Informasi penting
Study abroad: Before you leave

PANDUAN MEMILIH NEGARA TUJUAN UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

PANDUAN MEMILIH NEGARA TUJUAN UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

Beberapa diantara kamu mungkin sudah memiliki gambaran mau pergi ke mana, namun ada juga yang sama sekali tidak tahu pilihan apa yang tersedia. Nah, berikut lima hal yang harus kamu pertimbangkan saat menentukan tujuan studi:

 

 

Ke mana kamu ingin pergi?

 

Apakah ada negara atau kota yang selalu ingin kamu kunjungi? Bayangkan, ini mungkin satu kesempatan untuk melihat tempat ini. Dengan belajar di luar negeri, kamu dapat tinggal di suatu tempat di luar negeri dan menerima pendidikan kelas dunia yang menguntungkan masa depanmu.

 

 

 

Berapa biaya kuliah? Berapa anggaranmu?

 

Faktor ini adalah salah satu yang sangat penting. Sebelum kamu terlalu bersemangat untuk belajar di luar negeri, kamu harus mencari tahu berapa biaya untuk belajar di negara tertentu (serta gambaran kasar tentang biaya lain seperti berapa biayanya untuk tinggal di negara itu selama studi). Kamu juga harus memikirkan bagaimana kamu berencana mendanai studi dan ke mana hal ini akan membawamu. Misalnya, di Swedia tidak ada biaya sekolah untuk siswa UE (meskipun biaya hidup jauh lebih tinggi daripada di negara lain).

 

Cek bagian Keuangan Mahasiswa dari bagian artikel kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang biaya sekolah dan biaya hidup untuk setiap negara. Misalnya, 'Biaya Pendidikan di Inggris'.

 

 

 

 

Seberapa jauh kamu ingin pergi ke luar zona nyaman?

 

Jika memutuskan untuk belajar di luar negeri, kemungkinan besar kamu adalah orang yang suka berpetualang. Beberapa siswa menginginkan gaya hidup yang sama sekali berbeda dengan apa yang biasa mereka lakukan di negara asal mereka (misalnya pindah dari Indonesia ke UK); sedangkan yang lain hanya akan mencari sesuatu yang sedikit berbeda dari negara asal (misalnya pindah dari Indonesia ke SIngapura).

 

 

Seberapa jauh kamu ingin berada dari rumah?

 

Mirip dengan di atas, beberapa siswa masih ingin berada agak dekat dengan negara asalnya. Ini akan berdampak besar pada berapa biaya bagi mereka untuk pulang untuk liburan dan pada akhirnya apakah mereka bisa pulang saat libur semester. Terkadang cukup menghibur untuk mengetahui bahwa meskipun kamu tidak berada di negara yang sama, kamu sebenarnya tidak benar-benar berada di sisi lain dunia dari keluarga dan teman.

 

 

 

Apa yang ingin kamu pelajari?

 

Beberapa negara akan lebih kuat di jurusan tertentu daripada yang lain. Seringkali ini karena merupakan bagian integral dari gaya hidup, ekonomi, budaya, atau sejarah negara. Misalnya, jika Anda ingin belajar Pertanian, universitas di Selandia Baru cenderung lebih kuat di bidang ini karena merupakan bagian besar dari gaya hidup dan ekonomi negara tersebut. Inggris sangat dihormati dalam jurusan Hukum karena begitu banyak sistem hukum di seluruh dunia yang dipatenkan pada sistem Inggris

 

 

Tip: Jika ada perusahaan tertentu yang ingin kamu masuki, cari tahu dari mana mereka berasal atau di mana kantor mereka berada, dan cari tahu tentang universitas terdekat.

 

 

 

 

Baca juga:

 

PANDUAN MEMILIH UNIVERSITAS DI INGGRIS DENGAN TABEL LIGA DAN ULASAN MAHASISWA  

Wajib dibaca