Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TRADISI VALENTINE DI BERBAGAI UNIVERSITAS INTERNASIONAL

Tradisi Valentine Di Berbagai Universitas Internasional

Tanggal 14 Februari telah dikenal dan dirayakan di berbagai belahan dunia sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Pada hari ini, orang-orang mengekspresikan rasa kasih sayang mereka pada sesama dengan cara mengirimkan bunga atau cokelat. Pada awalnya, Hari Valentine dipercaya merupakan hari penghormatan terhadap Santo Valentinus. Namun kemudian hari ini mulai diasosiasikan dengan ekspresi cinta romantis pada abad ke 14 dan 15.

 

Banyak negara kini memiliki tradisi tersendiri yang unik saat Valentine, seperti tradisi memberikan cokelat bagi rekan kerja di Jepang dan tradisi mengukir sendok di Wales. Nah, kalau kita tilik lebih lanjut, ternyata beberapa universitas internasional juga memiliki tradisi-tradisi tertentu untuk merayakan Hari Valentine. Kamu bisa membaca penjelasan dari tim Hotcourses Indonesia mengenai beberapa tradisi tersebut di bawah ini.

 

Hari Valentine biasanya diasosiasikan dengan ungkapan kasih sayang antar pasangan - Hotcourses Indonesia

 

Washington University in St. Louis, AS

 

Mahasiswa yang tinggal di asrama Ruby atau Umrath di universitas ini memiliki tradisi berupa acara Screw Ur Roommate Dance. Tiap mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara dansa ini pasti akan memiliki teman kencan. Uniknya, mereka tidak bisa memilih teman kencan sendiri berhubung proses pemilihan justru dilakukan oleh teman sekamar mereka! Hal ini menambah keseruan acara, karena para peserta tidak tahu apakah teman sekamar mereka serius memilihkan teman kencan yang cocok atau malah mencarikan teman kencan yang jauh dari bayangan.

 

Swarthmore College, AS

 

Sama seperti universitas sebelumnya, Swarthmore College juga memiliki acara Screw Ur Roommate Dance. Bedanya, acara dansa di institusi ini melibatkan kostum-kostum nyentrik. Para mahasiswa akan didandani oleh teman sekamarnya dengan berbagai kostum unik, lalu mereka harus berkeliling di lokasi acara untuk mencari teman kencan mereka yang memakai kostum pasangannya  (contohnya, seorang mahasiswa yang didandani sebagai Aladdin harus mencari teman kencannya yang memakai kostum Putri Jasmine).

 

Louisiana State University, AS

 

Para mahasiswa di Louisiana State University dan pasangan mereka akan berkumpul di depan menara jam kampus pada tanggal 13 Februari tiap tahunnya. Menurut legenda setempat, pasangan yang berciuman di depan menara tersebut pada pukul 00.00 di tanggal 14 Februari akan menjadi pasangan sejati. Untuk menyemarakkan tradisi ini, pihak kampus memutarkan berbagai lagu cinta klasik, seperti "The Way You Look Tonight" dan "Love Me Tender". Hari Valentine adalah satu-satunya hari di mana jam menara akan berbunyi setelah jam 10 malam.

 

Pada Hari Valentine, orang-orang mengekspresikan rasa kasih sayang mereka dengan cara memberikan bunga atau cokelat - Hotcourses Indonesia

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

Alverno College, AS

 

Acara Valentine di Alverno College tidak hanya berfokus pada kasih sayang antar pasangan, namun juga rasa kasih sayang pada keluarga dan teman-teman terdekat. Karena itu, institusi ini tiap tahunnya mengadakan acara Little Sweetheart’s Party yang memiliki aktivitas-aktivitas menarik untuk berbagai kalangan dan umur. Para mahasiswa bisa mengundang pasangan, keluarga atau teman mereka ke acara ini untuk ikut berpartisipasi membuat kerajinan tangan atau memanggang kue-kue yang lezat.

 

Newcastle University, Inggris

 

Institusi ini memiliki tradisi Valentine dengan pendekatan yang berbeda. Setiap tahunnya, organisasi ikatan mahasiswa Newcastle University mengadakan malam pemutaran film Anti-Valentine, yaitu sebuah acara yang hanya menayangkan film-film yang sama sekali tidak membahas masalah cinta. Acara ini pastinya cocok untuk para jomblo atau mahasiswa yang baru saja putus dari pasangannya.

 

Hindu College, India

 

Pada Hari Valentine, para penghuni asrama pria yang lajang di institusi ini akan berkumpul di sekitar pohon tertua di kampus yang telah didekorasi dengan pita dan balon. Mereka kemudian akan memanjatkan doa untuk menemukan pasangan. Tradisi ini dilakukan dengan kepercayaan bahwa jika doa mereka dikabulkan, maka mereka akan mendapatkan pasangan dalam waktu 6 bulan.


Masih penasaran dengan kultur di negara-negara asing atau universitas-universitas internasional? Langsung saja baca panduan lengkap kami mengenai beragam tradisi dan budaya di berbagai destinasi studi. Jangan lupa juga untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

campusexplorer.com
universityliving.com
ndtv.com
wikipedia.org

Wajib dibaca