Informasi penting
Study abroad: Before you leave

3 ALASAN MENGAPA BELAJAR JURNALISME DI LUAR NEGERI

share image
63

1.Mengapa Belajar Jurnalistik di Luar Negeri?

 

Kamu akan mendapatkan pemahaman budaya dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan kepercayaan baru yang diperlukan untuk pelaporan kualitas. Jurnalis sering bekerja di lingkungan yang cepat (dan kadang-kadang berbahaya), tidak menyisakan waktu bagi kepercayaan atau penilaian pribadi untuk menghalangi penyelesaian tugas.

 

Dengan menemui tempat dan budaya baru, kamu akan memiliki perspektif baru yang akan sangat berharga. Mengamati peristiwa-peristiwa yang terjadi dengan mata sendiri memberi para jurnalis pengalaman yang tak terukur yang dibutuhkan ketika melaporkan berita secara akurat.

 

 

2. Program

 

Mempelajari jurnalistik di luar negeri akan memaksa kamu keluar dari zona nyaman kamu, ini adalah hal  yang harus kamu biasakan. Pergi ke luar negeri akan memberi kamu perspektif baru tentang dunia dan akan membentuk gaya pelaporan profesional kamu. 

 

Ada beberapa jenis program jurnalistik yang akan tersedia untuk kamu pelajari. Program studi jurnalistik di luar negeri dapat terdiri dari beragam topik yang mencakup pelaporan, fotografi, dan videografi, serta beragam kelas analisis multimedia. Dunia jurnalistik perlahan-lahan berubah menjadi platform berlapis-lapis, sehingga pendidikan menyeluruh di bidang ini sangat penting untuk memahami banyak segi dan seluk beluknya.

 

Beberapa program favorit jurusan jurnalistik di luar negeri:

 

Siaran

Saat mencari program belajar di luar negeri dalam penyiaran, pastikan kamu menemukan satu hal yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman melalui program televisi atau radio yang dikelola siswa. Jenis program ini sangat bagus untuk siswa yang dapat bekerja di bawah tekanan dan tidak takut untuk mendekati orang lain.

 


 

Jurnalis Foto

Ketika kamu  belajar foto jurnalistik di luar negeri, tugas kamu akan menunjukkan proses pembuatan foto berita dan esai foto. Kamu akan belajar bagaimana foto kamu dapat membuat dampak. Jika kamu terinspirasi oleh aspek visual jurnalisme, program jenis ini akan sangat baik untuk kamu.

 

Koresponden asing

Apa cara yang lebih baik untuk menunjukkan kemampuan kamu sebagai koresponden asing kepada atasan kamu? Alami kehidupan jurnalis global sambil belajar dari para veteran di lapangan. Sama seperti yang kamu lakukan dengan program yang berfokus pada penyiaran, pastikan kamu menemukan program yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman langsung. 

 

3. Lokasi

 

Ada banyak sekolah jurnalistik berperingkat tinggi di seluruh dunia, jadi yakinlah bahwa kamu akan memiliki akses ke universitas mana pun untuk belajar jurnalistik. Hal paling penting untuk dipertimbangkan ketika membuat keputusan ini adalah tujuan mana yang paling menarik minat kamu, karena jurusan jurnalistik akan dipengaruhi juga oleh lingkungan kam nantinya. Berikut destinasi populer jurusan jurnalistik:

 

Eropa

Inggris memiliki banyak sekolah jurnalistik paling terkenal di dunia, sebagai nilai tambah, kamu akan dapat melatih keterampilan menulis kamu tanpa harus bersaing dengan bahasa asing! Jika kamu memilih untuk belajar jurnalistik di Inggris, kamu akan mendapatkan banyak wawasan tentang budaya dan peristiwa terkini di Eropa.

Prancis dan Rusia juga merupakan tujuan yang bagus untuk dipertimbangkan oleh mahasiswa jurnalistik di Eropa.

 

 

Australia

Australia adalah tujuan unik yang harus kamu pertimbangkan jika ingin belajar di luar negeri. Sydney memiliki beberapa universitas dengan program jurnalistik berperingkat tinggi, dan kamu bahkan mungkin mendapatkan kesempatan untuk magang di sebuah surat kabar di kota.

 

Asia 

Belajar di Asia adalah petualangan nyata. Meskipun kendala bahasa mungkin membuat sulit bagi banyak orang untuk menulis, namun jika kamu memiliki pengalaman dengan bahasa Mandarin, Jepang, atau bahasa Asia lainnya, pengalaman ini benar-benar dapat meningkatkan studi kamu loh!

 

 

 

Baca juga:

KULIAH JURUSAN KOMUNIKASI DI ASIA

10 TEMPAT KULIAH TERBAIK DI EROPA MENURUT MAHASISWA

KUMPULAN BEASISWA KULIAH DI AUSTRALIA

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca