Informasi penting
Inggris: Berita Terbaru

PEMERINTAH INGGRIS PASTIKAN DUKUNGANNYA UNTUK PELAJAR INTERNASIONAL

Pemerintah Inggris Pastikan Dukungannya Untuk Pelajar Internasional

Sebagai negara yang memiliki beragam institusi pendidikan terkemuka dan salah satu sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia, dengan berbagai kesempatan untuk menjalani gaya hidup pelajar yang dinamis dan opsi pekerjaan pasca-studi, Inggris tetap menjadi salah satu destinasi studi utama yang diincar para pelajar internasional. Dengan kemunculan virus corona (Covid-19), terjadi banyak perubahan signifikan yang membawa berbagai tantangan bagi para pelajar internasional dalam mengejar rencana studi mereka di luar negeri. Mulai dari ketidakpastian seputar pembatasan perjalanan antarnegara dan pengurusan visa, hingga penyesuaian persyaratan masuk universitas dan tanggal mulai kuliah, semua hal ini membuat para pelajar merasa menghadapi masa depan yang penuh keraguan.

 

Pemerintah Inggris menyadari hal ini dan telah mengambil tindakan untuk meyakinkan para pelajar internasional dengan menyusun skema rencana dan komitmen yang ditujukan untuk mendukung semua orang yang ingin belajar di negara tersebut. Sentimen ini dengan jelas diungkapkan dalam surat yang disusun oleh para para Menteri Pendidikan dan Universitas dari empat negara Britania Raya (UK), yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

 

Apakah Saya Masih Bisa Mendaftar Untuk Tahun Ajaran 2020/2021?

 

Universitas-universitas di Inggris kini tengah menerima pendaftaran untuk pelajar internasional dan mereka berencana untuk mengalihkan kembali proses belajar mengajar ke kampus mereka pada tahun ini. Faktanya, survei terbaru yang dijalankan Universities UK mengindikasikan bahwa 97 persen institusi pendidikan tinggi tetap berkomitmen untuk menyambut sejumlah pelajar di kampus pada semester musim gugur - jika keadaan memungkinkan. 83 persen universitas menyatakan bahwa mereka tetap berharap bisa memberikan berbagai peluang sosial secara langsung kepada para pelajar.

 

Ini berarti bahwa kamu masih berkesempatan untuk belajar di Inggris - negara yang memiliki 4 dari 10 universitas teratas dunia, dan 18 dari 100 universitas internasional terbaik (QS World University Rankings 2021). Kamu juga akan mendapatkan manfaat dari berbagai penelitian berkualitas tinggi yang dilakukan oleh universitas-universitas di negara ini, yang di antaranya merupakan penelitian-penelitian terdepan mengenai Covid-19.

 

Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut dan panduan mengenai belajar di Inggris pada tahun ini, UK Council for International Student Affairs (Dewan Inggris untuk Urusan Pelajar Internasional) memiliki berbagai sumber daya komprehensif yang bisa kamu gunakan.

 

Apakah Ada Visa Graduate Route Baru Untuk Pelajar Internasional Di Inggris?

 

Ya, akan ada visa Graduate Route baru. Visa ini dirancang oleh Pemerintah Inggris untuk memberikan penawaran yang lebih baik bagi pelajar internasional dengan proses pengurusan yang lebih mudah. Kalau kamu telah menyelesaikan program studi tingkat sarjana atau pascasarjana di universitas / penyedia pendidikan tinggi di Inggris yang memiliki rekam jejak kepatuhan pada peraturan yang berlaku (track record of compliance) dan memegang visa Tier 4 (General) yang valid, maka kamu  memenuhi syarat untuk bisa tinggal di Inggris hingga dua tahun setelah kelulusan untuk bekerja. Ini juga berlaku untuk semua pelajar internasional yang telah menempuh pendidikan di Inggris sebelum 6 April 2021.

 

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apa yang akan terjadi jika kamu memilih memulai studi secara online dan kemudian mengikuti proses belajar mengajar di kampus pada tahap selanjutnya? Peraturan yang ada tentang hal ini telah dilonggarkan, sehingga kamu tidak akan kehilangan hak mendapatkan kesempatan kerja pasca-studi di Inggris. Para pelajar yang harus memulai studi mereka secara online, terutama karena dampak virus corona dan pembatasan perjalanan, tetap memenuhi syarat dalam skema visa Tier 4.

 

(Baca juga: 10 PERTANYAAN UNTUK UNIVERSITAS PILIHANMU SEHUBUNGAN VIRUS CORONA)

 

Unduh brosur universitas favoritmu di inggris


Apa Saja Kebijakan Yang Telah Diambil Pemerintah Inggris Untuk Mendukung Pelajar Internasional?

