Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

8 SITUS JURNAL GRATIS UNTUK REFERENSI TUGAS KULIAH

8 Situs Jurnal Gratis Untuk Referensi Tugas Kuliah

Kehidupan mahasiswa sudah tentu tak bisa lepas dari tugas-tugas seperti makalah ataupun presentasi. Untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik, kamu pasti harus melengkapi tugasmu dengan informasi yang valid dari berbagai buku atau jurnal. Namun kamu mungkin pernah mengalami momen-momen di mana jurnal yang kamu butuhkan ternyata baru bisa diakses setelah kalian melakukan pembayaran. Padahal kamu bisa jadi tak memiliki dana untuk menutupi biaya tersebut.

 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah seperti di atas adalah mengakses situs-situs jurnal open access (akses terbuka). Sebuah jurnal bisa disebut memiliki 'akses terbuka' ketika tidak ada hambatan finansial, hukum atau teknis untuk mengakses jurnal tersebut. Hal ini berarti setiap orang dapat membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, atau menggunakan jurnal tersebut untuk kegiatan pendidikan atau aktivitas lain yang masih termasuk dalam syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Kali ini tim Hotcourses Indonesia akan membahas 8 situs jurnal open access terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai referensi tugas kuliah atau untuk memperluas wawasanmu. Mau tahu situs apa saja yang akan dibahas? Baca di bawah ini ya!

 

1. Elsevier 

Laman Elsevier - Hotcourses Indonesia

Elsevier dikenal sebagai penyedia informasi yang telah beroperasi lebih dari 140 tahun, jadi jurnal-jurnal di situs ini dikenal sangat kredibel dan banyak dikutip. Situs ini menyediakan jurnal di berbagai area sains dan kedokteran, seperti mekanika tanah, kardiologi dan anestesiologi. Elsevier juga menyediakan terjemahan bahasa Inggris untuk jurnal-jurnal dari berbagai negara, seperti Spanyol, Brazil, China dan Arab Saudi. Semua jurnal yang bisa kamu akses dengan gratis di situs ini memiliki tanda "Gold open access".

 

2. SAGE Open 

Laman SAGE Open - Hotcourses Indonesia

SAGE adalah salah satu penerbit jurnal yang dihormati di dunia akademis. Situs open akses SAGE menyediakan berbagai studi dengan standar penelahaan sejawat (peer review) yang ketat untuk para peneliti, pelajar dan masyarakat umum. Sehubungan dengan pandemi yang tengah melanda dunia, SAGE kini menggratiskan semua studi yang berhubungan dengan Covid-19. Selain itu, SAGE juga menggratiskan akses untuk jurnal-jurnal yang membahas rasisme struktural dan kekerasan aparat polisi sebagai tanggapan terhadap gerakan Black Lives Matter. Sama seperti Elsevier, jurnal open access di situs ini memiliki tanda "Gold"

 

3. BioMed Central 

Laman BioMed Central - Hotcourses Indonesia

BioMed Central (BMC) telah menyediakan jurnal open access di ranah online sejak 1999. Beberapa jurnal ternama yang menjadi bagian BMC adalah BMC Biology dan BMC Medicine. Jadi kalau kamu butuh informasi di bidang biologi atau kedokteran, jangan lupa untuk menelusuri BMC. Situs ini adalah anggota Committee on Publication Ethics (Komite Etika Publikasi), yaitu organisasi yang bertujuan menjaga integritas dalam dunia penelitian akademis. Jadi kamu bisa yakin bahwa semua data yang kamu dapatkan di situs ini sudah terjamin mutunya.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

4. Royal Society Open Science

Laman Royal Society Open Science - Hotcourses Indonesia

Royal Society Open Science adalah jurnal open access yang diterbitkan oleh Royal Society, akademi ilmiah independen tertua dan paling dihormati di dunia yang berlokasi di Inggris. Selain itu, konten jurnal ini juga sering diliput oleh berbagai media pemberitaan seperti BBC dan CNN. Tim editorial jurnal ini terdiri dari beragam ilmuwan ternama di bidang mereka masing-masing, jadi semua penelitian yang dimuat pasti memiliki kualitas terbaik. Konten jurnal ini mencakup berbagai macam bidang ilmu, seperti ilmu hayati, ilmu alam, matematika, teknik dan ilmu komputer.

 

5. JSTOR 

Laman JSTOR - Hotcourses Indonesia

Para mahasiswa dalam bidang ilmu pengetahuan budaya, terutama mahasiswa Sastra Inggris, pasti akan sangat terbantu dengan sumber informasi dari JSTOR. Situs ini adalah perpustakaan digital dengan fokus pada ilmu pengetahuan budaya yang baru-baru ini membuka akses ke beberapa jurnalnya. JSTOR juga bekerjasama dengan El Colegio de Mexico dan Latin American Council of Social Sciences untuk menyediakan konten dalam bahasa Spanyol. Uniknya, situs ini punya bagian Early Journal Content yang menyediakan berbagai artikel yang diterbitkan di AS sebelum 1923 dan artikel yang diterbitkan di negara-negara lain sebelum 1870 secara gratis.

 

6. MDPI Humanities 

Laman MDPI Humanities - Hotcourses Indonesia

Kalau kamu tidak menemukan informasi terkait bidang ilmu pengetahuan budaya yang kamu perlukan di JSTOR, kamu bisa juga mengakses MDPI Humanities. Situs ini adalah penerbit jurnal open access yang berbasis di Basel, Swiss. MDPI Humanities memiliki sekitar 67.000 editor di seluruh dunia yang mengurus 297 jurnal yang beragam dan telah melewati penelahaan sejawat. Kamu bisa menemukan berbagai makalah penelitian di bidang ilmu pengetahuan budaya dan ilmu sosial, seperti sastra, linguistik, dan kajian film.

 

7. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Laman DOAJ - Hotcourses Indonesia

Situs ini adalah search engine yang berfokus pada jurnal open access. Dengan menggunakan DOAJ, kamu bisa menelusuri hingga 15.000 jurnal open access yang tersedia di internet. Berbeda dengan situs-situs lain dalam daftar ini, DOAJ memuat jurnal dari semua bidang ilmu. Kamu juga bisa menemukan jurnal dalam bahasa selain bahasa Inggris di situs ini. DOAJ adalah situs nirlaba, sehingga proses penelahaan jurnalnya didukung oleh ratusan relawan yang bekerja sebagai staf editorial. 

 

8. SpringerOpen

Laman SpringerOpen - Hotcourses Indonesia

Sejak peluncurannya pada tahun 2010, SpringerOpen telah meraih reputasi sebagai salah satu situs jurnal open access terbaik. Situs ini mengajak para kaum profesional di bidang sains, tekonologi, ilmu pengetahuan budaya dan ilmu sosial untuk mengirimkan hasil penelitian mereka dengan tujuan meningkatkan kesadaran mengenai berbagai isu di masyarakat. Kalau kamu masih belum yakin mengenai informasi yang kamu butuhkan, SpringerOpen memiliki fitur Journal Suggester yang bisa merekomendasikan artikel-artikel yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Sama seperti SpringerOpen, Hotcourses Indonesia juga memiliki fitur rekomendasi untukmu, lho! Kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami yang dapat menemukan program studi dan universitas terbaik di luar negeri berdasarkan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang punya semua informasi yang kamu butuhkan untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di dunia!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

openaccess.nl
makeuseof.com