Informasi penting
Amerika Serikat: Keuangan

BIAYA KULIAH DI AMERIKA SERIKAT

Biaya Kuliah Di Amerika Serikat

Sistem pendidikan tinggi Amerika Serikat memang sangat dihormati oleh dunia, namun sistem tersebut sangat unik dan terkadang sulit untuk dipahami. Selain itu, biaya pendidikan di Negeri Paman Sam ini juga tergolong tinggi.

 

Pada saat ini, Pemerintah AS tidak menetapkan standar tertentu untuk biaya kuliah. Karena itu, tiap institusi memiliki kebebasan untuk menetapkan biaya kuliahnya sendiri. Biaya ini juga dapat berubah berdasarkan departemen-departemen yang ada di sebuah universitas, kebutuhan bursa kerja akan lulusan jurusan tertentu, biaya mata kuliah spesifik dan tingkat gaji yang diharapkan setelah mahasiswa lulus.

 

Ada beberapa jenis perguruan tinggi di AS: sektor publik, institusi pendidikan dua tahun yang disebut community college / technical college / city college,  universitas negeri dan universitas swasta. Seperti yang sudah disebutkan di atas, biaya kuliah bisa berbeda-beda berdasarkan banyak faktor. Meskipun begitu, perbedaan biaya antara jenis-jenis perguruan tinggi ini bisa menjadi tolok ukur bagi para mahasiswa internasional. Universitas swasta biasanya memiliki biaya paling mahal, diikuti oleh universitas negeri dan yang terakhir adalah community college.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Biaya-biaya yang tercantum di bawah ini adalah perkiraan umum; tim Hotcourses Indonesia menganjurkan agar kamu menghubungi institusi yang bersangkutan atau berkonsultasi dengan konselor IDP untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai biaya jurusan kuliah yang kamu inginkan.

 

Undergraduate (S1)


Berbeda dengan Inggris dan Eropa, beberapa bidang ilmu seperti hukum dan kedokteran tidak tersedia di tingkat S1 di AS. Untuk bidang ilmu seperti ini, mahasiswa harus terlebih dahulu menyelesaikan program S1 di bidang studi yang berkaitan (seperti program Bachelor of Arts atau Bachelor of Science) sebelum bisa mengambil jurusan yang mereka inginkan.

 

Biaya program S1 di AS sangat bervariasi dan bisa mencapai nominal yang cukup tinggi untuk mahasiswa internasional. Biaya di bawah ini mencerminkan biaya rata-rata biaya sekolah per tahun untuk mahasiswa internasional yang mengambil program sarjana di AS.

 

Perkiraan biaya kuliah S1 di Amerika Serikat - Hotcourses Indonesia

 

Di beberapa universitas, angka ini bahkan bisa melambung di atas USD50.000/tahun.

 

Kalau kamu mencari alternatif yang lebih murah, kamu bisa memilih  community college yang rata-rata memiliki biaya kuliah sebesar USD2.527/tahun. Kamu juga bisa mengajukan beasiswa untuk lebih menghemat biaya.

 

Para mahasiswa internasional yang belajar di sebuah community college akan lulus dengan Associate’s Degree dan bukan gelar Bachelor (sarjana).  Dengan kualifikasi ini, mereka dianggap telah menyelesaikan 2 tahun pertama perkuliahan tingkat sarjana. Karena itu, mereka bisa menggunakan gelar tersebut untuk pindah ke universitas lain dan melanjutkan kuliah selama 2-3 tahun demi mendapatkan gelar sarjana.

 

Perlu diingat bahwa banyak universitas AS memiliki opsi pendaftaran yang tidak mempertimbangkan situasi keuangan para pendaftar. Ini berarti bahwa proses penerimaan calon mahasiswa hanya dilakukan berdasarkan kemampuan akademis mereka. Karena itu, kamu harus mendapatkan informasi yang rinci mengenai hal ini dari situs web universitas pilihanmu atau konsultan pendidikan.

 

Postgraduate (Pascasarjana)

 

Biaya kuliah memang bisa berbeda-beda berdasarkan berbagai faktor. Namun pada umumnya program-program profesional seperti MBA, JD, atau MD lebih mahal daripada program master atau PhD. Ilustrasi di bawah ini mencerminkan biaya pascasarjana rata-rata per tahun untuk mahasiswa internasional di universitas negeri dan swasta.

 

Perkiraan biaya kuliah pascasarjana di Amerika Serikat - Hotcourses Indonesia

Perkiraan biaya kuliah PhD di Amerika Serikat - Hotcourses Indonesia

 

Selain biaya kuliah, kamu tentu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup dan biaya akomodasi di AS. Kedua biaya ini juga berbeda-beda untuk tiap negara bagian dan kota, serta sangat tergantung pada anggaran yang kamu miliki.

 

Sekali lagi, tim kami sangat menyarankan agar kamu menghubungi institusi yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai biaya jurusan kuliah yang kamu inginkan. Informasi ini tersedia di situs kami dan di prospektus / brosur universitas yang bisa kamu unduh secara gratis. Dengan mendaftar di situs kami, kamu juga bisa langsung menghubungi institusi pilihanmu dan mendapatkan konsultasi gratis dengan konselor IDP yang siap membantumu menemukan rincian biaya kuliah di universitas pilihanmu.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.