 

Pemerintah Inggris telah berkomitmen untuk memastikan berbagai proses yang harus dilalui pelajar internasional, seperti pengurusan visa, akan dilakukan sefleksibel mungkin untuk membantu mereka yang ingin belajar di Inggris. Dalam komitmen ini, proses visa Tier 4 dijanjikan akan dilakukan secepat mungkin, dengan jaminan bahwa proses tersebut tidak akan berdampak negatif atau menghambat rencana studi para pelajar internasional. Walaupun begitu, Pemerintah Inggris merekomendasikan para pelajar untuk mendaftar sesegera mungkin dan membiasakan diri dengan persyaratan terbaru untuk visa dan penerimaan universitas jika mereka ingin belajar di Inggris. Mempersiapkan semua dokumen agar siap sebelum proses pendaftaran adalah hal penting yang harus dilakukan.

 

Selain itu, Pemerintah Inggris juga sangat serius memperhatikan kesehatan masyarakat publik dan pelajar internasional. Karena itu, mereka terus memantau pembatasan perjalanan dan perbatasan antarnegara untuk bisa menyediakan panduan yang tepat waktu dan terperinci tentang setiap perubahan yang terjadi. Hal ini juga akan berpengaruh ke penawaran berbagai layanan, seperti pusat visa (visa center).

 

Apa Saja Panduan & Dukungan Kesehatan Yang Ditawarkan Pemerintah Inggris?

 

Pemerintah Inggris telah menekankan niatnya untuk mengikuti dan mematuhi panduan kesehatan masyarakat dan ilmiah yang ada untuk menghadapi pandemi ini. Mereka telah menyiapkan situs web khusus yang menyediakan dukungan dan informasi terbaru - termasuk jika ada perubahan pada informasi atau panduan yang ada.

 

Para pelajar internasional kini diwajibkan melakukan karantina untuk mencegah penularan dan paparan terhadap virus corona. Hal ini berarti:

  • Kamu harus memberikan detail kontak dan informasi mengenai akomodasimu pada saat tiba di Inggris;

  • Kamu harus mengisolasi diri selama 14 hari setelah tiba di Inggris;

  • Kamu harus mengenakan masker / penutup wajah saat menggunakan angkutan umum di Inggris dan Skotlandia;

  • Kamu disarankan untuk mengenakan masker / penutup wajah jika memasuki ruang kecil atau tertutup yang tidak memungkinkan social distancing.

Pemerintah Inggris telah bekerja sama dengan pihak-pihak universitas Inggris untuk memastikan bahwa semua proses ini dikelola dengan baik dan para pelajar internasional mendapatkan dukungan yang diperlukan saat mereka tiba.

 

Apakah Semua Perubahan Ini Akan Berpengaruh Pada Kualitas Program Studi Yang Saya Ambil?

 

Jawaban singkatnya adalah tidak. Memang benar bahwa persyaratan penerimaan universitas dan proses belajar mengajar akan sedikit berbeda untuk tahun 2020. Namun perubahan ini tak akan berpengaruh pada standar tinggi institusi pendidikan Inggris dan pengakuan internasional untuk gelar akademis yang akan kamu terima. Ini tetap berlaku bahkan jika kamu tidak bisa melakukan perjalanan ke Inggris dan harus memulai studimu secara online. Banyak universitas di Inggris telah memulai program pembelajaran online yang inovatif dan berkualitas tinggi untuk memberikan pembelajaran akademik yang bebas gangguan bagi para pelajar.

 

Pemerintah Inggris telah bekerja erat dengan berbagai universitas di Inggris dan Office for Students (instansi Pemerintah Inggris yang mengatur pendidikan tinggi) untuk memastikan bahwa para pelajar internasional akan mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi yang memberi nilai tambah bagi mereka di mata para pemberi kerja setelah lulus. Penjaminan mutu ini juga telah dilakukan di Skotlandia dengan Quality Assurance Agency for Higher Education Scotland  (Badan Penjaminan Mutu untuk Pendidikan Tinggi Skotlandia) dan Education Scotland (Badan Eksekutif Pemerintah Skotlandia yang bertugas meningkatkan kualitas sistem pendidikan), serta di Wales melalui kolaborasi dengan Higher Education Funding Council for Wales (Dewan Pendanaan Pendidikan Tinggi untuk Wales). Bahkan survei lulusan pendidikan tinggi yang dilakukan oleh Universities UK International (UUKi) menemukan bahwa 83 persen pelajar yang memiliki gelar akademis dari institusi pendidikan tinggi Inggris mengatakan kualifikasi gelar mereka telah membantu mereka menemukan pekerjaan di berbagai negara di seluruh dunia.

 

Jadi kalau kamu tengah mempertimbangkan untuk studi di Inggris, atau mungkin kamu kini sedang kuliah di sana, yakinlah bahwa ada komitmen yang kuat dari pemerintah Inggris untuk menjaga kualitas pendidikan, kesejahteraan siswa, serta hasil kelulusan dan peluang pasca-kelulusan yang positif. Kalau kamu ingin tahu pernyataan lengkap dari Pemerintah Inggris mengenai hal ini, kamu bisa membaca surat yang mereka tujukan pada pelajar internasional. Jangan lupa untuk selalu mengikuti semua perkembangan yang terjadi dan berkomunikasi secara intensif dengan universitas pilihanmu agar perjalanan studimu di Inggris bisa tetap sesuai dengan rencanamu.

 

Sudah siap untuk kuliah di inggris setelah membaca artikel di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di universitas-universitas terbaik di Inggris.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD