Informasi penting
Amerika Serikat: Keuangan - Wajib dibaca

MEMBIAYAI KULIAH DI AMERIKA SERIKAT

Membiayai Kuliah di Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah salah satu destinasi studi terpopuler bagi mahasiswa internasional. Karena itu, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kuliah di AS membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun sebelum kita membahas cara-cara untuk membiayai kuliah di negara ini, tim Hotcourses Indonesia akan membahas perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan.

 

Biaya Kuliah & Hidup Untuk Mahasiswa Internasional Di AS

 

Biaya kuliah di AS akan berbeda-beda tergantung dari lokasi dan institusi tempatmu belajar. Pada umumnya, biaya kuliah rata-rata per tahun untuk mahasiswa internasional tingkat S1 di universitas AS adalah USD 25.000 untuk universitas negeri dan USD 34.070 untuk universitas swasta. Detail lebih lengkapnya bisa kamu baca dalam panduan yang kami susun mengenai biaya kuliah di AS.

 

Selain biaya kuliah, kamu juga harus menyiapkan biaya hidup yang meliputi akomodasi, konsumsi, transportasi, buku, pakaian, kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain. Mahasiswa internasional rata-rata perlu mengeluarkan uang sebesar USD 10.000 - 12.000 per tahun untuk menutupi biaya hidup ini. Sama seperti biaya kuliah, besarnya biaya hidup akan bervariasi tergantung dari tempat kuliahmu.

 

Untungnya, kamu bisa mendapatkan bantuan pendanaan dari beberapa sumber untuk membiayai kuliah di AS. Langsung saja baca info mengenai sumber-sumber tersebut di bawah ini.

 

Keluarga

Keluarga adalah pihak terdekat yang bisa membantumu mendanai kuliah di AS - Hotcourses Indonesia

Keluarga adalah pihak terdekat yang bisa kamu mintai bantuan. Pastikan kamu sudah membicarakan segala sesuatunya dengan keluarga, seperti di mana kamu akan kuliah dan perkiraan jumlah dana yang dibutuhkan selama kuliah di sana. Dengan begitu, mereka bisa mempersiapkan biaya yang kamu butuhkan dari jauh-jauh hari.

 

Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia menyediakan berbagai beasiswa untuk kuliah di AS - Hotcourses Indonesia

Pemerintah Indonesia menawarkan berbagai program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri, seperti Beasiswa Kominfo dan LPDP. Perlu diingat bahwa beasiswa dari Pemerintah Indonesia biasanya mewajibkan penerimanya untuk kembali ke Indonesia agar ilmu yang didapatkan di luar negeri bisa digunakan untuk memajukan tanah air.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara!

 

Perusahaan

Berbagai perusahaan menawarkan program beasiswa untuk meningkatkan loyalitas dan kualitas karyawan - Hotcourses Indonesia

Banyak perusahaan besar menawarkan program beasiswa bagi karyawan mereka untuk melanjutkan pendidikan, biasanya untuk program pascasarjana. Tentunya hal ini menguntungkan bagi perusahaan, karena selain meningkatkan kemampuan karyawan, program ini juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan.

 

Bantuan Pendanaan Dan Beasiswa Dari Pemerintah & Organisasi Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki berbagai jenis bantuan pendanaan dan program beasiswa untuk mahasiswa internasional - Hotcourses Indonesia

Salah satu miskonsepsi terbesar yang beredar di kalangan mahasiswa internasional adalah anggapan bahwa Amerika Serikat hanya memberikan bantuan beasiswa bagi rakyat mereka saja. Sebenarnya, Pemerintah AS dan berbagai lembaga di sana juga menawarkan banyak bantuan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Amerika Serikat. Beberapa contohnya adalah Beasiswa Fulbright dan Community College Initiative Program.

 

Walaupun kuliah di Amerika Serikat membutuhkan biaya yang cukup besar, impianmu untuk kuliah di sana pasti bisa terwujud jika kamu melakukan perencanaan yang matang. Pastikan kamu mencari beasiswa melalui jalur yang tepat - jangan tertipu oleh pihak-pihak yang menawarkan beasiswa dengan syarat harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

 

Kalau kamu masih belum tahu mau kuliah di mana, coba saja alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik untukmu di AS berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Tertarik kuliah di mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas unggulan di luar negeri.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.