Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

10 BUKU YANG WAJIB DIBACA MAHASISWA MBA

10 Buku Yang Wajib Dibaca Mahasiswa MBA

Kamu pasti sudah sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah sumber ilmu yang tak pernah kering sepanjang masa. Pepatah ini sulit dibantah, karena membaca buku adalah jalur akses termudah ke buah-buah pemikiran para ahli di berbagai bidang studi.

 

Hal ini tentunya juga berlaku untuk studi MBA. Ada berbagai buku yang sangat berguna untuk membuka wawasan mahasiswa MBA di bidang pemasaran, keuangan, komunikasi, dan lain-lain. Karena itu, tak mengherankan kalau program-program MBA di seluruh dunia memiliki daftar buku yang wajib dibaca para mahasiswanya.

 

Satu fakta yang menarik dari daftar buku ini adalah popularitas beberapa judul tertentu. Situs web Consultants 500 telah membandingkan daftar bacaan wajib di 20 program MBA internasional terbaik dan mereka menemukan beberapa buku yang muncul di sebagian besar daftar-daftar tersebut. Nah, untuk membantumu menjalani studi MBA, tim Hotcourses Indonesia akan membahas 10 buku yang paling sering menjadi bahan bacaan wajib mahasiswa MBA.

 

1. The Lean Startup

Pengarang: Eric Ries

The Lean Startup karangan Eric Ries - Hotcourses Indonesia

Buku ini wajib dibaca karena mengajarkan dasar-dasar pengorganisasian bisnis baru. Model pembelajarannya cepat dan berkelanjutan, dengan melibatkan pengujian dan eksperimen. Eric Ries juga memperkenalkan konsep validated learning (pembelajaran yang divalidasi), yaitu kegiatan eksperimen berkelanjutan yang diukur dari awal,  di mana hasil temuannya akan digunakan untuk menyesuaikan atau menyempurnakan arah dan tindakan. Jadi bisa dikatakan buku ini menawarkan pengetahuan tentang  berbagai cara dan metode untuk menguji, beradaptasi, dan meningkatkan diri berdasarkan pendekatan ilmiah.

 

2. Moneyball: The Art of Winning an Unfair Game

Pengarang: Michael Lewis

Moneyball: The Art of Winning an Unfair Game karangan Michael Lewis - Hotcourses Indonesia

Kalau hanya melihat sampulnya saja, pasti kamu menyangka buku ini hanya membahas tentang olahraga baseball. Padahal sebenarnya ada juga pembahasan mengenai aspek-aspek yang perlu dipelajari mahasiswa MBA, lho! Dari buku ini, kamu bisa mempelajari cara-cara membangun tim yang baik, menggunakan statistika untuk meningkatkan performa, dan menyingkirkan kesalahan yang terus berulang.

 

3. How to Win Friends and Influence People

Pengarang: Dale Carnegie

How to Win Friends and Influence People karangan Dale Carnegie - Hotcourses Indonesia

Buku yang pertama kali diterbitkan pada 1936 ini masih menjadi buku yang banyak dibaca di berbagai belahan dunia. Sang pengarang membagikan nasihatnya tentang bagaimana seorang salesman yang baik harus menguasai cara-cara berhubungan dengan konsumen. Pengetahuan dalam buku ini dapat diterapkan oleh para pemilik bisnis untuk menangani dan menjalin hubungan bisnis yang sukses dengan klien yang memiliki banyak tuntutan.

 

4. Good to Great

Pengarang: Jim Collins

Good to Great karangan Jim Collins - Hotcourses Indonesia

Jim Collins menjalankan studi selama 5 tahun untuk mendapatkan materi yang dibutuhkan dalam penulisan buku ini. Dari hasil studi ini, ia kemudian menjelaskan berbagai alasan mengapa beberapa jenis bisnis bisa bertransisi ke posisi yang jauh lebih baik dan mengapa bisnis-bisnis lainnya gagal. Buku ini juga membahas berbagai mitos mengenai jalur kesuksesan yang masih banyak diandalkan berbagai badan usaha.

.

