masuknya sangat ketat. Tsinghua juga masuk sebagai 50 besar universitas terbaik dunia. Kampusnya terletak di barat laut Beijing, di atas kawasan khusus. Bangunannya bergaya tradisional Cina-Amerika. Beberapa alumni dari universitas ini adalah para tokoh berpengaruh di dunia seperti dua presiden Cina, Hu Jintao dan Jin Ping, serta 2 orang pemenang penghargaan Nobel.

 

 

 

 4. Nanyang Technological University (NTU) , Singapura

Walau hanya berumur 25 tahun, prestasi NTU tidak kalah dengan universitas-universitas tua lainnya. NTU memiliki lebih dari 160 dosen yang berasal dari 20 negara. Mahasiswanya ada 25,000 orang dengan 20% di antaranya merupakan mahasiswa internasional. Universitas juga mengadakan program pertukaran untuk membantu mahasiswa berprestasi untuk dapat berkuliah dan bekerja di luar negeri. Para mahasiswa ini berkesempatan untuk bertemu dan bekerja bersama para akademisi terkenal, termasuk pemenang Nobel.  

 

 

5. University of Hong Kong (HKU) , Hong Kong

University of Hong Kong terletak di kawasan Pokfulam dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Sebelumnya universitas ini didirikan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1911 dan pada tahun 1927 kurikulumnya disesuaikan.  Kampus utama ini dekat dengan bangunan-bangunan colonial Inggris. Bangunan utamanya yang berdiri pada tahun 1912 sekarang merupakan bangunan paling tua dan telah dijadikan monument nasional. Program sarjana di sini berdurasi eempat tahun, tetapi bisa berdurasi hingga 5-6 tahun untuk jurusan kedokteran.  Saat ini HKU dikenal dunia sebagai institusi penelitian intensif. Beberapa Alumni dari universitas ini turut berperan dalam memajukan Cina, baik dalam sektor politik, ekonomi maupun budaya.  Banyak juga alumni yang menempati posisi senior di organisasi-organisasi swasta.

 

 

Baca peringkat lengkap di sini.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS