Informasi penting
Study abroad: Before you leave

BEASISWA, BURSARY DAN GRANTS: PANDUAN TIPE BANTUAN KEUANGAN

share image
141

Kamu mungkin tidak menyadarinya tetapi ada banyak bentuk bantuan keuangan yang berbeda untuk siswa internasional. Kamu hanya perlu melakukan riset untuk menemukan peluang ini. Namun, tipe ini sering memiliki nama yang sedikit berbeda dari satu negara ke negara lain, sambil merujuk pada penghargaan untuk siswa yang belajar di berbagai tingkatan, masing-masing dengan syarat dan ketentuan mereka sendiri, sangat membingungkan, bukan?

 

Di bawah ini kami akan menjawab semua rasa kebingungan kamu, menguraikan apa yang dimaksud dari masing-masing jenis bantuan keuangan sehingga kamu dapat mengejar tipe bantuan keuangan apa yang dapat membantu kamu:

 

Beasiswa akademik

Beasiswa akademik adalah yayasan yang memberikan bantuan keuangan kepada siswa. Beasiswa pada dasarnya adalah uang yang diberikan untuk biaya pendidikan tinggi (baik seluruhnya atau sebagian). Ada berbagai cara untuk mencapai beasiswa, karena mereka dapat diberikan berdasarkan prestasi akademik siswa saat ini, potensi mereka di masa depan atau untuk layanan luar biasa tertentu yang telah mereka berikan kepada komunitas lokal mereka.

 

Beasiswa olahraga

Juga dikenal sebagai 'beasiswa atletik', penghargaan bantuan keuangan ini diberikan kepada mereka yang menunjukkan keterampilan luar biasa dalam satu atau berbagai olahraga. Beasiswa olahraga terutama tersedia di Amerika di mana olahraga kampus sangat populer dan dapat mendatangkan pendapatan besar bagi institusi melalui penjualan tiket permainan, barang dagangan, dll. Selain tampil dengan standar tertentu di lapangan, siswa yang mendapat beasiswa olahraga juga harus mempertahankan nilai mereka, jika mereka gagal melakukannya, maka mereka dapat kehilangan beasiswa mereka.

 

 

 

 

BURSARY

Bursary adalah penghargaan bantuan keuangan yang dibuat oleh lembaga atau kelompok akademis lainnya untuk membantu pendidikan siswa. Istilah 'bursary' terutama digunakan sebagai kata ganti 'beasiswa' di Inggris. Bursary juga didasarkan pada kebutuhan pelamar, sedangkan beasiswa biasanya berbasis kinerja. Ini berarti lembaga atau badan pemberi penghargaan akan melihat latar belakang siswa dan status keuangan keluarga mereka. Bursary tidak memerlukan pelunasan setelah lulus.

 

FELLOWSHIP

Di masa lalu, 'fellowship' adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok individu yang diberi kesempatan untuk bekerja sebagai teman sejawat dalam mengejar studi tertentu atau fokus pengetahuan. Di banyak negara berbahasa Inggris, istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang telah mencapai elit akademi, biasanya tingkat PhD. Dalam hal beasiswa, beasiswa sering kali merupakan penghargaan finansial yang sangat bergengsi bagi siswa berdasarkan prestasi akademik yang memungkinkan mereka untuk melakukan penelitian di sebuah institusi, biasanya mereka harus mengusulkan tesis mereka, apa yang ingin mereka pelajari dan mengapa itu berharga bagi mereka.

 

Grants

'Grants' adalah istilah khusus yang digunakan untuk beberapa jenis beasiswa, bursary, dan bahkan fellowship. Perbedaannya adalah bahwa grants diberikan oleh perusahaan pemerintah, yayasan atau kepercayaan kepada siswa. Di Amerika, mungkin ada grants yang diberikan kepada siswa di mana siswa harus membayar uang kembali setelah lulus dalam beberapa kasus, tetapi dengan grants di negara lain tidak demikian. Bergantung pada badan pemerintah yang berbeda, bervariasi mengenai apakah siswa akan menerima grants bantuan keuangan yang disubsidi (tidak perlu dibayar kembali) atau tidak disubsidi (perlu dilunasi). Pastikan untuk membaca cetakan kecil! Seringkali ini diberikan oleh sebuah perusahaan dengan harapan bahwa suatu hari siswa bergabung dengan mereka dalam peran resmi setelah lulus, sehingga menerima grants dapat menjadi langkah yang sangat baik di masa depan.

 

Pinjaman

Ini adalah satu-satunya opsi bantuan keuangan yang akan selalu mengharapkan pembayaran kembali. Pinjaman bukanlah bantuan keuangan gratis, tetapi hanya 'kredit' yang mengakumulasi bunga, yang pada akhirnya menyebabkan peminjam berutang lebih dari jumlah awal yang digunakan, namun setelah kamu  menyelesaikan studi kamu, kamu harus menerima penghasilan yang akan membantu pembayaran. Pelajar domestik di Inggris mengambil pinjaman pelajar meskipun ini tidak selalu tersedia untuk pelajar internasional. Beberapa bank akan menawarkan pinjaman kepada siswa untuk studi mereka, meskipun ini akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk siapa bank kamu dan bagaimana kebijakan mereka, status keuangan kamu (atau keluarga kamu) dan banyak lagi.

 

Apa pun yang kamu putuskan, sangat penting untuk mengetahui bahwa ada berbagai pilihan bantuan keuangan yang tersedia untuk siswa internasional. Pastikan untuk membaca semua kondisi dan harapan sebelum kamu menerapkan atau menerima bantuan keuangan apa pun. Sementara itu, mendapatkan "uang gratis" terdengar luar biasa, tetapi butuh banyak kerja keras untuk mendapatkan hadiah akhir itu (terutama yang sangat menguntungkan) jadi bersiaplah untuk bekerja keras!

 

 

Baca juga:

BIAYA KULIAH DAN BEASISWA JURUSAN AKUNTANSI

TIPS DAN INFORMASI BEASISWA DI CINA

KUMPULAN BEASISWA KULIAH DI AUSTRALIA

 

Sumber:

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca