Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

10 LANGKAH PERSIAPAN SEBELUM KULIAH ARSITEKTUR

10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur

Arsitektur telah lama dikenal sebagai jurusan kuliah yang cukup sulit. Menurut survey yang diadakan Indiana University Bloomington, para mahasiswa arsitektur termasuk kategori mahasiswa dengan beban studi terberat. Bayangkan saja, mereka harus menghabiskan setidaknya 22 jam dalam seminggu untuk bisa menyelesaikan tugas mereka di luar kelas!

 

Walaupun begitu, kamu tidak perlu takut mengejar mimpi kuliah arsitektur di luar negeri karena ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil dari sekarang untuk mempermudah perjalanan studimu. Coba baca penjelasan berikut dari tim Hotcourses Indonesia mengenai 10 hal yang perlu kamu lakukan untuk persiapan menjadi mahasiswa arsitektur.

 

1. Kursus/Les Matematika

Kursus/Les Matematika - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Seorang arsitek harus menguasai aljabar, geometri dan trigonometri untuk bisa merancang sebuah ruang dengan baik. Jadi wajar saja kalau banyak universitas meminta nilai matematika yang sangat baik sebagai syarat pendaftaran jurusan arsitektur. Kalau kamu merasa kurang paham matematika, kamu bisa mengambil kursus/les tambahan untuk memperdalam pemahamanmu. Khusus untuk kalian yang berencana kuliah di luar negeri, mengambil kursus/les matematika dalam bahasa Inggris akan membantu kalian terbiasa menghadapi istilah-istilah dan berbagai soal matematika dalam bahasa tersebut.

 

2. Kursus/Les Seni Rupa & Desain

Kursus/Les Seni Rupa & Desain - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Arsitektur adalah bidang yang memadukan seni, desain dan ilmu eksakta. Maka itu kamu tak bisa hanya mengandalkan kemampuan matematika saja di jurusan ini. Dengan mengambil kursus/les seni rupa & desain, kamu bisa melatih dasar-dasar keterampilan yang dibutuhkan saat kuliah arsitektur. Selain itu, alumni jurusan ini sebenarnya punya banyak pilihan profesi lain yang bisa dijalani selain menjadi arsitek. Jadi kursus ini akan membantumu memperluas prospek kerja setelah kelulusan.

 

3. Kursus/Les CAD

Kursus/Les CAD - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Seorang mahasiswa arsitektur harus bisa membuat gambar arsitektural dengan jelas dan tepat. Hal ini bertujuan agar gambar yang mereka buat nantinya dapat dibaca oleh kontraktor di lapangan. Untungnya, proses menggambar ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat lunak CAD. Selain itu, banyak lowongan untuk arsitek saat ini mencantumkan penguasaan software CAD sebagai salah satu persyaratan. Karena beban kuliah arsitektur cukup berat, ada baiknya kamu sudah menguasai software ini sebelum mulai kuliah untuk mengurangi jumlah hal-hal baru yang harus kamu pelajari di jurusan ini.

 

4. Siapkan Portofolio

Menyiapkan Portofolio - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Salah satu persyaratan untuk masuk jurusan arsitektur di luar negeri adalah portofolio. Kalau kamu mau mengambil studi S1, portofolio ini bisa berisi hasil karya kreatifmu. Pada intinya, portofolio dianggap sebagai personal statement / motivation letter  versi visual yang menunjukkan keterampilan, minat dan aspirasimu. Jangan khawatir kalau kamu tidak punya hasil karya yang masuk dalam kategori arsitektur, karena staf penerimaan mahasiswa sangat memaklumi kalau calon mahasiswa belum memiliki pengetahuan mendalam tentang bidang ini. Kamu bisa mulai menggambar beberapa sketsa dalam sehari sebagai langkah awal penyusunan portofoliomu.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

5. Baca Berbagai Buku, Majalah Dan Situs Web Arsitektur

Membaca Berbagai Buku, Majalah & Website Arsitektur - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Untuk membantumu berkenalan dengan dunia arsitektural, kamu bisa mulai membaca buku, majalah dan situs web arsitektur. Melalui aktivitas ini, kamu akan bisa memahami bahasa dan berbagai istilah yang digunakan para arsitek untuk menggambarkan dan menjelaskan bidang arsitektur. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengikuti hashtag yang berhubungan dengan arsitektur di media sosial untuk melihat berbagai perkembangan dan hasil karya arsitektur terbaru dari seluruh dunia.