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

5. The Hard Thing About Hard Things

Pengarang: Ben Horowitz

The Hard Thing About Hard Things karangan Ben Horowitz - Hotcourses Indonesia

Pengarang buku ini adalah salah satu entrepreneur tersukses di Silicon Valey. Dalam buku ini, Ben Horowitz membagikan berbagai tantangan yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis, seperti PHK karyawan, mendapatkan loyalitas karyawan dan pelanggan, dan berbagai cara untuk menarik perhatian investor. Maka itu, The Hard Thing About Hard Things memiliki reputasi sebagai buku yang penting bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis.

 

6. Made to Stick: Why Some Ideas Survive and Others Die

Pengarang:  Chip & Dan Heat

Made to Stick: Why Some Ideas Survive and Others Die karangan Chip & Dan Heat - Hotcourses Indonesia

Buku ini dibuat untuk membimbing pembacanya agar bisa sukses berkomunikasi dengan kliennya. Kedua pengarang buku ini menjelaskan beberapa prinsip yang bisa membuat sebuah ide bertahan dan diterima secara baik dengan melibatkan emosi, memori dan motivasi diri dari para klien. 

 

7. Rework

Pengarang: Jason Fried & David Heinemeier Hansson

Rework karangan Jason Fried & David Heinemeier Hansson - Hotcourses Indonesia

Konten Rework bisa dibilang cukup berbeda dengan buku-buku bisnis lainnya, jadi mungkin kamu akan merasa kurang familier saat membacanya. Pada intinya, buku ini memberikan panduan prosedural untuk mengoperasikan jenis-jenis bisnis modern. Para pembaca akan mendapatkan panduan mengenai pentingnya penggunaan prototipe, kelebihan flekibilitas sehubungan momentum usaha, dan bagaimana penanaman modal dari pihak luar bisa memberikan efek negatif.

 

8. Thinking, Fast and Slow

Pengarang: Daniel Kahneman

Thinking, Fast and Slow karangan Daniel Kahneman - Hotcourses Indonesia

Dalam buku ini, Kahneman membahas cara kerja intuisi dan pemikiran manusia yang terbagi dalam 2 sistem. Sistem 1 adalah bagian yang bersifat cepat, otomatis dan emosional, serta berhubungan dengan berbagai dorongan yang menimbulkan perasaan dan kesan. Sistem 2 adalah bagian rasional yang bersifat lambat dan sistematis, serta menjadi basis untuk pemikiran logis. Setelah membaca buku ini, kamu bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengikuti tiap sistem.

 

9. Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable

Pengarang: Seth Godin

Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable karangan Seth Godin - Hotcourses Indonesia

Seth Godin telah lama dijuluki sebagai 'marketing guru' dan buku karangannya ini memiliki pengaruh besar di dunia global. Para pembaca buku ini akan mempelajari bahwa, di dalam dunia bisnis, status aman itu justru berisiko dan sebuah bisnis harus berstatus luar biasa untuk bisa menangkap perhatian konsumen. Godin juga menjelaskan pentingnya membuat produk yang unik dan menarik untuk pasar yang dituju. Beberapa contoh relevan dalam buku ini adalah perusahaan seperti Apple dan JetBlue, yang memiliki produk-produk dengan gaya yang menarik perhatian dan menggunakan teknik pemasaran yang melibatkan gaya tersebut.

 

10. The 4-Hour Workweek

Pengarang: Timothy Ferris

The 4-Hour Workweek karangan Timothy Ferris - Hotcourses Indonesia

Kalau kamu suka traveling, buku ini mungkin bisa memberikan perspektif baru yang kamu butuhkan.  The 4-Hour Workweek adalah panduan untuk meraih gaya hidup mewah dan menjadi entrepreneur tanpa perlu terikat di satu lokasi tertentu. Ferris menjabarkan bagaimana pekerjaan bisa dengan mudah dilimpahkan ke asisten-asisten, sehingga kamu bisa memiliki kebebasan untuk melakukan semua yang kamu inginkan. Selain itu, buku ini juga membahas bagaimana para kaum profesional bisa traveling keliling dunia dan tetap menjalani pekerjaan mereka seutuhnya, serta cara-cara untuk mengurangi beban kerja hingga 50%.

 

Tertarik mendalami program studi MBA? Langsung saja baca berbagai panduan kuliah MBA di luar negeri yang telah kami susun. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa membantumu menemukan program MBA dan universitas terbaik sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

 

Sudah mantap mau kuliah MBA di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di dunia!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

consultants500.com

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81.8K