Informasi penting
Study abroad: Before you leave

MENGENAL LEBIH JAUH METODE KULIAH 'ONLINE DULU, DI KAMPUS KEMUDIAN’

share image

Pandemi virus korona tidak diragukan lagi telah mengubah cara dunia bekerja, tetapi kita perlahan-lahan belajar untuk beradaptasi. Ini juga mempengaruhi sektor pendidikan tinggi. Namun, metode baru sedang dikembangkan untuk menyesuaikan diri dengan kenormalan baru. Improvisasi teknik dan teknologi yang sudah ada bertujuan untuk memastikan pengalaman akademik yang tidak berhenti bagi siswa.

 

Beberapa universitas berniat untuk membuka gerbang mereka untuk pembelajaran di kampus pada awal musim gugur 2020, yang lain telah memutuskan bahwa cara terbaik untuk pergi untuk sementara adalah online. Ada beberapa yang masih memutuskan rencana tindakan mereka, namun, salah satu pendekatan yang lebih umum universitas telah memutuskan untuk dilakukan adalah model 'online dulu, di kampus kemudian’. Kami mempelajari sedikit lebih dalam tentang apa yang dibutuhkan dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi rencana studimu.

 

 

Apa yang dimaksud ‘online dulu, di kampus nanti’?

Prospek belajar di luar negeri atau bahkan kuliah mungkin terlihat tidak mungkin saat ini. Bagaimana jika kamu ditawari kesempatan untuk memulai studi secara online dan pindah ke pembelajaran di kampus begitu keadaan memungkinkan? Dengan begitu, studi kamu tidak akan terganggu, dan masih memiliki kesempatan untuk belajar di kampus.

 

Walaupun sekitar 69 persen siswa menyukai pembelajaran tatap muka, 31 persen siswa internasional menunjukkan bahwa mereka akan senang memulai secara online dan beralih ke pembelajaran di kampus pada tahap selanjutnya. Ditambah lagi dengan fakta ini bahwa 69 persen dari siswa internasional mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk memulai studi mereka seperti yang direncanakan pada tahun 2020 (Survei Siswa IDP Connect). Universitas-universitas di Inggris, Selandia Baru, Australia dan AS telah berkomitmen untuk terus mengadakan proses belajar tahun ini, dengan pilihan pembelajaran online dan berencana untuk fase kembali ke kampus

 

 

 

 

 

Apa yang membedakan metode baru dengan pembelajaran online dan pembelajaran hybrid?

 

Pembelajaran hibrid menggabungkan ruang kelas langsung dengan aktivitas belajar jarak jauh. Beberapa siswa menghadiri kelas-kelas di kampus, sementara yang lain menghadiri kelas dari jarak jauh secara jarak jauh. Metode ini sangat memperluas jangkauan pembelajaran. Model pembelajaran online melibatkan pengajaran, pembelajaran, dan penyampaian program atau kursus secara online dan eksklusif. Dalam hal ini tidak ada kehadiran fisik di kampus.

 

Jadi apa metode 'online dulu, di kampus kemudian’? Metode ini mengacu pada kedua metode yang disebutkan di atas. Dimulai dari pembelajaran online secara eksklusif dan semua kegiatan belajar mengajar terjadi secara online, didukung oleh materi, bahan dan penilaian, yang terbungkus melalui sistem manajemen pembelajaran. Tentu saja akan ada penyesuaian, mengingat prospek melanjutkan pembelajaran di kampus akan dilakukan setelahnya.

 

Selain penyediaan program dan kursus, kegiatan belajar virtual juga dibuat untuk meningkatkan pengalaman siswa dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Setelah universitas siap untuk bertransisi ke pembelajaran tatap muka, kamu akan dapat bergabung dengan kelas di kampus. Ini berarti bahwa institusi tersebut siap untuk menerima siswa secara bertahap dan dukungan untuk mode pembelajaran yang berbeda, baik itu menangani kelas online atau membuat transisi ke pembelajaran kelas di kampus.

 

Universitas Cambridge, Community College District San Mateo County dan California State University adalah beberapa lembaga yang telah menyatakan bahwa semester musim gugur mereka akan dilakukan secara online. Ini bertujuan untuk membatasi paparan yang dimiliki siswa dan staf terhadap virus. Semua kuliah berlangsung online, tetapi beberapa universitas seperti University of Cambridge mungkin mengizinkan kegiatan di kampus secara terbatas, seperti lokakarya kecil dan training, di bawah protokol yang ketat.

 

 

Institusi mana yang menerapkan 'online dulu, di kampus kemudian’?

 

La Trobe University di Australia adalah contoh dari sebuah universitas yang telah memutuskan untuk mengadopsi metode ini dan memulai kelas mereka secara online. Universitas akan memberikan konten kursus yang sama seperti yang akan mereka lakukan di kampus. Siswa akan diberikan akses ke materi pembelajaran secara online. Mereka juga memiliki situs web perpustakaan untuk diakses siswa jika mereka ingin merujuk ke jurnal dan makalah penelitian.

 

Lembaga ini telah merancang programnya dengan tujuan agar pembelajaran online akan mempersiapkan siswa untuk pengajaran di kampus dan membekali mereka dengan keterampilan yang relevan. Mereka juga fokus pada aktivitas ikatan seperti ‘malam film virtual’ sehingga siswa dapat mengenal teman-teman mereka dan membangun jaringan teman pada saat mereka beralih ke kelas di kampus.

 

Fokus juga akan diberikan pada fasilitas kesehatan dan fasilitas di dalam kampus sebelum siswa datang ke kampus, sehingga mereka siap secara memadai. 

 

 

Akreditasi dan jaminan kualitas dari program pembelajaran tetap penting. Contoh lain dari institusi yang mengadopsi model ini adalah Green River College di AS, yang saat ini meminta siswa untuk tinggal di rumah dan belajar secara online, kemudian bergabung di kampus. University of Sydney mengundang aplikasi untuk semester dua dan mereka akan memulai kelas online. Kuliah tatap muka akan menyusul nanti.


 

Dalam survei terbaru terhadap universitas-universitas Inggris, 97 persen institusi menunjukkan komitmen mereka untuk menyediakan kesempatan belajar bagi para siswa dan mengembalikan mahasiswa pascasarjana ke kampus pada bulan Januari 2021 jika memungkinkan.

 

Tips nomor satu dari kami adalah melakukan sebanyak mungkin riset tentang calon universitas dan berkomunikasi secara efektif dengan mereka.

 

 

Apa manfaat dari model baru ini?

 

Manfaat utama adalah bahwa hal itu memastikan pengalaman akademik yang tidak terputus bagi siswa dan kemampuan untuk memulai program gelar untuk tahun akademik 2020. Diharapkan juga bahwa lembaga-lembaga tersebut akan dapat membuat transisi yang lebih cepat ke pembelajaran tatap muka.

 

 

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

 

Mengingat peluang yang ditawarkan, kamu mungkin ingin memeriksa dan memverifikasi apa yang universitas tawarkan. Untuk hasil pencarian yang efektif, kamu dapat menggunakan alat pencarian kami yang komprehensif yang akan memberi informasi yang jelas tentang universitas dan kursus yang mengikuti model ini.

 

Waktu berubah dan kita semua beradaptasi. Model pembelajaran baru ini mungkin hanya cara yang tepat untuk memanfaatkan peluang sambil tetap berharap untuk masa depan.

 

 

 

Baca juga:

BOCORAN PERINGKAT UNIVERSITAS DI INGGRIS TAHUN 2021

SELUK BELUK KULIAH ONLINE

Wajib dibaca