 

6. Kunjungi Berbagai Objek Arsitektur

Kunjungi Berbagai Objek Arsitektur - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Untuk memperkaya pengalaman arsitekturmu sebelum kuliah, kamu bisa mempelajari objek-objek arsitektur secara langsung. Cobalah cari dan kunjungi berbagai bangunan di sekitarmu yang dianggap memiliki rancangan arsitektural yang baik. Catatlah hal-hal yang kamu lihat dan pengalaman yang kamu rasakan saat berada di dalam atau di dekat semua objek arsitektur tersebut. Catatan-catatan ini nantinya akan membantumu merancang objek-objek arsitektur yang bisa memberikan kesan serupa.

 

Walaupun saat ini mobilitasmu terbatas karena COVID-19 (virus corona), jangan lupa kalau kamu bisa tetap mengunjungi berbagai objek arsitektur di seluruh dunia dengan menggunakan Google Earth dan Google Maps.

 

7. Pahami Konsep Keberlanjutan Dalam Arsitektur

Pahami Konsep Keberlanjutan Dalam Arsitektur - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Dengan meningkatnya kesadaran akan dampak peradaban manusia terhadap alam, sustainability (keberlanjutan) menjadi konsep yang penting untuk dirangkul para arsitek di masa mendatang. Selain dengan membaca berbagai literatur yang berhubungan dengan keberlanjutan, kamu bisa mendalami konsep ini dengan mempelajari dan mengunjungi objek-objek arsitektur yang mendapat predikat green bulding (bangunan hijau). 

 

8. Belajar Manajemen Waktu, Prioritas & Bekerja Dalam Tim

Belajar Manajemen Waktu, Prioritas & Bekerja Dalam Tim - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mahasiswa arsitektur memiliki beban kuliah yang cukup besar. Karena itu, kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk memastikan semua tugas kuliahmu bisa diselesaikan dengan baik. Kamu juga harus belajar mengatur prioritas agar perjalanan studimu tidak terganggu hal-hal yang berprioritas rendah. Jangan lupa bahwa kamu akan banyak menghadapi tugas kelompok saat kuliah, jadi kemampuan bekerja dalam tim tidak boleh dianggap sepele kalau kamu mau mendapat nilai yang baik.

 

9. Riset Universitas

Riset Universitas - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Kamu tentunya memiliki berbagai kriteria tertentu saat memilih universitas di luar negeri untuk kuliah arsitektur. Jadi ada baiknya kamu mulai mengumpulkan informasi untuk membantu memilih destinasi studi terbaik. Kalau kamu tidak tahu harus mulai dari mana, langsung saja baca panduan kami untuk meriset universitas di luar negeri saat pandemi.

 

10. Kenali Cara Melindungi Kesehatan Mental

Memahami Cara Melindungi Kesehatan Mental - 10 Langkah Persiapan Sebelum Kuliah Arsitektur, Hotcourses Indonesia

Berhubung perkuliahan arsitektur penuh tuntutan dan rasa stres, tak heran kalau ada banyak mahasiswa arsitektur yang bergumul dengan masalah kesehatan mental. Saat meriset universitas pilihan di luar negeri, tim Hotcourses Indonesia menyarankan agar kamu mencari tahu layanan apa saja yang disediakan universitas tersebut untuk mendukung kesehatan mental para mahasiswa internasional.

 

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi kesehatan mental yang membantu melacak berbagai pemicu anxiety-mu dan menyediakan tips untuk mengatasinya. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa mengenali tanda-tanda saat kamu butuh dukungan kesehatan mental dan jenis bantuan apa yang kamu butuhkan.

 

Masih punya pertanyaan tentang persiapan kuliah arsitektur di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan aspirasimu untuk kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

Sumber:

studyarchitecture.com
archiobjects.org
archdaily.com

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81K