Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

BISAKAH MAHASISWA INTERNASIONAL MENGIKUTI PROSES ‘CLEARING’?

share image
631

Clearing adalah bagian dari proses pendaftaran di universitas-universitas Inggris. Dapatkah proses ini membantu mahasiswa internasional?

 

Apa yang dimaksud dengan Clearing?

 

Clearing adalah bagian dari sistem pendaftaran universitas Inggris bagi para pendaftar yang pendaftarannya belum diterima oleh program sarjana di universitas-universitas Inggris. Proses Clearing yang berlangsung di antara bulan Juli dan September ini dibuka oleh universitas-universitas yang masih memiliki kuota penerimaan. Tempat-tempat kosong ini harus dipenuhi, karena jika tidak universitas harus membayarkan biaya. Oleh sebab itulah universitas mengadakan Clearing. Ini adalah kesempatan bagus bagi mahasiswa yang pendaftarannya belum diterima. Mereka dapat mencoba untuk mengikuti Clearing, karena jika diterima maka mereka tidak perlu menunggu tahun depan untuk kuliah.

 

Tahun lalu, 10% mahasiswa di universitas-universitas Inggris diterima dalam proses Clearing.

 

  

Bisakah Mahasiswa Internasional Mengikuti Proses Clearing?

 

Yup, tentu saja bisa, selama mereka mendaftar melalui UCAS dan telah membayarkan biaya penuh sebesar £22. Disarankan untuk konfirmasi kembali dengan universitas yang diminati mengenai prosedur Clearing mereka.

 

Kebanyakan peserta Clearing mengikuti proses ini karena ditolak oleh perusahaan dan asuransi. Jika kamu mendaftar untuk suatu program sebelum 30 Juni tetapi belum diterima oleh universitas, kamu akan secara otomatis diikutkan dalam program Clearing.

 

Atau, jika kamu telah memenuhi persyaratan dari perushaan dan asuransi, tetapi sudah tidak ingin menghadiri universitas yang kamu pilih, kamu juga bisa mengikuti Clearing.

 

 

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mengikuti Proses Clearing?

 

Kamu perlu bergerak cepat menemukan program kuliah baru yang ingin kamu daftar. Biasanya harus dilakukan dalam beberapa hari setelah kamu menerima hasil pendaftaran. Jika kamu merasa ada kemungkinan untuk ikut Clearing, baik itu karena kamu tidak percaya diri dengan nilai atau karena alasan apapun, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

 

  • Simpan informasi dan prospectus universitas yang pernah menarik minat kamu.
  • Jika kamu memilih lokasi tertentu, cari universitas yagn dekat. Misalnya ada banyak universitas yang berlokasi di London dan sekitarnya.
  • Kunjungi situs universitas untuk membaca lebih lanjut tentang program kuliah mereka. Pastikan program mereka mirip dengan apa yang ingin kamu pelajari. Pelajari juga modul dan persyaratan masuk (yang biasanya tidak akan lebih mudah hanya karena Clearing).

 

 

Cara Mendaftar untuk Clearing

 

Jika kamu menerima pemberitahuan bahwa kamu belum memenuhi persyaratan masuk dari program kuliah yang kamu daftar, segera periksa  ‘UCAS Track’ apakah kamu masih bisa mengikuti Clearing. Jika iya, kamu akan menemukan Nomor Clearing-mu, yang akan digunakan untuk mendaftar ke universitas.  

 

Setelah mengetahui nomor Clearing, kamu dapat menghubungi universitas untuk mencari tahu program studi apa saja yang terbuka untuk Clearing. Nomor telepon semua universitas yang mengikuti Clearing akan ditampilkan di situs UCAS, kadang juga terdapat nomor khusus yang dapat dihubungi mahasiswa internasional. Universitas juga memiliki halaman situs khusus tentang Clearing dan menjabarkan program-program kuliah yang tersedia untuk Clearing.  

 

Jika menemukan program kuliah yang kamu minati, telepon universitas untuk dihubungkan dengan staf yang bisa membantu tentang pendaftaran. Sebelum menelpon, sediakan data-data penting berikut: nomor Clearing, nomor UCAS dan nilai-nilai akademik. Para staf sangat sibuk dan akan lebih mudah memberikan jawaban yang pasti jika datamu lengkap. Selain menelpon, kamu bisa bertanya di situs mereka dan mengirimkan ke email khusus Clearing yang ditulis di situs tersebut. Pastikan dalam email tersebut kamu telah menyediakan data-data penting telah disebutkan.

 

Sewaktu berbicara atau berkoresponden dengan universitas tentang program kuliah, kamu perlu memberikan kesan penting selain nilai. Terakan mengapa kamu memilih program ini dan mengapa kamu memenuhi syarat.

 

Kamu bisa memilih sebanyak mungkin universitas yang kamu minati. Jika kamu telah menerima penawaran tempat dari universitas, kamu hanya diberikan satu atau dua hari untuk menerima atau menolak. Kamu dapat menerima penawaran tempat dengan menambahkan pilihan Clearing di UCAS Track (hanya setelah 15 Agustus).  

 

Penting untuk diketahui bahwa hanya bisa menambah satu pilihan Clearing, jadi kamu harus memastikan kamu telah menerima penawaran tempat terlebih dahulu sebelum kamu menambahkan pilihan Clearing. Jika Clearing telah berhasil maka akan muncul ‘Clearing Accepted’ di UCAS Track, dan kamu akan menerima informasi tentang langkah selanjutnya.

 

 

Kapan Clearing Berakhir?

 

Clearing biasanya berakhir di akhir September. Penanggalan pasti bisa berbeda-beda setiap tahun.  

 

 

Apa itu Adjustment?

 

Adjustment adalah lawan kata dari Clearing, dimana nilai dan kualifikasi kamu di atas persyaratan masuk, jadi kamu bisa mengajukan untuk program gelar yang lebih tinggi.

 

 

Bagaimana Jika Saya Membutuhkan Bantuan?

 

Universitas-universitas dan UCAS memiliki tim khusus untuk Clearing yang siap melayani melalui telepon atau pertanyaan. Jika kamu disuruh menunggu di telepon, jangan panik, kamu akan segera disambungkan dengan staf yang berwenang. Sekali lagi pastikan kamu telah menyediakan data penting supaya mereka bisa memberikan jawaban yang tepat.

 

Kamu juga bisa menghubungi UCAS jika ada pertanyaan tentang Clearing. Kamu dapat mengirimkan tweet atau menuliskan posting di Facebook UCAS jika ada pertanyaan. Mereka akan membalas atau menunjukkan bagian yang tepat untuk menjawab pertanyaan kamu.

 

Cari program studi Sarjana di universitas Inggris sekarang juga!

 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

IELTS - Tes Kemahiran Berbahasa Inggris

Jika ingin belajar di negara berbahasa Inggris, Anda perlu membuktikan kemampuan dalam memahami dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebelum memulai kuliah. Hotcourses sadar akan kepentingan tes IELTS dan TOEFL, dan kali ini memberitakan semua informasi yang perlu Anda ketahui... Ada banyak institusi yang mengisyaratkan Anda untuk membuktikan tingkat kompetensi tertentu dalam berbahasa Inggris, dan tes IELTS atau TOEFL adalah cara untuk menunjukkan

19086