Informasi penting
Inggris: Keuangan - Wajib dibaca

BIAYA KULIAH DI INGGRIS

Biaya Kuliah Di Inggris

Inggris telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi studi terpopuler bagi mahasiswa internasional. Sektor pendidikan tinggi di negara ini tak hanya dinamis dan memiliki prestise global, namun juga menyediakan berbagai pilihan program menarik. Kalau kamu berminat kuliah di Inggris, tentunya salah satu langkah utama yang harus kamu ambil adalah mencari tahu biaya kuliah yang perlu kamu bayarkan. Karena itu, tim Hotcourses Indonesia telah menyusun panduan biaya kuliah terkini di Inggris untuk membantu perencanaan studimu.

 

Undergraduate (S1)

 

Biaya untuk studi S1 di Inggris sangat bervariasi karena pengaruh berbagai faktor, seperti program studi pilihanmu atau negara asalmu. Biaya rata-rata mayoritas program studi S1 untuk mahasiswa internasional adalah sekitar GBP 12.000 - 20.000 per tahun. Namun biaya kuliah tahunan ini bisa mencapai kisaran GBP 38.000 - 61.435 untuk program-program klinis tertentu seperti kedokteran.

 

Selain menyiapkan biaya kuliah, mahasiswa internasional juga harus mengumpulkan dana untuk biaya hidup di Inggris sebagai persyaratan visa pelajar. Kamu harus menganggarkan setidaknya GBP 1.265/bulan kalau berencana kuliah di London atau GBP 1.015 kalau kamu ingin kuliah di kota lain. Jangan lupa bahwa kamu harus membayar biaya kesehatan imigrasi sebesar GBP 300/tahun untuk masa tinggal lebih dari enam bulan dan GBP 150 untuk masa tinggal enam bulan ke bawah.

 

BIAYA RATA-RATA  KULIAH S1

  Program studi berbasis kelas

GBP 14.981

  Program studi berbasis laboratorium

GBP 16.276

  Program studi klinis

GBP 25.079

 

Cari info biaya kuliah di Inggris yang tepat untuk membantumu merencanakan pendanaan kuliah - Hotcourses Indonesia

 

Unduh brosur universitas favoritmu di inggris

 

Pascasarjana

 

Biaya kuliah pascasarjana di Inggris terkadang bisa lebih murah dibanding biaya kuliah S1. Biaya rata-rata yang dikeluarkan mayoritas mahasiswa internasional untuk kuliah pascasarjana adalah sekitar GBP 12.000 - 20.000. Namun beberapa program tertentu memiliki biaya yang lebih besar, seperti MBA yang bisa mencapai GBP 57.200 atau program pascasarjana di bidang klinis yang biaya tertingginya berkisar di angka GBP 57.894.

 

Perlu diingat bahwa kamu bisa menjelajahi berbagai pilihan bantuan pendanaan untuk membiayai studi di negara ini, seperti hibah penelitian, beasiswa, pinjaman dan sponsor dari organisasi tertentu. Untuk menambah peluangmu mendapatkan bantuan ini, sebaiknya kamu mengeksplorasi semua opsi yang terbuka untukmu dan mendaftar sedini mungkin.

 

BIAYA RATA-RATA KULIAH PASCASARJANA

  Program studi berbasis kelas

  GBP 16.082

  Program studi berbasis laboratorium

  GBP 18.613

  Program studi berbasis riset

  GBP 10.000+

 

  MBA

  GBP 20.494

 

 

Biaya Hidup

 

Faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan kuliah di Inggris adalah biaya hidup untuk menutupi ongkos akomodasi, transportasi, konsumsi dan lain-lain. Jika kamu ingin kuliah di London, biaya kuliah dan hidup rata-rata di sana akan berkisar di angka GBP 15.200 / tahun. Biaya ini bisa berubah tergantung dari tempat kuliahmu dan jurusan yang kamu ambil.

 

Kalau kamu sudah tahu institusi pendidikan tinggi dan jurusan yang ingin kamu tuju di Inggris, kamu bisa menggunakan fitur pencarian untuk menemukan informasi terkini mengenai biaya kuliah dan opsi bantuan pendanaan di jurusan tersebut. Kamu juga bisa mendaftar di situs kami untuk berkomunikasi langsung dengan institusi pilihanmu.

 

Untuk kamu yang masih bingung memilih universitas dan jurusan, coba saja alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan universitas dan jurusan kuliah terbaik di Inggris berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Kami ingin mengingatkan kembali bahwa semua biaya yang tercantum di panduan ini adalah biaya rata-rata. Tim Hotcourses Indonesia menganjurkan agar kamu menghubungi institusi yang bersangkutan atau berkonsultasi dengan konselor IDP untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai biaya jurusan kuliah yang kamu inginkan.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

savethestudent.org

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD