Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

25 SEKOLAH ANIMASI TERBAIK DI DUNIA (BAGIAN I)

25 Sekolah Animasi Terbaik Di Dunia (Bagian I)

Bila kamu memiliki bakat menggambar, salah satu jenis karir yang bisa kamu pertimbangkan adalah menjadi seorang animator. Dengan kesuksesan film-film animasi dari Pixar, CoMix Wave Films dan Studio Ghibli, industri karya seni visual ini semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional. Menurut perkiraan situs web Research And Markets, besaran pangsa pasar industri animasi global kini mencapai USD156miliar dan akan terus bertumbuh hingga 10% di tahun 2025. Hal ini berarti karir di industri ini punya prospek yang menjanjikan di masa mendatang.

 

Saat ini memang sudah ada banyak institusi atau universitas yang menawarkan jurusan animasi, namun tentunya kamu ingin memilih tempat belajar dengan reputasi terbaik. Kali ini Hotcourses Indonesia akan membahas 25 institusi internasional (di luar AS) dengan program animasi terbaik yang bisa kamu jadikan destinasi studi. Daftar peringkat ini disusun oleh situs web Animation Career Review dengan mempertimbangkan reputasi akademis; sistem seleksi mahasiswa baru; kedalaman lingkup program studi; perbandingan uang kuliah dengan kualitas pembelajaran yang didapatkan; dan data lulusan yang telah bekerja.

 

Mau tahu institusi apa saja yang masuk dalam daftar ini? Langsung saja baca di bawah ini.

 

25. Bristol, University of the West of England

Bristol, University of the West of England - Hotcourses Indonesia

Departemen Film & Jurnalisme di universitas ini menawarkan program Animation BA (Hons) yang bisa ditempuh dalam waktu 3 tahun (tersedia juga program 4 tahun untuk mahasiswa internasional yang perlu mengikuti Foundation Year). Sebagian ruang dan fasilitas terbaru di universitas ini meliputi studio media digital, studio produksi, dan bengkel fabrikasi, sehingga mahasiswa bisa menggunakan berbagai alat tradisional dan juga teknologi terbaru.

 

Program studi animasi di universitas ini berbasis praktik dan memiliki ikatan kuat dengan perusahaan-perusahaan animasi Inggris, seperti Aardman Animation. Mahasiswa dalam program ini berkesempatan untuk memamerkan karya mereka melalui media online UWE, acara berjaring reguler, dan di Creative Industries Degree Show yang digelar di tahun terakhir kuliah mereka.

 

24. Bezalel Academy of Arts and Design

Bezalel Academy of Arts and Design - Hotcourses Indonesia

Institusi ini memiliki program Bachelor of Fine Arts yang menggabungkan disiplin ilmu pembuatan film, video, dan animasi. Beberapa mata kuliah yang bisa diambil di program ini antara lain Animasi 3D: Mekanika Tubuh; Animasi 3D Tingkat Lanjut; Pemikiran Animatif; Animasi Klasik; Desain Karakter & Storyboard; Penulisan Naskah; Ilustrasi; Video Eksperimental; dan Animasi Eksperimental. Pada tahun 2019, sekelompok mahasiswa dan lulusan program animasi institusi Israel ini memenangkan lebih dari 12 penghargaan.

 

23. University of Québec at Chicoutim (Université du Québec à Chicoutimi)

University of Québec at Chicoutim (Université du Québec à Chicoutimi) - Hotcourses Indonesia

Fakultas Seni Digital, Animasi dan Desain di universitas ini adalah salah satu yang tertua di di Quebec, Kanada. Prospek kerja lulusan fakultas ini juga cukup baik, karena 80% alumni bisa menemukan pekerjaan hanya dalam waktu beberapa bulan setelah kelulusan. Universitas ini memiliki lebih dari 2.000 alumni yang saat ini bekerja di berbagai studio animasi di seluruh dunia.

 

Para mahasiswa bisa mengambil program Bachelor of Arts dalam bidang Animasi 3D dan Desain Digital dengan 2 pilihan konsentrasi: Efek Visual untuk Film dan Video & Video Game. Mereka juga bisa mengakses perangkat lunak dan teknologi animasi terbaru, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan komunitas industri animasi dan efek visual, mengikuti konferensi mingguan dari para pekerja animasi lokal, berinteraksi dengan para instruktur terkemuka, dan menikmati ruang kerja kolaboratif yang mendorong kreativitas dan kerja tim.

 

22. University of Melbourne

University of Melbourne - Hotcourses Indonesia

University of Melbourne memiliki program Bachelor of Fine Arts (Animation) yang berdurasi 3 tahun. Program studi ini melibatkan para mahasiswanya dalam eksplorasi praktik, inovasi, dan pengembangan produksi layar animasi. Mereka akan meneliti dan mengembangkan ide, sekaligus mengambil berbagai mata kuliah yang mencakup penulisan skenario, pengembangan storyboard, dan desain karakter.

 

Fasilitas dan sumber daya yang bisa diakses mahasiswa di universitas ini antara lain adalah studio animasi dan stop-motion; ruang-ruang untuk penyuntingan, perekaman suara dan mixing; dan fasilitas pasca produksi untuk HD digital vision dan audio. Para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menulis, mengembangkan dan memproduksi karya animasi yang akan ditayangkan untuk publik.

 

21. Beijing Film Academy

Beijing Film Academy - Hotcourses Indonesia

Beijing Film Academy (BFA) adalah akademi film terbesar di Asia dan satu-satunya sekolah film profesional di China. Selain itu, BFA adalah institusi pendidikan animasi pertama di China. Jurusan animasi akademi memiliki visi dan misi untuk mendidik para sutradara animasi, desainer kartun dan seniman terkait.

 

Pendidikan di BFA menekankan keseimbangan antara teori dan praktik melalui kombinasi teknologi digital dan metode animasi tradisional, serta pelatihan keterampilan animasi dan penciptaan karya animasi. Pada tahun terakhir program, mahasiswa dapat berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar dengan NFA (Netherland Film Academy) atau KAFA (Korean Academy of Film Art). Sebagai syarat kelulusan, BFA mewajibkan mahasiswa untuk membuat film tesis.

 

20. Frameboxx 2.0

Frameboxx 2.0 - Hotcourses Indonesia

Framebox 2.0 adalah satu-satunya studio pelatihan nasional di India yang dimiliki dan dioperasikan oleh para animator profesional. Mahasiswa yang mengambil jurusan animasi mendapatkan 2 pilihan gelar: B.Sc. in Animation & Multimedia atau B.Sc. in Animation & VFX.

 

Saat kuliah, para mahasiswa akan belajar membuat film, menggambar animasi, dan mendesain dalam lingkungan kerja yang ramah. Mereka juga berkesempatan untuk mengerjakan proyek nyata. Para lulusan institusi ini telah sukses memasuki studio-studio ternama di Hollywood dan Bollywood, seperti DNEG, Technicolor, Prime Focus, Framestore, Pixel Digital Studios, Rockstar, Red Chillies VFX, Weta Digital, Accenture, Dreamworks, Legend, Makuta Visual Effects, MPC, Viacom 18, dan Golden Robot.

 

19. University of Hertfordshire

University of Hertfordshire - Hotcourses Indonesia

Universitas yang berlokasi di Inggris ini menawarkan 2 program studi animasi: 2D Digital Animation BA (Hons) & 3D Animation Visual Effects BA (Hons). Program animasi di universitas ini menyediakan semua teknologi terbaru yang membantu mahasiswa mengembangkan kreativitas mereka, seperti printer 3D, studio motion capture, dan ruang pasca produksi.

 

Para mahasiswa juga bisa mengambil mata kuliah yang diajarkan oleh dosen-dosen berpengalaman dan para animator profesional. Selain itu, mereka berkesempatan untuk menjalani praktik kerja, terlibat dalam berbagai proyek kolaborasi, serta mengakses jejaring alumni dan kontak industri yang ekstensif. Prospek kerja lulusan universitas ini sangat baik, karena sekitar 96,5% alumninya mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. 

 

18. Escape Studios - Pearson College London

Escape Studios, Pearson College London - Hotcourses Indonesia

Escape Studios adalah bagian dari Pearson College London yang berada di bawah naungan Pearson plc — satu-satunya perusahaan desain dalam Indeks FTSE 100 yang juga menyediakan program studi akademik. Mata kuliah untuk semua program studi di studio ini dirancang oleh para mitra Pearson, seperti MPC, Cinesite, Framestore, The Mill, Jellyfish, Milk, dan BlueBolt.

 

Selain jurusan kuliah di tingkat S1 dan S2, Escape Studios juga menawarkan beberapa program pendek yang berdurasi antara 4 hingga 18 minggu. Para lulusan institusi ini telah terlibat dalam produksi beberapa film ternama, antara lain The Jungle Book, Thor: Ragnarok, Star Wars: The Force Awakens, Ex Machina, The Revenant, InterstellarGravity, dan masih banyak lagi.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

17. Image Campus

Image Campus - Hotcourses Indonesia

Image Campus menawarkan berbagai program vokasional yang merupakan hasil kolaborasi dari berbagai perusahaan papan atas, industri audio visual dan pekerja kreatif profesional. Institusi yang berlokasi di Buenos Aires ini menyatakan bahwa program-program mereka mendapatkan pengakuan tersendiri di bidang desain, video games, serta animasi 2D dan 3D.

