Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

DAFTAR UNIVERSITAS TERUNGGUL DI 5 NEGARA TERBAHAGIA DI DUNIA

Daftar Universitas Terunggul Di 5 Negara Terbahagia Di Dunia

Setiap tahunnya, PBB mengeluarkan World Happiness Report yang mengurutkan negara-negara di dunia berdasarkan penilaian para responden di tiap negara mengenai kebahagiaan mereka sehubungan kualitas hidup di sana. Laporan ini biasaya dirilis pada tanggal 20 Maret yang menjadi waktu perayaan International Day of Happiness.

 

Daftar peringkat ini bisa kamu jadikan pedoman dalam perencanaan studi di luar negeri, karena budaya dan lingkungan yang penuh kebahagiaan pasti akan sangat mendukung proses pembelajaranmu. Selain itu, negara yang memiliki tingkat kebahagiaan tinggi biasanya memiliki etos kerja yang mementingkan keseimbangan hidup. Jadi kesempatan kerja pasca-studi di negara-negara seperti ini tidak boleh kamu lewatkan.

 

Untuk membantumu merencanakan studi di negara-negara terbahagia ini, tim Hotcourses Indonesia telah menyusun daftar universitas terunggul di 5 negara teratas dalam World Happiness Report 2021:

 

1. Finlandia

Finlandia: negara terbahagia nomor 1 di dunia - Hotcourses indonesia

Negara ini telah berhasil menempati posisi teratas dalam World Happiness Report selama 4 tahun berturut-turut. Finlandia dikenal sebagai negara yang memfasilitasi kesejahteraan masyarakatnya secara luas dan memiliki tingkat korupsi yang rendah serta sistem demokrasi yang berfungsi dengan baik. Hal lain yang menarik di negara ini adalah kehadiran sistem flat working, yaitu sistem kerja dengan hierarki seminim mungkin yang bertujuan meningkatkan kerjasama dan produktivitas tim di tempat kerja.

 

Kalau kamu tengah mencari progam PhD di luar negeri, kamu harus tahu bahwa Finlandia menggratiskan biaya kuliah PhD untuk mahasiswa internasional! Nah, berminat kuliah di Finlandia? Berikut adalah universitas-universitas terbaiknya:

 

 

2. Denmark

Denmark: negara terbahagia nomor 2 di dunia - Hotcourses indonesia

Denmark adalah negara yang selalu berhasil masuk posisi tiga besar dalam daftar ini. Salah satu penyebabnya adalah penduduknya yang sangat menjunjung tinggi kesetaraan dan memiliki rasa tanggung jawab bersama terhadap kesejahteraan masyarakat umum. Sama seperti Finlandia, Denmark juga menganut sistem flat working.

 

Dari sisi pendidikan, negara ini telah lama dikenal sebagai salah satu penyedia pendidikan tinggi terbaik di dunia. Selain itu, Denmark juga selalu menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi dan inovasi berkelanjutan. Jika kamu mau menjalani studi di sini, coba telusuri beberapa universitas terunggulnya:

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

3. Swiss

Swiss: negara terbahagia nomor 3 di dunia - Hotcourses indonesia

Menurut Credit Suisse Wealth Report, Swiss adalah negara terkaya di dunia. Gaji di negara ini rata-rata lebih tinggi 75% dibanding gaji di Inggris atau AS. Swiss juga memiliki alam yang asri dan bersih, serta menawarkan pengalaman kuliner yang menggiurkan. 

 

Jika kita bandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya kuliah di universitas negeri Swiss tergolong murah. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitas pendidikan di negara ini, karena institusi-institusi pendidikan Swiss memiliki reputasi cemerlang di dunia internasional.

 

Mau tahu universitas-universitas terbaik di Swiss? Langsung saja baca di bawah ini:

 

 

4. Islandia

Islandia: negara terbahagia nomor 4 di dunia - Hotcourses indonesia

Salah satu aspek yang berhasil meningkatkan tingkat kebahagiaan negara ini adalah kesetaraan gender. Hal ini tercermin melalui kebijakan yang mengharuskan pemberi kerja memberi gaji setara untuk laki-laki dan perempuan yang menempati posisi yang sama. Kesehatan masyarakat Islandia juga sangat terjaga. Buktinya, negara ini memiliki angka harapan hidup yang cukup besar dan angka kematian bayi yang sangat rendah. 

 

Islandia memiliki komunitas artis, musisi dan desainer yang semarak. Jadi negara ini bisa menjadi pilihan ideal untuk kamu yang ingin mempelajari bidang studi seni dan budaya. Serunya lagi, beberapa universitas di Islandia menggratiskan biaya kuliah untuk semua mahasiswanya! Kalau kamu mau kuliah di Islandia, catat dulu universitas-universitas terbaiknya:

 

 

5. Belanda

Belanda: negara terbahagia nomor 5 di dunia - Hotcourses indonesia

Belanda mendapatkan nilai tinggi untuk aspek dukungan sosial, kepuasan hidup, dan kebebasan membuat pilihan hidup. Selain itu, para responden dari negara ini juga merasa memiliki tingkat kebahagiaan yang setara - hal ini berarti sebagian besar penduduk memiliki tingkat kepuasan hidup yang sama. Pada tahun 2019, OECD Index menobatkan Belanda sebagai negara terbaik untuk work-life balance.

 

Negara ini bisa menjadi pilihan destinasi studi yang ideal untukmu karena ikatan budayanya yang kuat dengan Indonesia dan biaya kuliahnya yang cukup terjangkau. Selain itu, kamu tidak wajib belajar bahasa Belanda karena ada banyak pilihan program studi yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Beberapa universitas terdepan di Belanda bisa kamu temukan di bawah ini:

 

 

Negara-negara lain yang masuk peringkat 20 besar dalam daftar ini adalah:

 

6. Norwegia

7. Swedia

8. Luksemburg

9. Selandia Baru

10. Austria

11. Australia

12. Israel

13. Jerman

14. Kanada

15. Irlandia

16. Kosta Rika

17. Inggris

18. Republik Ceko

19. Amerika Serikat

20. Belgia

 

Selain menentukan negara tujuan, kamu tentu juga harus memilih jurusan kuliah dan universitas saat merencanakan studi di luar negeri. Kamu bisa mencoba alat Pencari Jurusan kami yang dapat membantumu menemukan jurusan dan universitas terbaik dengan menggunakan kriteria pribadimu. Baca juga informasi mengenai berbagai jurusan kuliah dan peringkat universitas yang khusus kami susun untukmu. Jika kamu membutuhkan bantuan keuangan, silahkan telusuri panduan kami mengenai beasiswa kuliah di luar negeri.

 

 

Butuh bantuan untuk mencari tempat kuliah terbaik di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap mendampingimu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

worldhappiness.report

berkeley.edu

happy-or-not.com

flightcentre.com.au