Informasi penting
Jerman: Info Negara Tujuan

TIPS DAN TRIK TINGGAL DI BERLIN SEBAGAI MAHASISWA

share image
530

Berlin adalah sebuah kota dengan sekitar sepertiga penduduknya memiliki latar belakang non-Jerman. Orang-orang tertarik ke sini setiap tahun karena biaya hidup yang rendah, dan semangat kreatif yang tinggi. Namun, hidup di  luar negeri tidak selalu berjalan dengan mulus. Setelah kamu diterima untuk studi atau magang di Berlin, bagian yang paling menantang pun akan datang. Berikut adalah beberapa tips dan tricks yang pasti akan membantu kamu yang ingin membuat kehidupan baru di Berlin.

 

 

Belajarlah Bahasa Jerman

Berlin adalah kota yang sangat internasional. Di banyak tempat, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Hampir semua orang di bawah usia 35 tahun yang kamu temui akan berbicara bahasa iggris dengan lancar. Namun, jika kamu berencana untuk berada di Berlin dalam jangka waktu yang panjang, mempelajari bahasa Jerman adalah hal yang sangat penting. Berusaha mempelajari bahasa dan berbicara dengan orang-orang Jerman yang kamu temui merupakan tanda penghormatan dan upaya kamu untuk lebih berbaur.

 

 

Tempat Tinggal

Meskipun Berlin terkenal dengan harganya yang terjangkau, karakter kota ini tidak diragukan lagi selalu berubah. Biaya sewa dan biaya hidup terus meningkat, namun jangan menyerah! Ada banyak situs online yang berguna untuk menemukan tempat tinggal, seperti wg-gesucht.com yang bekerja sama dengan Facebook, didedikasikan untuk membantu orang-orang dari berbagai kebangsaan untuk menemukan tempat tinggal di Berlin.

 

 

Sadari Peran Sosial Kamu di Berlin

Sebagai pendatang baru, penting untuk menyadari dampak kehadiran kamu terhadap tempat di mana kamu tinggal. Lakukan yang terbaik untuk mendukung segala hal yang positif di Berlin.  Adalah baik untuk memperhatikan kejadian di lingkungan kamu dan untuk terlibat menjadi sukarelawan . Tetap up to date pada berita dan masalah yang mempengaruhi kota karena ini adalah sesuatu yang tidak akan terjadi secara alami seperti ketika kamu berada di kota asal kamu.

 

 

 

Berlin Kota yang Sangat Liberal

Seiring dengan tetap sadar akan peran sosial kamu dan mempelajari bahasa, ada baiknya kamu siap untuk mengetahui fakta bahwa Berlin adalah tempat yang sangat terbuka, dan tentu saja berbeda dari kota-kota lain di Jerman. Jerman umumnya cukup nyaman dengan “nudity” dan semua yang menyertainya dianggap sebagai normal bagi banyak orang di Berlin. Warga Berlin juga selalu berpakaian dalam segudang gaya yang unik. Bukan hal yang aneh untuk melihat beberapa hal “istimewa” pada hari tertentu, tetapi kekhasan itu adalah bagian dari pesona Berlin. Jadi yang terbaik adalah merangkul dan menikmatinya.

 

 

Amati Tren

Memang, Berlin dipenuhi dengan orang-orang yang sangat keren dan banyak hipsters. Kamu akan tergoda untuk membuang pakaian apa pun yang kamu miliki dan akan mulai banyak melakukan aktivitas di Instagram serta melewati fase dimana semua yang kamu dengarkan adalah musik elektronik. Sementara kamu menenggelamkan diri dalam tren Berlin, pada akhirnya jangan takut untuk memilih apa saja yang paling positif dari mereka sambil mengingat juga untuk tetap merasa benar-benar nyaman menjadi diri kamu sendiri.

 

 

Berlin Penuh dengan Kesempatan

Karena Berlin relatif murah dibandingkan dengan ibu kota besar lainnya di seluruh dunia, maka merupakan kesempatan yang baik untuk datang dan belajar ke Berlin serta mencoba sesuatu yang baru. Berlin adalah tempat yang ideal untuk mengejar impian . Jaringan dan infrastruktur untuk usaha kreatif dan proyek wirausaha sudah tersedia, jadi kamu hanya tinggal memasuki dan menyesuaikan diri serta belajar lebih giat untuk meraih cita-cita dan tujuan kamu.

 

 

Baca juga:

MAU KULIAH DI JERMAN? INI ALASAN - ALASAN MENGAPA JERMAN MENJADI TUJUAN FAVORIT

5 TEMPAT ASIK YANG BISA KUNJUNGI SEWAKTU KULIAH DI JERMAN

4 KOTA TERBAIK DI JERMAN UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL YANG BELUM BISA BAHASA JERMAN

 

Sumber:

https://theculturetrip.com/europe/germany/articles/10-things-every-expat-in-berlin-should-know/

https://housinganywhere.com/Berlin--Germany

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image