Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

THE ECONOMIST: 10 INSTITUSI DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

The Economist: 10 Institusi dengan Program MBA Terbaik di Dunia

MBA (Master of Business Administration / Magister Administrasi Bisnis) telah lama dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia. Hal ini dikarenakan program MBA bisa membuka kesempatan untuk peralihan profesi dan peningkatan gaji, serta memberikan akses ke jejaring korporat yang ekstensif.

 

Memang ada banyak program magister lain di bidang ilmu bisnis, namun program MBA memiliki beberapa keistimewaan tersendiri:

  1. Lebih bersifat umum dan memberikan pengetahuan dasar yang bisa digunakan di berbagai bidang di dunia bisnis;

  2. Lebih berfokus pada jenis-jenis keterampilan profesional yang sangat dibutuhkan di tempat kerja;

  3. Memiliki kurikulum yang dirancang bersama dengan para ahli bisnis terbaik;

  4. Sistem pengajarannya menggunakan studi-studi kasus yang dibuat berdasarkan berbagai kejadian nyata;

  5. Menyampaikan praktik bisnis yang berkelanjutan;

  6. Mengajarkan kewirausahaan;

  7. Memiliki program penempatan kerja wajib yang menambah pengalaman kerja dan penerapan ilmu,

 

Nah, kalau kamu tertarik kuliah jurusan MBA di luar negeri, pastinya kamu ingin mempelajarinya di institusi pendidikan tinggi yang menawarkan jurusan MBA terbaik. Salah satu sumber yang bisa kamu jadikan acuan adalah The Economist - majalah tentang keuangan dan bisnis ternama yang meliput berita seputar ekonomi global. Majalah ini tiap tahunnya secara rutin menerbitkan daftar 'Which MBA?' yang memaparkan program-program MBA full-time (purnawaktu) terbaik di dunia. Mau tahu institusi mana saja yang berhasil masuk dalam peringkat 10 besar untuk tahun 2021? Baca infonya di bawah ini.

 

10. International Institute for Management Development, Swiss

Durasi Program: 1 Tahun

 

 

  • International Institute for Management Development (IMD) berfokus sepenuhnya pada pendidikan eksekutif. Karena itu, institusi ini hanya memiliki 1 fakultas multidisipliner dan tidak mendirikan departemen-departemen akademik yang terpisah.

  • Pendidikan di IMD memberikan penekanan pada kepemimpinan dan manajemen umum, sehingga mayoritas lulusannya lebih banyak diterima di sektor industrial dibanding sektor keuangan atau teknologi.

  • Program MBA di IMD memiliki rasio 1 dosen untuk 2 mahasiswa. Hal ini berarti staf pengajar sangat terlibat dalam perkembangan tiap mahasiswa.

 

9. Carnegie Mellon University - The Tepper School of Business, Amerika Serikat

Durasi Program: 2 Tahun

 

 

  • Jurusan MBA di Carnegie Mellon adalah MBA STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics / Sains, Teknologi, Teknik & Matematika), yang berarti programnya dirancang untuk mengajarkan keterampilan bisnis di bidang STEM. Berbeda dengan program MBA lainnya, lulusan program MBA STEM berkesempatan untuk mengikuti OPT selama 36 bulan di AS.

  • Sebagian besar mahasiswa yang memasuki program MBA di institusi ini berasal dari jurusan teknik.

  • 92,6% lulusan program MBA di Carnegie Mellon berhasil mendapatkan pekerjaan di wilayah Amerika Utara. Profesi yang paling banyak dipilih oleh para lulusan ini adalah profesi konsultan.

 

8. University of Washington - Foster School of Business, Amerika Serikat

Durasi Program: 2 Tahun

 

 

  • Staf penerimaan mahasiswa baru untuk program MBA di University of Washington biasanya mencari calon mahasiswa dengan prestasi akademis yang cemerlang dan memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik.

  • 44% lulusan jurusan MBA purnawaktu di institusi ini bekerja di industri teknologi.

  • Salah satu alumni ternama program MBA di University of Washington adalah Richard Roll, akademisi yang dikenal karena analisisnya mengenai validitas tes empiris pada CAPM (Capital Asset Pricing Model / Model penentuan harga aset modal).

 

7. EDHEC Business School, Prancis

Durasi Program: 10 Bulan

 

 

  • Mahasiswa MBA di EDHEC bisa merancang sepertiga program kuliah mereka untuk menyesuaikan dengan jalur karir yang mereka inginkan.

  • Program MBA EDHEC memiliki level ROI (Return of Investment) yang sangat baik. Para lulusan program ini rata-rata hanya memerlukan 20 bulan untuk mendapatkan kembali modal yang mereka keluarkan untuk kuliah MBA.

