Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

ISTILAH DAN SISTEM PENILAIAN TINGKAT SARJANA INGGRIS

327

Dibuat bingung sewaktu membaca persyaratan masuk universitas-universitas di luar negeri karena sistem penilaian yang berbeda? Kali ini Hotcourses Indonesia akan menjelaskan tentang Sistem Klasifikasi Gelar Sarjana Inggris, supaya kamu punya gambaran tentang setara dengan tingkatan manakah kualifikasi/gelar yang kamu miliki sekarang. Sistem ini juga diterapkan di beberapa negara lainnya, walaupun terdapat perbedaan tipis.

 

Sewaktu mendaftar untuk program kuliah sarjana di Inggris, banyak mahasiswa yang tidak mengetahui bahwa mereka memiliki pilihan untuk program studi biasa atau program studi dengan gelar ‘honours’. Perbedaan antara keduanya adalah dari gelar yang di dapatkan. Misalnya jika mendaftar untuk program gelar S1 sains, maka setelah lulus akan mendapat gelar “Bsc” (Bachelor of Science). Jika mendaftar untuk program S1 sains honours, maka setelah lulus akan mendapat gelar “Bsc (Hons)”.

 

Apa bedanya gelar yang ada “Hons” dengan yang tidak ada? Sewaktu mendaftar untuk program studi biasa (misalnya “Bsc”), target kamu adalah lulus. Jika lulus maka kamu akan mendapatkan gelar “Bsc”. Sama halnya seperti jika kamu lulus tes mengemudi maka kamu akan mendapat SIM, jika tidak lulus, kamu tidak akan mendapatkan SIM.

 

Gelar ‘honours’ menyatakan bahwa kamu menyelesaikan program studi gelar kamu dengan baik, dan gelar “Hons” di belakang title yang kamu dapatnya menyatakan bahwa kamu lebih menguasai bidang studi tersebut dengan lebih spesifik. Oleh karena itu, gelar “Hons” lebih populer dan disukai oleh para pemberi kerja/perusahaan. Untuk beberapa program studi, terutama di Australia, untuk mendapatkan title “Hons”, kamu perlu menambah durasi kuliah selama 1 tahun. 

 

 

Istilah dan tingkatan penilaian di Inggris 

 

 

First Class

 

Atau disingkat sebagai “first” adalah nilai tertinggi yang bisa dicapai dari gelar honours. Saat ini, mahasiswa dapat sekaligus mengambil 2 jurusan dengan gelar honours. Jika mereka berhasil lulus, maka akan mendapatkan gelar “double firsts”. Beberapa universitas tidak memberikan gelar “double firsts” tetapi memberikan gelar “joint honours”. OxfordCambridge dan Glasgow adalah universitas-universitas yang memberikan gelar “double firsts”.

 

First class degree dapat dicapai dengan kerja keras dan rasa antusias yang tinggi akan jurusan yang diambil. Mahasiswa yang berhasil meraih gelar tersebut tentunya memiliki prospek yang sangat bagus untuk memasuki dunia karir, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Menurut hasil survey, 26% dari mahasiswa purna waktu di Inggris mendapatkan first class degree, meningkat 2% dari tahun sebelumnya.

 

First class ini setara dengan nilai A atau skor 70.

 

 

Upper Second Class

 

Gelar ‘second class’ terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah ‘upper second class’ atau disebut dengan istilah 2.1 (dilafalkan “two-one”).  2.1 juga memberikan prospek yang bagus untuk kerja atau melanjutkan pendidikan. Untuk sebagian institusi dan perusahaan, ini adalah gelar minimal yang mereka minta.  Menurut hasil survei Higher Education Statistics Agency, 49% dari mahasiswa purna waktu mencapai gelar ini di tahun akademik 2016/17.

 

Upper second class ini setara dengan nilai B atau skor 60-69.

 

 

Lower Second Class

 

Yang kedua adalah ‘lower second class’ atau disebut dengan istilah 2.2 atau “Desmond”. Gelar 2.2 biasanya adalah persyaratan minimal dari kebanyakan lowongan kerja dan universitas. Di tahun akademik 2016/17, 20% mahasiswa mendapatkan gelar ini, berkurang 2% dari tahun sebelumnya. 

 

Lower second class setara dengan C atau 50-59.

 

 

Third class

 

Disingkat sebagai “third”, adalah penilaian terendah dari gelar honours. Peraih gelar ini sangat sedikit. Hanya 5% mahasiswa yang lulus dengan gelar third dan pass.

 

Third class setara dengan C atau 40-49.

 

 

Pass

Di beberapa institusi, jika mahasiswa honours gagal mencapai third class karena perbedaan nilai yang sedikit, mereka akan diberikan gelar biasa/pass.

 

Selain memberikan gelar, lebih dari setengah universitas Inggris juga menerbitkan rapor yang akan mencatat kinerja mahasiswa selama kuliah, misalnya keterlibatan dan prestasi dalam kegiatan ekstra kurikuler, pengalaman kerja, penghargaan dan keahlian (kognitif, profesional dan transferable skills).

 

 

image credit to:

www.mirror.co.uk  

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

IELTS - Tes Kemahiran Berbahasa Inggris

Jika ingin belajar di negara berbahasa Inggris, Anda perlu membuktikan kemampuan dalam memahami dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebelum memulai kuliah. Hotcourses sadar akan kepentingan tes IELTS dan TOEFL, dan kali ini memberitakan semua informasi yang perlu Anda ketahui... Ada banyak institusi yang mengisyaratkan Anda untuk membuktikan tingkat kompetensi tertentu dalam berbahasa Inggris, dan tes IELTS atau TOEFL adalah cara untuk menunjukkan

16591