Informasi penting
Selandia Baru: Visa

Kerja di Selandia Baru: Perubahan Kebijakan Izin Kerja Setelah Lulus Kuliah di Selandia Baru

share image
2687

Pemerintah Selandia Baru mengenalkan kebijakan baru mengenai ketentuan visa kerja pasca kuliah dengan penekanan pada pengurangan eksploitasi kerja, dalam upayanya untuk menjadi negara kedua yang menawarkan hak kerja pasca kuliah terbaik di dunia. Kebijakan baru ini akan mulai diterapkan tanggal 26 November 2018.

 

“Pemerintah telah mendengar dan bertindak untuk menanggapi lebih dari 2,000 pengajuan,” sebut Menteri Imigrasi Lees-Galloway di konferensi pers. 

 

“Perubahan terhadap hak kerja pasca kuliah akan meningkatkan ekonomi Selandia Baru, mengurangi eksploitasi mahasiswa dan mempromosikan penawaran pendidikan regional kami,” tambah beliau.

 

Dengan ketetapan baru ini, mahasiswa sarjana yang memegang visa Level 7 dan ke atas akan menerima visa kerja pasca kuliah yang berdurasi 3 tahun. Sedangkan mahasiswa pemegang visa Level 4-6 yang telah belajar minimal 60 minggu akan menerima visa kerja 1 tahun.

 

Bagi mahasiswa yang kuliah di luar Auckland di Level 4-6 atau non-gelar Level 7 juga berhak menerima visa 2 tahun jika menyelesaikan perkuliahan sebelum Desember 2021.  

 

 

“Kami sadar bahwa para mahasiswa politeknik dan peserta PTE yang berbasis kawasan memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri supaya bisa menguasai semua keahlian yang dibutuhkan, terutama di kawasan mereka,” jelas Lees-Galloway.

 

Sebelum adanya kebijakan baru ini, mahasiswa dapat menerima visa kerja jika disponsori oleh pemberi kerja. Dan persyaratan ini telah dihapus oleh kebijakan baru.

 

“Kami ingin menghapus visa yang dibantu oleh pemberi kerja karena menurut kami itu adalah salah satu praktek eksploitasi. Maka kami menggantinya dengan visa 3 tahun,” jelas menteri kepada The PIE News.

 

Bagi mahasiswa yang saat ini telah kuliah di Selandia Baru dengan visa pelajar akan otomatis menerima visa kerja 3 tahun.

 

Mereka yang memegang visa pasca kuliah tahun pertama bisa memperpanjang visa mereka selama dua tahun, atau menghapus pemberi kerja dari visa kerja jika visa tersebut dibantu oleh pemberi kerja.

 

Perubahan baru ini disambut baik oleh industri pendidikan internasional Selandia Baru, yang memuji tanggapan positif pemerintah terhadap konsultasi dan pengajuan mereka terhadap penyesuaian hak kerja.  

 

Sewaktu awal penyusunan, beberapa pihak menyayangkan bahwa penyelenggara program non gelar Level 7 – terutama pelatihan guru intensif 1 tahun – tidak dapat mendaftar untuk kualifikasi profesional. 

 

Sekarang, kualifikasi diploma pascasarjana dan non gelar Level 7 akan menerima hak kerja satu tahun dengan tahun tambahan jika membutuhkan waktu untuk mendapatkan persetujuan, sehingga dapat membantu Selandia Baru untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja, seperti yang disampaikan oleh John Diggins, wakil kepala eksekutif di Early Childhood New Zealand.

 

“Dari perspektif kami, mereka memungkinkan penyelenggara pendidikan untuk menarik mahasiswa internasional yang cocok dan kemudian datang untuk mengejar gelar diploma pascasarjana.” lanjut beliau.

 

“Kami tahu kami sedang berlomba-lomba dengan negara-negara seperti Kanada dan Australia untuk mendatangkan mahasiswa internasional”

 

“Kami sedang menghadapi kekurangan guru pendidikan anak usia dini di Selandia Baru, sehingga kami sangat senang masukan kami didengar dan direspon dengan baik oleh pemerintah.”

 

Perubahan baru ini merupakan tanggapan positif terhadap pengajuan yang disampaikan sewaktu NZIEC (New Zealand International Conference) tahun lalu.

 

Dengan demikian, Selandia Baru hanya selangkah di belakang Kanada dalam hal pemberian hak kerja pasca kuliah, dan melebihi Australia yang hanya memberikan visa kerja 2 tahun kepada lulusan Sarjana.

Sumber: The Pie News

 

BACA JUGA:

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

Selandia Baru memperkenalkan visa dan kondisi kerja yang diperbaharui

Selandia Baru memperkenalkan visa dan kondisi kerja yang diperbaharui Selandia Baru memberlakukan peraturan dan kebijakan baru mulai Januari 2014, yang akan menguntungkan para mahasiswa asing. Peraturan dan kebijakan baru ini mengenai penyederhanaan proses permohonan visa pelajar dan jam kerja tanpa batas bagi para mahasiswa yang masuk dalam kategori tertentu.   Steven Joyce, Menteri Pendidikan Tinggi dan Ketenagakerjaan minggu lalu memberikan

9589

Proses visa pelajar internasional di Selandia Baru dipermudah

Selandia Baru memberikan keistimewaan kepada para pelajar internasional yang ingin kuliah ke negaranya dengan pemrosesan visa pelajar yang lebih singkat dan cepat.   Imigrasi Selandia Baru  dan Departemen Pendidikan Selandia Baru telah menandatangani perjanjian untuk memberikan keistimewaan kepada para pelajar internasional yang mengurus visa pelajarnya melalui Selandia Baru Specialist Agent (NZSA) untuk bisa mendapatkan visa pelajar mereka

2513