Informasi penting
Study abroad: Before you leave

10 CARA MENCARI TEMAN SAAT BELAJAR DI LUAR NEGERI

share image
99

Jika kamu sudah memutuskan untuk belajar di luar negeri dan khawatir untuk mencari teman baru, kamu akan kesulitan dalam banyak hal. Menjadi mahasiswa baru memang menegangkan bagi beberapa orang, apalagi jika kamu belajar di luar negeri. Tetapi jika kamu memiliki sekelompok teman yang hebat, pengalaman belajar di luar negeri bisa menjadi salah satu yang terbaik dalam hidup kamu.

 

Belajar di luar negeri memberi kamu kesempatan untuk bertemu orang-orang dari seluruh dunia, dan membuat kamu siap untuk sepenuhnya mengalami tujuan baru. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu mencari teman dan memanfaatkan kehidupan universitas kamu yang baru ...

 

1. Bergabung dengan Klub di Universitas

 

Untungnya, ada klub untuk semua orang di universitas, dari tim olahraga dan drama hingga hobi lainnya. Ini memberi kamu kesempatan terbaik untuk bertemu orang lain yang juga mencari teman. Yang terbaik adalah, kamu sudah memiliki kesamaan dengan orang-orang yang kamu temui, sehingga kamu bisa  membuka percakapan yang ideal. Dan biasanya masyarakat akan menjadi tuan rumah banyak pertemuan, sehingga kamu dapat mengenal semua orang dengan lebih baik sambil mengikat minat bersama. 

 

2. Hadiri Banyak Event

 

Manfaatkan sebanyak mungkin minggu-minggu pertama kamu  di universitas. Gank atau Grup pertemanan belum sepenuhnya terbentuk, jadi hadirilah event-event yang ada karena itu adalah waktu terbaik untuk mencari teman. Meskipun tidak semua siswa sama seperti kamu, namun sebagian besar dari mereka juga meninggalkan rumah untuk pertama kalinya dan akan sama semangatnya untuk menemukan wajah ramah seperti kamu.

 

3. Tinggal di Akomodasi Siswa

 

Memilih tinggal di asrama siswa adalah cara terbaik untuk tinggal dekat dengan banyak siswa lain. Sebagian besar properti akan memiliki ruang komunal bersama untuk nongkrong, dan terdapat banyak komite sosial residen yang mengatur pertemuan menyenangkan untuk semua siswa.

 

 

4. Bukalah Pintu Selebar-lebarnya

 

Permudah orang untuk berkunjung dengan membiarkan pintu kamar asrama kamu terbuka selebar-lebarnya. Orang-orang akan lebih cenderung untuk mampir dan berkenalan denganmu. Kamu dapat mengenal tetangga baru kamu sambil minum kopi dan mengobrol tentang kelas kamu sepanjang hari. Ini adalah cara yang bagus untuk berkenalan & bersantai setelah seharian di kampus. 

 

5. Mengadakan Makan Malam Bersama

 

Mengapa tidak menjadikan makan malam sebagai kegiatan bersama di rumah baru kamu? Ini alasan sempurna untuk mengeluarkan semua orang dari kamar mereka dan bersenang-senang. Jika kamu bukan koki yang percaya diri, jangan panik! Bergantian memasak dengan teman seasrama kamu adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih akrab satu sama lain. Kebanyakan orang akan dengan senang hati membagikan sesuatu yang sederhana, terutama jika kamu berbagi hidangan dari negara asal kamu.

 

 

6. Bertemanlah di Berbagai Tempat

 

Sangat bagus jika kamu membangun sekelompok teman yang luar biasa di universitas. Tetapi kamu harus mencoba dan membuat beberapa lingkaran persahabatan di berbagai bidang kehidupan siswa kamu, seperti orang-orang dari kelas kamu, di klub tempat kamu bergabung dan di akomodasi tempat kamu tinggal. Memiliki teman di banyak tempat akan membuat kamu selalu memiliki seseorang untuk dihubungi, dan menjamin kamu tidak akan pernah memiliki waktu yang membosankan!

 

7. Jangan Asik Sendiri

 

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bersembunyi di kamar kamu, bahkan jika kamu telah menghiasinya agar terlihat menarik. Salah satu bagian terbaik dari universitas adalah bekerja dengan siswa lain, dalam kelompok belajar atau proyek bersama. Ketika kamu diberi tugas kelompok, jangan hanya memilih untuk bekerja sama dengan sesama siswa internasional, cobalah dan temukan beberapa siswa lokal untuk bermitra. Kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengobrol, menghasilkan ide-ide hebat dan merayakannya bersama.

 

8. Gunakan Media Sosial

 

Jangan malu-malu untuk menjangkau teman sekelas dan teman baru kamu di media sosial. Ini cara yang bagus untuk mencari tahu apa yang sedang dilakukan orang lain dan bergabung dengan mereka! Halaman Facebook Universitas dan akun Twitter dapat membantu kamu menemukan teman baru dan juga memberi tahu kamu acara apa yang akan datang, sehingga kamu dapat memastikan kamu punya waktu untuk hadir dan… make a new friends!

 

 

9. Bersikaplah Terbuka

 

Meskipun kamu mungkin berpikir kamu tahu siapa 'tipe' teman kamu, jangan biarkan itu menyempitkan pikiran kamu. Universitas penuh dengan semua jenis orang yang berbeda dan kamu tidak boleh membuat penilaian cepat tentang siapa pun sebelum mengenal mereka. Persahabatan dapat muncul di tempat-tempat yang paling tidak mungkin.

 

10. Berani Keluar dari Zona Nyaman

 

Universitas adalah tempat dimana kamu mendapat pengalaman baru dan ini memberi kamu kesempatan untuk bertemu orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Jadi keluarlah dari zona nyaman kamu. Siswa adalah kelompok yang mudah bergaul, dan kamu akan terkejut dengan betapa mudahnya kamu menjalin pertemanan seumur hidup, begitu kamu memberi diri kamu sedikit dorongan.

 

 

 

Baca juga:

5 LANGKAH PENTING UNTUK MENCARI JURUSAN DAN MENDAFTAR KULIAH LUAR NEGERI

5 TIPS UNTUK MENGATASI STRESS SAAT UJIAN

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca