Informasi penting
Jepang: Before you leave

ATURAN MEMBUANG SAMPAH SAAT KULIAH DI JEPANG

share image

Tak bisa dipungkiri lagi, Jepang adalah salah satu negara yang dikenal sebagai negara terbersih di dunia. Hal ini karena kedisiplinan  masyarakat Jepang dalam urusan pengelolaan sampah yang terbilang cukup rumit bagi mahasiswa yang baru menginjakkan kaki di Jepang.

Sampah sering kali menjadi sumber pencemar utama pada lingkungan, terlebih sampah plastik yang sangat sulit terurai. Lalu bagaimana Negara Jepang mengelola sampah-sampahnya? Setiap wilayah di Jepang, sampah rumah tangga harus dipilahkan dengan cara yang telah ditentukan, dan harus dibuang di tempat/hari yang telah ditentukan juga. 

Di Jepang, meskipun disebut “sampah”, macamnya dibagi menjadi beberapa jenis, dan cara membuangnya dibedakan sesuai dengan jenisnya.

 

Jenis-jenis pengkategorian sampah di Jepang

 

1. Dapat dibakar

Sampah yang dapat dibakar, yang dikumpulkan dua kali seminggu, termasuk sampah kertas (tisu toilet, popok), kantong plastik dan bungkus (bugkus makanan, bungkus kado, bungkus permen, tas belanja), karet dan kulit (tas, sepatu, sandal, sepatu bot), pipa dan wadah plastik (wadah pasta gigi, wadah minyak goreng, wadah saus kacang, wadah kecap, wadah margarin, wadah yogurt dan lain-lain).

 

2. Tidak dapat dibakar

Dikumpulkan sebulan sekali, sampah yang tidak dapat dibakar meliputi plastik panjang (kabel plastik, selang, tali), plastik lain (kaset, rekaman video dan disket), barang keramik (cangkir, piring, pot bunga dan lain-lain) besi, kaca (vas bunga, kacamata, gelas) dan alat-alat elektronik berukuran kecil (seterika, kaset radio, penanak nasi dan lain-lain).

 

3. Sampah berukuran besar

Ini meliputi perabot rumah seperti lemari, rak buku, sofa, kasur, meja dan sampah lain seperti tas golf, mainan di atas 50 cm, sepeda, sepeda motor di bawah 60cc, kipas angin, penyedot debu karpet dan selimut.

 

4. Botol dan kaleng

Botol-botolan meliputi wadah kaca kosong (cap harus dilepas), kaleng timah, kaleng aluminium (kaleng jus dan bir). Ini semua harus di tempat sampah terpisah. Botol air minum (dengan angka 1 di dalam simbol segitiga) juga harus di tempat sampah yang terpisah, dengan cap dilepas, dicuci dan dibersihkan, dan ditekan (dengan cara diinjak).

 

Waktu pembuangan sampah di Jepang

Di Jepang, khususnya di tempat kita tinggal, kita tidak bisa membuang satu jenis sampah setiap hari. Semua ada jadwal buang sampah sesuai jenisnya. Misal: hari Senin adalah jadwalnya untuk buang sampah yang tidak bisa dibakar(燃えないゴミ). Hari Kamis adalah jadwalnya untuk buang sampah yang bisa dibakar(燃えるゴミ) dan sebagainya (jadwal pembuangan sampah berbeda-beda di tiap kotanya).

Lalu, waktu buang sampah pun, di Jepang sangatlah penting. Di kota saya dulu, waktu untuk pemungutan sampah nya adalah dari jam pagi menuju siang (jam 10 sampai jam 12). Lewat dari jam tersebut, sampah tidak akan dipungut/diambil oleh pihak pengelola sampah.

 

 

Baca juga:

HIDUP LAYAKNYA ORANG LOKAL DI JEPANG

INFORMASI LENGKAP SEBELUM KULIAH DI JEPANG

PENGUBAHAN KEBIJAKAN VISA KERJA PASCA-STUDI DI JEPANG