  • Karena durasinya yang pendek, program MBA EDHEC lebih disarankan untuk calon mahasiswa dengan pengalaman kerja profesional yang ekstensif.

 

6. SDA Bocconi - School of Management, Italia

Durasi Program: 1 Tahun

 

 

  • SDA Bocconi menyediakan berbagai program online pra-perkuliahan untuk membantu persiapan para calon mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang keuangan atau ekonomi.

  • 81% lulusan jurusan MBA di institusi ini berhasil mendapatkan pekerjaan di wilayah Eropa.

  • Setelah menjalani Fase 1 (perkuliahan selama 9 bulan), para mahasiswa bisa memilih untuk mengikuti program magang / proyek kewirausahaan/ lab bisnis grup / program pertukaran internasional / ujian keterampilan di kampus untuk Fase 2 program MBA mereka.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

5. Georgia Institute of Technology - Scheller College of Business, Amerika Serikat

Durasi Program: 22 Bulan

 

 

  • Para mahasiswa yang diterima di program MBA Georgia Tech rata-rata memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun

  • 32% lulusan MBA di institusi ini bekerja di sektor teknologi dan 25% bekerja sebagai konsultan.

  • Kampus program MBA Georgia Tech berada di Technology Square, Atlanta, sebuah lingkungan multi blok yang memiliki jumlah startup, inovator korporat dan peneliti akademis terbesar di wilayah tenggara AS.

 

4. New York University - Leonard N Stern School of Business, Amerika Serikat

Durasi Program: 2 Tahun

 

 

  • Program MBA di NYU Stern merupakan program yang menawarkan jalur STEM.

  • Menurut survey pada tahun 2020, mayoritas lulusan jurusan MBA purnawaktu dari institusi ini bekerja di sektor keuangan.

  • NYU Stern ini memiliki 4 pengajar yang pernah menerima penghargaan Nobel: Robert Engle, Paul Romer, Thomas Sargent & Michael Spence.

 

3. University of Michigan - Stephen M. Ross School of Business, Amerika Serikat

Durasi Program: 2 Tahun

 

 

  • Program MBA purnawaktu di Michigan Ross memiliki jalur STEM. Mahasiswa yang ingin mengambil jalur ini akan diwajibkan mengambil 18 SKS tambahan.

  • Michigan Ross memiliki program pembelajaran khas bernama Multidisciplinary Action Project. Dalam program ini, 4-6 mahasiswa dan seorang pembimbing akan bekerja dengan sebuah perusahaan / organisasi nirlaba atau start-up untuk memecahkan masalah-masalah bisnis.

  • 83,1% lulusan program ini telah menerima tawaran kerja pada saat kelulusan. Mayoritas lulusan bekerja di perusahaan konsultan atau teknologi.  

 

2. HEC Paris Business School, Prancis

Durasi Program: 16 Bulan

 

 

  • Dalam daftar ini, program MBA di HEC Paris adalah program dengan jumlah mahasiswa internasional terbesar. Buktinya, 92% mahasiswa MBA purnawaktu di HEC Paris pada tahun 2020 adalah mahasiswa internasional.
  • Kurikulum program MBA di HEC paris terbagi dalam dua fase. Para mahasiswa akan mempelajari berbagai keterampilan inti dalam bisnis selama 8 bulan di Fundamental Phase. Setelah itu, mereka diberikan kebebasan untuk merancang program pendidikan mereka di Customized Phase agar mereka bisa mempelajari hal-hal yang sesuai dengan target dan aspirasi pribadi mereka. 
  • HEC Paris memiliki tradisi di mana para mahasiswa MBA akan menyelenggarakan MBA Tournament, sebuah acara kompetisi olahraga yang diikuti para mahasiswa MBA dari 15 institusi di wilayah Eropa. 

 

1. IESE Business School, Spanyol

Durasi program: 19 bulan

 

 

  • Jurusan MBA di IESE berdurasi 19 bulan, namun para mahasiswa bisa mengambil jalur akselerasi yang berdurasi 15 bulan. Saat musim panas, mahasiswa MBA jalur biasa akan menjalani program magang dan mahasiswa jalur akselerasi akan mengikuti semester pendek.

  • Para mahasiswa MBA di IESE bisa mengambil mata kuliah dalam bahasa Inggris & Spanyol untuk mendapatkan diploma MBA bilingual.

  • Institusi ini menggunakan simulasi dan studi kasus untuk membantu mahasiswa mengeksplorasi berbagai pendekatan dan perspektif baru terhadap berbagai masalah di dunia bisnis. 

 

Masih ingin mencari info tentang jurusan MBA? Kamu bisa membaca berbagai panduan mengenai kuliah MBA yang telah kami susun. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan program MBA dan universitas terbaik di luar negeri yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal studi MBA di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

economist.com
studylink.com
e-gmat.com
mbastudies.com