Informasi penting
Singapura: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

BIAYA KULIAH DI SINGAPURA

53179
Hal yang disayangkan adalah bahwa untuk menikmati pesona Singapura tidaklah murah. Selain biaya hidup yang tinggi, biaya kuliah bagi mahasiswa internasional juga cenderung mahal. Namun jangan biarkan fakta tersebut menjadi halangan: beragam pilihan beasiswa dan subsidi bagi mahasiswa dapat diusahakan demi pembiayaan perkuliahan Anda. Kami berharap dengan petunjuk ini, Anda dapat menikmati hidup metropolitan dan peristiwa-peristiwa besar dunia yang terjadi di Singapura.
 
Untuk tingkat manapun, seluruh mahasiswa diwajibkan mengajukan aplikasi izin mahasiswa kepada Immigration and Checkpoints Authority (ICA) dalam waktu 2 minggu setelah menerima pemberitahuan penerimaan masuk universitas. Surat izin ini berbiaya SGD 90 (US$ 71.50).
 
Berikut adalah petunjuk mengenai besaran biaya yang dibutuhkan; kami selalu menganjurkan Anda untuk memeriksa kembali dengan institusi atau universitas bersangkutan mengenai biaya yang sebenarnya dari jurusan yang Anda inginkan.
 
Program Sarjana
 
Selayaknya biaya hidup di Singapura, biaya kuliah bagi mahasiswa internasional cukup mahal, dan beragam tergantung dari universitas dan jurusan yang dipilih. Terdapat berbagai biaya tambahan yang dibutuhkan mahasiswa internasional tergantung dari universitas, seperti biaya layanan mahasiswa, asuransi kesehatan, dan biaya administrasi lainnya. Rata-rata biaya kuliah tingkat sarjana berkisar antara SGD 13,730-SGD 40,010 (US$ 10,885-US$ 31,719) per tahun.
 
Sebagai contoh, mahasiswa internasional di National University of Singapore membutuhkan biaya per jurusan tahun akademik 2013/2014 sebagai berikut:
Mahasiswa internasional dapat mengajukan aplikasi beasiswa yang didanai oleh Kementrian Pendidikan untuk bantuan pembiayaan perkuliahan. Mahasiswa tidak perlu mengembalikan dana beasiswa tersebut, namun mereka berkewajiban bekerja di Singapura selama berkuliah sebagai gantinya. Periode waktu bekerja mahasiswa internasional lebih lama bila dibandingkan dengan warga negara Singapura sendiri.
 
Program Pascasarjana
 
Biaya kuliah program pascasarjana tidaklah lebih murah, dan seringkali disusun atas beberapa komponen biaya dasar yang berbeda dari satu universitas dengan universitas lainnya. Sebagai contoh, biaya pendaftaran umumnya dikenakan sebesar SGD 150 (US$ 119), namun tidak seragam. Anda juga cenderung harus membayar biaya matrikulasi awal sebesar SGD 50 (US$ 40) dan biaya ujian dengan kisaran SGD 200- SGD 500 (US$ 159- US$ 397), fasilitas tahunan SGD 10- SGD 20 (US$ 8- US$ 15.90), biaya komputer SGD 10- SGD 20 (US$ 8- US$ 15.90), dan biaya asuransi kesehatan yang tidak tetap. Biaya perkuliahan per tahun membutuhkan kurang lebih SGD 20,000- SGD 54,000 (US$ 15,855- US$ 42,810) bergantung dari pilihan jurusan dan universitas.
 
Untuk tahun akademik 2013/2014 National University of Singapore mengenakan biaya sebagai berikut, per jurusan:
Mahasiswa internasional yang tidak mendapatkan penawaran beasiswa, dapat mengajukan aplikasi dana subsidi pemerintah seperti yang ditawarkan pada program sarjana. Mahasiswa ini berkewajiban dalam persetujuan layanan dengan Kementrian Pendidikan, dimana Anda akan bekerja di perusahaan yang berlokasi di Singapura selama 3 tahun masa kuliah.
 
Subsidi yang diberikan umumnya berkisar antara SGD 5,000-SGD 40,000 (US$ 3964-US$ 31,711) tergantung dari jurusan. Singapore University of Technology and Design contohnya, menawarkan beasiswa penuh untuk program master yang mencakup gaji bulanan dan asuransi medis, dan selengkapnya dapat dilihat secara online.
 
Sekali lagi, kami selalu menganjurkan Anda untuk mengkonfirmasi biaya perkuliahan per jurusan dengan universitas yang bersangkutan. Informasi ini tersedia di situs kami atau Anda dapat menghubungi universitas tersebut melalui kami.

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS