Informasi penting
Jerman: Visa

TIPS MENGAJUKAN PERMOHONAN VISA PELAJAR JERMAN

share image
418

Jerman adalah tempat yang memiliki kualitas pendidikan tinggi, tidak heran jika banyak mahasiswa internasional  percaya bahwa Jerman adalah tempat terbaik untuk mengejar pendidikan tinggi mereka lebih lanjut.

 

Di sisi lain, tidak setiap orang asing dapat mengejar mimpi seperti itu. Ini karena beberapa negara tidak diizinkan untuk masuk dan tinggal di wilayah Jerman tanpa menggunakan Visa Jerman yang sesuai.

 

Bagaimana Cara Mendaftar Visa Pelajar Jerman?

 

Visa pelamar Jerman adalah visa untuk mendaftar sebagai pelajar jika kamu berencana untuk mendaftar secara langsung pada universitas di Jerman. Visa ini pada awalnya dikeluarkan selama tiga bulan, tetapi dapat diperpanjang selama enam bulan setelah kedatangan kamu di Jerman.

 

 

Proses aplikasi visa pelajar di Jerman dapat menjadi proses yang membingungkan bagi banyak siswa internasional. Prosedurnya berbeda dari satu negara ke negara lain, tetapi kamu dapat memiliki gambaran umum tentang langkah-langkah utama yang harus kamu lalui, seperti yang tertera di bawah ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan Visa Pelajar Jerman yang telah kami rangkum untuk kamu:

 

  • Temukan Kedutaan atau Konsulat Jerman Terdekat.

 

Kamu dapat menggunakan mesin pencari di internet untuk mencari kedutaan atau konsulat Jerman di dekat kamu, di negara kamu (atau negara lain yang dekat dengan Negara kamu) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan mengatur janji temu visa. Semua keterangan resmi Jerman di negara lain memiliki situs web online, bersama dengan alamat fisik dan informasi kontak mereka.

 

  • Tinjau Persyaratan dan Prosedur.

 

Setelah kamu menemukan situs web kedutaan Jerman, kamu bisa pergi ke bagian visa pelajar untuk meninjau semua persyaratan khusus untuk negara kamu dan prosedur untuk membuat janji temu visa. Pastikan kamu meninjau dengan cermat semua informasi yang diberikan (terutama dokumen yang harus kamu miliki) sebelum membuat janji temu visa.

 

 

 

  • Mengatur Pengangkatan Visa.

 

Saat kamu siap, kamu harus membuat janji temu visa dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di situs web resmi kedutaan Jerman di negara kamu. Di beberapa negara, kamu harus mengajukan permohonan untuk penunjukan visa kamu beberapa minggu sebelumnya karena kedutaan besar Jerman  bisa saja  memiliki banyak permohonan aplikasi visa dan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengatur semuanya. Pengaturan waktu sangat penting, kadang-kadang semua slot wawancara visa pelajar dapat diambil, jadi pastikan kamu bertindak cepat.

 

 

  • Siapkan Semua Dokumen Aplikasi Visa.

 

Setelah kamu memastikan tanggal janji visa, kamu harus memeriksa ulang semua dokumen kamu untuk memastikan kamu memiliki semuanya. Kamu dapat melakukan ini sendiri dan kamu tidak perlu membayar konsultan atau agensi luar untuk membantu kamu.

 

 

  • Persiapkan Wawancara Visa Kamu.

 

Kamu harus membayar biaya aplikasi visa sekitar € 60,00 - € 75,00 dan memiliki konfirmasi pembayaran atau bukti pembayaran pada saat wawancara visa kamu. Biaya ini tidak dapat dikembalikan jika visa kamu ditolak. Kamu perlu memverifikasi nilai tukar mata uang negara kamu dan membayar jumlah yang tepat. Kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk wawancara. Setelah wawancara selesai, kamu akan mendapatkan jawaban resmi apakah visa kamu telah disetujui atau ditolak.

 

 

Kapan Mendaftar Untuk Visa Pelajar Jerman?

 

Waktu terbaik untuk mengajukan visa pelajar Jerman adalah segera setelah menerima surat penerimaan universitas dan mendapatkan dana yang diperlukan untuk tinggal dan belajar di Jerman.

 

Ini adalah salah satu persyaratan paling penting dan jika kamu belum mendapatkan beasiswa resmi, kamu perlu memberikan bukti sumber keuangan kamu melalui cara lain seperti menyimpan dana di akun yang tidak diblokir di Jerman.

 

Waktu Pemrosesan Visa Pelajar Jerman

 

Rata-rata, proses visa pelajar Jerman kamu membutuhkan waktu hingga 25 hari untuk diproses. Waktu pemrosesan bervariasi tergantung pada negara dan kedutaan Jerman tempat kamu melamar.

Semua aplikasi visa Jerman lainnya untuk studi biasanya diproses dalam 3 bulan.

 

 

Baca juga:

LANGKAH-LANGKAH KULIAH GRATIS DI JERMAN

5 TEMPAT ASIK YANG BISA KUNJUNGI SEWAKTU KULIAH DI JERMAN

WAJIB: MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN JIKA INGIN KULIAH KE JERMAN

 

Sumber:

https://www.studying-in-germany.org/german-student-visa/

https://www.germany-visa.org/student-visa/

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image