Informasi penting
Australia: Visa

INFORMASI LENGKAP SEPUTAR GTE YANG WAJIB DIKETAHUI JIKA INGIN BERKULIAH DI AUSTRALIA

share image
1642

Genuine Temporary Entrant atau GTE adalah pengesahan bahwa niat sesungguhnya kamu pergi ke Australia adalah untuk kuliah, bukan untuk menetap di sana.

 

Apa itu GTE?

 

Departemen Dalam Negeri Australia mendefinisikan GTE sebagai 'pengukuran integritas untuk memastikan program visa pelajar digunakan sebagaimana seharusnya dan bukan sebagai cara bagi mahasiswa internasional untuk menetap di Australia'.

 

Genuine Temporary Entrant adalah pra-syarat untuk mendapatkan visa pelajar Australia. Setiap mahasiswa yang ingin untuk kuliah di Australia harus mengumpulkan formulir GTE agar bisa mendapatkan visa pelajar dari Pemerintah Australia.

 

 

Siapa yang perlu mendaftar untuk GTE?

 

Mahasiswa yang ingin untuk kuliah penuh waktu di Australia harus mendaftar GTE.

 

Jika kamu ingin kuliah paruh waktu di Australia dan bekerja di luar jam kuliah kamu, maka GTE bukan untuk kamu. Atau jika kamu ingin ke Australia dengan visa pelajar, tetapi keinginan kamu yang sesungguhnya adalah untuk bekerja, maka kamu tidak akan mendapatkan GTE.

 

GTE adalah protokol untuk memastikan niat kamu sebenarnya untuk kuliah di universitas Australia dan bukannya mencari cara untuk menetap di sana.

 

GTE berfungsi sebagai metode untuk membatasi mereka yang ingin ke Australia dengan niat mencari kerja dan mendapatkan status residen permanen dalam jangka panjang.

 

Akan tetapi GTE tidak membatasi mahasiswa yang ingin mengembangkan keahlian mereka sebagaimana yang diinginkan oleh perusahaan Australia setelah lulus dari Universitas Australia, dan kemudian memperoleh visa PR melalui perusahaan dimana mereka bekerja.

 

 

Apa yang kamu butuhkan untuk mendapatkan GTE?

 

  • Kamu harus mengirimkan surat pernyataan dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa kamu membutuhkan GTE.
  • Jika kamu tidak dapat menulis surat pernyataan dalam bahasa Inggris, terjemahan bahasa Inggris harus dilampirkan bersama surat pernyataan asli.
  • Sewaktu mengirimkan dokumen GTE, kamu juga harus menyertakan dokumen pendukung.
  • Terdapat banyak faktor yang menentukan apakah kamu bisa mendapatkan GTE. Arahan Kementerian No. 69 menjabarkan semua faktor tersebut, termasuk keadaan pribadi kamu.
  • Komite GTE juga memeriksa hubungan pribadi kamu dengan negara kamu, dan bukti bahwa kamu akan kembali ke negara asal setelah menyelesaikan kuliah di Australia.
  • Semua hubungan pribadi yang kamu miliki di Australia.
  • Tingkat pengenalan dan pengetahuan akan penyedia dan program yang telah kamu pilih.
  • Kualifikasi pendidikan kamu.
  • Stabilitas keuangan dan ketersediaan dana.
  • Akomodasi di Australia.
  • Alasan mengapa kamu memilih program di Australia dan apakah sejalan dengan pendidikan dan minat kamu.
  • Catatan imigrasi kamu, apabila kamu telah mengunjungi Australia sebelumnya, kamu harus mencantumkannya di formulir GTE beserta alasan kunjungan kamu.
  • Catatan penolakan pengajuan visa jika ada.

 

 

Semua pendaftar GTE harus menyediakan informasi berikut:

 

  • Catatan Akademik – transkrip, sertifikat, nama universitas tujuan, durasi studi dan surat penawaran dari universitas. Catatan akademik juga harus mencantumkan alasan jika terdapat jeda waktu antara pendidikan kamu.
  • Informasi tentang pekerjaan – jika kamu memiliki pengalaman kerja kamu harus menyertakan informasi tentang perusahaan dimana kamu bekerja, alamat perusahaan, jabatan dan waktu bekerja. Kamu juga harus menyertakan rekomendasi dari perusahaan kamu untuk memastikan kebenaran informasi yang kamu berikan.
  • Hubungan dengan negara asal kamu – kamu harus mendukung pernyataan kamu dengan bukti bahwa kamu memiliki hubungan erat dengan negara asal kamu. Hal ini termasuk juga ikatan keuangan atau sosial kamu. Kamu juga harus memberikan bukti jika kamu memiliki dana yang cukup untuk kembali ke negara asal kamu setelah lulus kuliah di Australia.

 

Butuh panduan untuk mengajukan visa pelajar Australia? Artikel ini bisa menjadi sumber informasi untukmu.

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image