Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

5 tips untuk mempelajari bahasa asing di luar negeri

5776
Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa asing adalah membaurkan diri di negara yang berbahasa asing tersebut. Misalnya Anda ingin berbahasa Inggris dengan lancar, maka dengan kuliah di Amerika atau negara lain yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.
 
Pertama-tama, mari kita pikirkan mengapa kita lancar dalam bahasa ibu? Tentu saja karena sekeliling kita menggunakannya. Sejak kecil kita tinggal di lingkungan dimana kita bisa mendengarkan bahasa ibu kita setiap hari, kemudian pelan-pelan kita mulai belajar berbicara, dan akhirnya mengenal huruf, membaca dan menulis, sehingga kita lancar menggunakan bahasa tersebut sekarang.
 
Teori yang sama juga berlaku untuk mempelajari bahasa asing. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda untuk menguasai bahasa asing dengan lebih baik:
 
Ingat akan komponen bahasa
Komponen bahasa terdiri dari mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Pertama-tama tentu harus dimulai dari mendengarkan terlebih dahulu. Semakin Anda membiasakan diri untuk mendengarkan bahasa asing, Anda akan menangkap lebih banyak, walaupun mungkin masih sulit untuk mengutarakannya dari mulut Anda, tetapi jangan menyerah. Itulah sebabnya mengapa dengan tinggal di lingkungan yang berbahasa asing akan membantu kemampuan mendengarkan, karena di lingkungan tersebut, semua orang menggunakan bahasa asing. Begitu sudah terbiasa mendengarkan, secara tidak sadar kemampuan untuk berbicara akan lebih lancar, dan tentu saja itu akan membantu kemampuan dalam membaca dan menulis.
 
Bersabar
Banyak yang malu untuk memulai percakapan dengan warga lokal karena tidak percaya diri dengan kemampuan berbahasa asing mereka. Terkadang ada yang merasa berbicara dengan bahasa yang terlalu sederhana terdengar seperti anak-anak. Akan tetapi, tanpa memulai tidak akan mendapatkan hasil. Mulailah berbicara dengan bahasa yang sederhana. Percayalah dengan semakin banyak latihan, tingkat bahasa Anda juga akan meningkat dengan sendirinya.
 
Ikuti pelajaran di kelas dengan baik
Pelajaran di kelas bisa saja membosankan, dan kurang efektif jika dibandingkan dengan bersosialisasi langsung dengan warga lokal. Tetapi itu tidak berarti Anda boleh mengabaikan pelajaran di kelas. Terapkanlah apa yang telah dipelajari di kelas ke dalam percakapan sehari-hari, dan pengalaman tersebut akan membantu prestasi Anda di kelas. Bahasa tidak terlepas dari budaya dan kebiasaan setempat. Dengan mengenal kedua hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih mengerti bahasa asing. Oleh karena itu pelajaran dalam kelas dan pelajaran yang didapatkan dari bersosialisasi sesungguhnya saling mendukung dan akan meningkatkan kelancaran berbahasa asing Anda dengan lebih cepat.
 
Buatlah catatan
Begitu menemukan kata atau kalimat dan frase yang tidak Anda pahami, Anda bisa membuat catatan dan kemudian menanyakannya kepada guru Anda. Dan sebaliknya jika ada struktur kalimat atau penggunaan bahasa yang susah Anda pahami di ruang kelas, Anda bisa menanyakannya kepada warga lokal. Mereka bisa saja memberikan contoh yang lebih mudah dipahami dari penggunaan di percakapan sehari-hari. Anda bisa membuat catatan dimana saja, di kertas, perekam, atau yang paling praktis sekarang adalah dengan smartphone. Anda bisa membuat catatan di aplikasi notes, ataupun merekam langsung dari smartphone Anda.
 
Jadilah pendengar yang baik
Terkadang kita terburu-buru untuk mempraktekkan keahlian berbicara kita sehingga lupa untuk mendengarkan. Bahasa asing apa saja dibedakan dalam berbagai tingkatan, mulai dari bahasa informal hingga bahasa formal, semuanya perlu dimulai dari mendengarkan. Jika Anda merasa Anda sudah cukup fasih dengan bahasa tingkat dasar, lanjutkanlah ke tingkat menengah, dan seterusnya. Setiap tahap selalu dimulai dari mendengarkan terlebih dahulu.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS