Informasi penting
Study abroad: Before you leave

KAMPUS LUAR NEGERI PILIHAN JURUSAN PSIKOLOGI DAN PROSPEK KARIRNYA

JURUSAN PSIKOLOGI DAN PROSPEK KARIRNYA

Kesalahpahaman umum tentang Psikologi adalah tentang 'membaca pikiran', bahwa psikolog dapat mengetahui apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain. 

 

Tujuan psikologi adalah menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan perilaku dan proses mental. Ketika kamu mengambil jurusan psikologi, harus dipahami juga bahwa banyak bidang-bidang  dan spesialisasi dalam jurusan yang luas ini. Bidang-bidang psikologi ini meliputi statistik, organisasi / industri, klinis, ilmu saraf, kognitif, perilaku, sosial, perkembangan, dan pendidikan.

 


 

Kampus Pilihan Jurusan Psikologi

 

Ada hampir 2.000 institusi di seluruh dunia yang menawarkan gelar sarjana dalam subjek dan bidang studi terkait, berikut beberapa yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

 

College of Saint Rose di Albany, New York, AS menawarkan gelar Bachelor of Science dalam Psikologi yang berfokus pada apresiasi holistik manusia melalui pemahaman tentang interaksi antara faktor kognitif, sosial, emosional, dan biologis. Siswa juga dapat melanjutkan studi pascasarjana dalam berbagai bidang seperti psikologi, bisnis, konseling, pekerjaan sosial, atau studi wanita dan gender "atau" memasuki karir dalam layanan manusia, bisnis dan industri.

 

Di Wales, Universitas Aberystwyth menawarkan konsentrasi bagi mereka yang tertarik pada psikologi kriminal, dengan Psikologi dan Kriminologi BSc (Hons). Gelar ini memungkinkan siswa untuk mempelajari otak, pikiran dan perilaku untuk menemukan alasan mengapa orang melakukan kejahatan dan dampak sosial budaya dari kejahatan.

 

University of Adelaide memiliki fokus yang kuat pada sains di balik pikiran manusia dengan gelar Bachelor of Psychological Science. Gelar dasar yang komprehensif dalam psikologi serta memberikan pilihan lebih dari 20 jurusan dan pilihan dari berbagai disiplin ilmu di seluruh Universitas dan mempersiapkan lulusan untuk berbagai karir menarik yang membutuhkan pemecahan masalah, pemikiran kritis dan pemahaman perilaku manusia. 

 

 


 

Prospek Karir Jurusan Psikologi

 

Jumlah lulusan Psikologi cukup banyak, dan hanya sebagian kecil yang akan menjadi Psikolog terdaftar. Untuk mengejar karir ini membutuhkan setidaknya gelar Master, dan akreditasi profesional. Untuk mencapai titik ini dibutuhkan kerja keras dan dedikasi selama bertahun-tahun. Penting juga untuk memikirkan bidang Psikologi yang mungkin kamu pilih untuk menjadi spesialisasi.

 

Kamu mungkin lebih tertarik pada Psikologi Kognitif, yang berfokus pada bahasa, memori, pemahaman dan pemecahan masalah, dibandingkan dengan Psikologi Perkembangan, yang bersangkutan dengan perubahan yang terjadi pada pikiran seseorang selama hidupnya.

 

 

 

Hal yang sama juga berlaku untuk bidang terapi, psikoterapi, dan konseling. Sarjana Psikologi adalah awal yang baik untuk mendapatkan karir di bidang ini, tetapi studi lebih lanjut juga merupakan kebutuhan. Di Inggris, misalnya, jumlah lulusan yang bekerja setelah enam bulan kelulusan relatif rendah (63,7%), tetapi 16,2% melanjutkan studi, dan 8,6% bekerja dan belajar (Psikologi membutuhkan banyak pengalaman praktis, jadi bekerja dan belajar adalah jalur yang umum).

 

 

 

Meskipun demikian, daya tarik karier di bidang-bidang ini jelas, dan ada alasan mengapa begitu banyak orang menempuh jalur ini. Karier ini melibatkan perubahan besar pada kehidupan masyarakat, sangat dihormati, dan gajinya cukup besar. Namun gelar dalam Psikologi juga memberi lulusan banyak keterampilan yang dapat berkerja pada bidang di luar Psikologi, dari perawatan hingga pengajaran - pilihannya luas seperti dibawah ini:

 

  • Psikolog Klinis

  • Konselor

  • Manajer Sumber Daya Manusia

  • Peneliti Pasar

  • Spesialis Rehabilitasi

 

 

Wajib dibaca