Informasi penting
Selandia Baru: Before you leave

RAGU BERKULIAH DI SELANDIA BARU? 5 ALASAN INI AKAN MEMBUATMU YAKIN

share image
312

Memutuskan di mana kamu ingin kuliah bisa menjadi hal yang sangat menegangkan. Percayalah, kita semua pernah ada di posisi itu. Dengan begitu banyak program yang berbeda untuk dipilih, bagaimana kamu bisa memastikan jika kamu memilih yang benar dan pas?  Namun jika yang kamu cari adalah  pengalaman belajar di luar negeri yang dapat  memenuhi kebutuhan akademis secara maksimal, bisa menjamin pengalaman dan  mengubah hidup, serta dapat membuat kamu dekat dengan alam, maka melanjutkan pendidikan di Selandia Baru merupakan pilihan yang tepat untukmu.

Selandia Baru sering dibayang - bayangi oleh tetangganya yang begitu populer, yaitu Australia. Namun, Selandia Baru tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Bayangkan saja, memiliki kesempatan untuk menikmati bentang alamnya yang indah sekaligus menjadi lokasi syuting film The Lord of The Rings, dan menjumpai keramah tamahan penduduk setempat, serta melihat budaya baru di salah satu negara di dunia yang paling progresif, unik, dan berkembang dengan baik, pasti akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa belajar di Selandia Baru merupakan pilihan yang tepat.

Sistem pendidikan

Salah satu perbedaan yang menonjol dari sistem edukasi di Selandia Baru dengan di Indonesia adalah, Selandia Baru menjalin kolaborasi antara universitas dengan industri yang saat ini sedang dikembangkan.  Tak hanya universitas, untuk pendidikan politeknik atau vokasi, bahkan para mahasiswanya hanya belajar sesuai dengan kebutuhan industri. Jadi, begitu mereka lulus, mereka benar-benar siap untuk menghadapi dunia kerja. Terlepas dari itu, hubungan mahasiswa dengan dosen juga sangat cair. Para mahasiswa tidak punya jarak atau batasan dengan dosen mereka. Bahkan para mahasiswa bisa memanggil dosen dengan first name mereka, tidak  perlu menggunakan embel-embel ‘Mister, Ma’am, atau Prof’. Para dosen sangat open minded untuk dikritik termasuk saat di kelas.

 

Ada Banyak Jalur Beasiswa

Keuangan dapat menjadi perhatian bagi seseorang yang ingin belajar di Selandia Baru. Untungnya, setiap tahunnya Universitas di Selandia Baru menawarkan beberapa peluang beasiswa bagi siswa internasional. Beragam penawaran beasiswa di Selandia baru diberikan oleh Auckland University of Technology, University of  Canterbury , Lincoln Universuty,  Massey University Doctoral Schoolarships, dan University of Otago. Pada penawaran beasiswa oleh universitas – universitas tersebut, kurang lebih disediakan 10 beasiswa dengan nominal yang ditanggung mulai dari NZ$ 300 sampai NZ$ 27.000 atau sekitar Rp. 2,9 juta sampai Rp. 260 juta.  Sedangkan jalur beasiswa dari pemerintah Selandia Baru ialah melalui New Zealand School Awards dan New Zealand International Doctoral Research Scholarships.

 

 

Biaya

Biaya pendidikan untuk S1 dan S2 di Selandia Baru lebih mahal daripada program doktoral atau S3. Rata-rata biaya untuk sarjana dan magister senilai Rp 250 juta sampai Rp 300 juta per tahun. Namun untuk politeknik atau institut teknologi bisa lebih murah, yakni Rp 150 juta sampai Rp 220 juta. Sementara untuk biaya kuliah doktoral di Selandia Baru hampir sama dengan Indonesia, sekitar Rp 60 juta sampai Rp 90 juta saja per tahun. Sedangkan untuk biaya hidup kisaran normal biayanya adalah senilai Rp 150 juta per tahun. Namun dengan visa pelajar, memungkinkan mahasiswa dapat bekerja selama 20 jam dalam seminggu sehingga dapat menutupi biaya hidupnya sendiri.

 

Jurusan – Jurusan Favorit dan Terbaik

Beberapa jurusan di Selandia Baru seperti Teknik, Bisnis, Geotermal, dan Kuliner, masuk daftar 50 jurusan  terbaik di dunia. Kebanyakan dari mahasiswa Indonesia yang kuliah di Negeri Kiwi ini memilih jurusan yang tidak beda jauh dengan jurusan di kampus Indonesia yaitu seperti Jurusan Bisnis, Bahasa Inggris, Kuliner, juga Teknik.

 

Kamu Dapat Belajar di Universitas-Universitas yang Terkenal di Dunia

Walaupun hanya memiliki 8 universitas, salah satu dari universitas tersebut masuk dalam peringkat 100 teratas oleh QS World University Rankings. Menurut Economist Intelligence Unit di Worldwide Educating for the Future Index 2017, Selandia Baru menduduki peringkat pertama di dunia sebagai negara dengan pendidikan terbaik yang berfokus pada masa depan. Penilaian tersebut berdasarkan kepada 16 indikator yang di antaranya yakni, keterampilan interdisipliner, kewirausahaan, digital dan teknis, kreatif dan analisa, serta kesadaran akan kehidupan global. Manfaat utama memilih Selandia Baru sebagai tujuan studi kamu di luar negeri bukan hanya bahwa kamu akan memiliki banyak hal untuk dijelajahi, tetapi yang lebih penting, kamu akan belajar di universitas-universitas terkenal di dunia, seperti The University of Auckland, University of Otago, University of  Canterbury, Victoria University of  Wellington, dan Massey University. Universitas-universitas ini memiliki siswa sekitar 17.000 - 33.000 siswa.

 

Klik di sini untuk melihat lebih lanjut mengenai kampus-kampus di Selandia Baru yang direkomendasikan Hotcourses!

 

 

Sumber:
www.goabroad.com
www.gooverseas.com
www.mfat.govt.nz

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image