Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI LUAR NEGERI

822

Apa saja yang dipelajari dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan (Education & Training)? Pelajari program apa yang bisa kamu tekuni di bidang ini dan lowongan karir yang tersedia...

                            

Apa itu Education & Training?

 

Education & Training berhubungan dengan penyampaian pengetahuan atau keahlian kepada individual atau sekelompok orang. Bidang ini juga membahas bagaimana manusia belajar, terutama dalam mengingat dan menerapkan ilmu yang mereka pelajari, kemudian menggunakan atau mengembangkan metode tertentu untuk mendidik atau melatih orang lain. Bidang education & training sangatlah luas, tidak hanya terbatas pada pengajaran di dalam kelas, di sekolah, tetapi juga pelatihan, coaching (olahraga, ataupun nutrisi) dan pengajaran khusus (misalnya kepada anak-anak difabel).   

 

 

Mengapa kuliah Education & Training?

 

Pendidikan adalah topik penting di dunia – ada kelompok anti sosial, tetapi tidak ada kelompok anti-pendidikan. Setiap kali ada pemilihan politik, tokoh yang berpartisipasi pasti berjanji akan memajukan pendidikan, karena masyarakat peduli dengan pendidikan.

 

Pendidikan, walau terdengar sederhana, kenyataannya cukup rumit. Pengajar harus bisa menyampaikan pengetahuannya kepada murid, membuat mereka mengerti, dan membekali mereka dengan dasar untuk pembelajaran independen. Hal ini tidak gampang karena harus menyesuaikan dengan kondisi murid (daya tangkap, latar belakang, dll).

 

Perkuliahan bidang pendidikan dan training di luar negeri memberikan kesempatan praktek bagi mahasiswa, supaya mereka siap terjun ke dunia kerja yang sebenarnya begitu lulus. Tujuannya adalah supaya mahasiswa dapat mengetahui dan merasakan tantangan-tantangan riil dari karir di bidang pendidikan dan pelatihan, serta berkesempatan untuk menerapkan teori dan teknik yang dipelajari di kelas kuliah.

 

Perkuliahan bidang ini juga memberikan mahasiswa transferable skills, dimana mereka belajar untuk mengerti orang, bekerja sama, menyesuaikan diri dengan kondisi orang lain, jadi selain berkarir di bidang pendidikan dan pelatihan, para lulusan juga dapat berkarir di bidang lainnya.

 

 

Siapa yang cocok kuliah di bidang Education & Training?

 

Bidang ini cocok bagi mereka yang senang berinteraksi dengan orang lain, dan punya rasa ingin membantu yang tinggi. Jika kamu merasa senang melihat orang lain terbantu berkat usahamu dan memiliki kemampuan untuk membuat orang mengerti dengan apa yang ingin kamu sampaikan, mungkin kamu cocok dengan bidang ini.

 

Kesabaran dan keahlian komunikasi yang jelas, efisien dan ramah adalah kunci utama untuk penyampaian pendidikan yang berhasil.

 

Selain itu keahlian memotivasi orang dan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum juga sangat penting.

 

 

Kriteria untuk kuliah Education & Training

 

Bidang pendidikan dan pelatihan sangatlah luas. Kriteria yang diminta universitas tergantung jurusan yang ingin kamu pilih, misalnya pendidikan anak usia dini, pelatih olahraga, dan lain-lain. Terkadang dibutuhkan gelar bachelor (sarjana) di bidang yang bersangkutan. Jika sebelumnya telah lulus dari jurusan Psikologi juga akan membantu pendaftaran kamu diterima oleh universitas.

 

Jika sebelumnya telah memiliki pengalaman mengajar, baik itu mengajar anak-anak di kompleks rumah, hingga pernah mengajar di kelas kursus, jangan lupa dituliskan di personal statement sewaktu akan mendaftar ke universitas.

 

Disarankan untuk selalu mengkonfirmasi dengan universitas mengenai syarat pendaftaran yang diminta.

 

 

Jurusan yang bisa kamu ambil

Adult Education (Pendidikan Orang Dewasa)

CPD (Continuing Professional Development/Pengembangan Profesional Lanjutan)

Career Advice (Panduan Karir)

Childhood Education (Pendidikan Kanak-kanak)

Coaching (Pelatih)

Education Learning

Education Management

Education Research

Educational Psychology

Pedagogi

Special Education (Pendidikan Khusus)

Teacher Training PGCE

Specialised Teaching (Pengajaran dengan Kebutuhan Khusus)

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Education & Training

Pada umumnya para lulusan bekerja sebagai guru, pelatih, pembimbing, mentor, coach di berbagai bidang. Sebagian menjadi guru bagi kaum difabel. Lulusan bidang ini juga dapat bekerja di bidang manajemen dan riset untuk mengontrol dan meningkatkan mutu pengajaran.  

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS