Informasi penting
Kanada: Keuangan

Biaya kuliah dan hidup di Montreal, Kanada

share image
1638

Baru-baru ini, Montreal masuk dalam berita karena giatnya usaha mereka dalam menarik mahasiswa internasional.

 

CTV News melaporkan “Je Choisis Montreal” - “I choose Montreal” dalam bahasa Inggris – kampanye yang berusaha untuk lebih membantu bagaimana mahasiswa internasional dapat tinggal, bekerja dan pindah ke Montreal setelah kelulusan.

 

Direktur Proyek Mahasiswa organisasi, Mathie Lefort mengatakan: “Kami ingin meningkatkan hasil... Inilah mengapa 'Je Choisis Montreal' diluncurkan, untuk bekerja bersama pemerintah Quebec dan memastikan talenta tersebut yang memiliki gelar atau diploma dari Quebec dapat tinggal dan berkontribusi pada ekonomi Quebec.”

 

Godaan kebijakan pascsa kelulusan ini begitu menarik bagi mahasiswa internasional. Terlebih lagi, kota ini diperingkatkan pada urutan pertama di benua Amerika dan ke empat secara global pada QS ranking of Best Student Cities tahun 2018.

 

 

Sebelum kamu memastikan untuk memilih Montreal sebagai tempat tujuan kuliah kamu, berikut adalah gambaran biaya di sana:

 

Biaya Kuliah

 

Biaya kuliah di Quebec cenderung lebih rendah dibandingkan kota lain di Amerika Utara. Di University of Montreal, contohnya, biaya program Master sebesar CA$ 8,168/Rp. 95,7 juta  per sesi (CA$ 425 per sesi thesis) sementara biaya PhD CA$ 7,348/Rp. 86,7 juta per sesi (CA$ 425 per sesi thesis).

 

Sementara itu di Dawson College, mahasiswa internasional purna waktu membayar antara CA$ 6,119/Rp. 71,7 juta hingga CA$ 9,486/Rp. 111,1 juta per semester bergantung program yang dipilih.

 

 

Visa

 

Ijin Studi Kanada (yang berfungsi sebagai visa pelajar selama waktu kuliah kamu) dibutuhkan untuk program lebih dari enam bulan. Biaya pendaftaran untuk ijin ini sebesar CA$ 150/Rp. 1,7 juta, termasuk perpanjangan.

 

 

Akomodasi

 

Walaupun biaya sewa di Montreal cenderung rendah, saat ini terjadi peningkatan, apartemen empat kamar dapat mencapai CA$ 1,800/Rp. 21 juta per bulan untuk biaya sewanya, menurut The Globe and Mail. Biaya sewa telah meningkat 13 persen dibanding tahun lalu – menurut 'Canadian National Rent Report' yang diterbitkan oleh PadMapper.

 

 

Makan

 

Biaya hidup cenderung lebih rendah dibanding kota besar lain di Amerika Utara. Untuk makan, sekitar CA$ 350/Rp. 4,1 juta sudah mencukupi – pakaian musim dingin dan buku pelajaran yang cenderung membutuhkan banyak biaya.

 

Expatistan menjabarkan biaya untuk makan siang biasa (termasuk minum) sekitar CA$ 16/Rp. 187,486, sementara paket kombo di restoran siap saji (Big Mac atau sejenis) sebesar CA$ 10/Rp. 117,178.

 

Satu bungkus roti di sana bisa didapatkan dengan CA$ 2,24/Rp. 26,248 dan satu liter susu CA$ 2,26 sementara kamu bisa membeli daging ayam dada tanpa tulang CA$ 12/Rp. 146,614 per kilonya. Perlu kamu ingat harga tersebut belum termasuk pajak jasa sebesar 5% dan pajak penjualan sebesar 9,75%.

 

 

Transportasi

 

Biaya tiket bulanan untuk transportasi publik sebesar CA$ 83/Rp. 972,858, sementara perjalanan dengan menggunakan taksi sejauh 8km pada hari kerja bisa mencapai CA$ 32/Rp. 374,972. Montreal dikenal sebagai surga pesepeda, kamu perlu memikirkan untuk membeli sepeda di sana yang berkisar CA$ 300/Rp. 3,5 juta.

 

 

Hiburan

 

Festival adalah acara rutin di Montreal. Walaupun biasanya biayanya cukup rendah, beberapa festival lain seperti Osheaga dapat mencapai CA$ 115/Rp. 1,3 juta untuk tiket biasa dan CA$ 235/ Rp. 2,7 juta untuk tiket VIP. Pilihan hiburan lain seperti bioskop berkisar CA$ 26/Rp. 304,665 untuk dua orang.

 

Untuk hiburan gratis, terdapat Mont Royal dengan pemandangan indah kota Montreal dan pegunungan di sebelah selatan.

 

 

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image