 

Semua program yang tersedia mencakup beberapa program pendek berdurasi 4 hingga 9 bulan dan juga program 3 tahun dalam bidang Seni dan Animasi Video serta Produksi dan Animasi 3D. Mahasiswa yang mengambil program 3 tahun akan lulus dengan gelar setara D3 dan mendapatkan pengalaman melalui kerja magang serta pembuatan demo reel. Semua mahasiswa Image Campus dijamin akan lulus dengan portofolio profesional. 

 

16. ChungKang College of Cultural Industries

ChungKang College of Cultural Industries - Hotcourses Indonesia

Fakultas Animasi di ChungKang College of Cultural Industries, Korea Selatan memiliki program studi animasi berdurasi 3 tahun. Setelah menyelesaikan program ini, para mahasiswa bisa mengambil 1 tahun kuliah tambahan demi mendapatkan gelar Bachelor of Arts.

 

Kurikulum program studi animasi di kolese ini mencakup semua aspek animasi, termasuk perencanaan, penyutradaraan, produksi, dan kegiatan pasca-produksi. Para mahasiswa juga akan mempelajari berbagai mata kuliah multidisipliner di bidang kartun, animasi dan game. Mereka juga bisa mengkses berbagai fasilitas terbaik, seperti studio animasi terbesar di Korea Selatan dan studio rekaman. Program S1 animasi ini memiliki syarat kelulusan berupa proyek akhir atau tesis.

 

15. ArtFX

ArtFX - Hotcourses Indonesia

ArtFX didirikan pada tahun 2004 di Paris oleh sekelompok pekerja profesional dari industri film, animasi, video game dan efek visual. Institusi ini termasuk dalam sebagian kecil institusi pendidikan Eropa yang berspesialisasi dalam teknik dan komposisi film. Mahasiswa bisa mengambil program S1 berdurasi 3 tahun dalam bidang Animasi 2D & Stop Motion serta Animasi 3D.

 

Semua program di ArtFX memiliki komponen lokakarya, kerja magang, sesi penilaian karya dengan panel juri, sesi pertemuan dengan para artis profesional, dan tugas akhir berupa film animasi 2D atau Stop Motion pendek. 

 

14. Teesside University

Teesside University - Hotcourses Indonesia

Fakultas Komputasi, Teknik dan Teknologi di universitas Inggris ini menawarkan beberapa program S1 dalam bidang animasi: 2D Animation and Stop Motion BA (Hons); Computer Animation BA (Hons); Computer Character Animation BA (Hons); dan Visual Effects with Foundation Year BA (Hons).

 

Selain dapat mengakses berbagai fasilitas terbaik, para mahasiswa bisa rutin bertemu dengan para agen rekrutmen dari industri animasi dan mendengarkan para pembicara dari Disney, Pixar, DreamWorks dan Industrial Light & Magic. Mereka juga bisa berpartisipasi di Animex, festival animasi terbesar di Inggris yang dilangsungkan di kampus Teesside University.

 

13. Royal College of Art

Royal College of Art - Hotcourses Indonesia

Royal College of Art (RCA) adalah sebuah kolese di London yang berpengalaman mengajarkan animasi di Fakultas Komunikasinya selama lebih dari 30 tahun. Kolese ini memiliki program S2 animasi dengan 3 jalur spesialisasi: Animasi Dokumenter, Animasi Eksperimental dan Animasi Naratif.

 

Program S2 ini terdiri dari 240 UK credits dan berdurasi 2 tahun. Mahasiswa bisa mengambil berbagai mata kuliah pilihan yang multidisipliner, menghadiri sesi kunjungan para animator profesional, dan belajar melalui karyawisata ke berbagai studio animasi, pameran dan museum. Pada akhir program, mahasiswa wajib mempresentasikan tugas akhir berupa film animasi.

 

12. University of Technology Sydney

University of Technology Sydney - Hotcourses Indonesia

University of Technology Sydney (UTS) menawarkan gelar Bachelor of Design in Animation dan juga Master of Animation and Visualization. Semua program ini memiliki mata kuliah studio animasi dan membuka kesempatan kerja magang.

 

11. Emily Carr University of Art + Design

Emily Carr University of Art + Design - Hotcourses Indonesia

Emily Carr University of Art and Design (ECU) adalah salah satu universitas seni dan desain terbaik di Kanada. Fakultas Desain + Media Dinamis di universitas ini menawarkan jurusan Animasi 2D & Eksperimental serta Animasi Komputer 3D di tingkat S1.

 

Mahasiswa kedua jurusan ini akan mendalami prinsip-prinsip animasi, desain, pengembangan cerita dan karakter, dan teknik produksi untuk memperkenalkan mereka ke semua aspek industri animasi. Selama kuliah, para mahasiswa akan mengerjakan beberapa proyek film yang akan melatih keterampilan yang mereka butuhkan untuk memasuki dunia kerja.


Nah, kita berhenti di sini dulu ya. Untuk posisi 1 - 10 akan dibahas di bagian berikutnya! Sementara itu, kamu bisa membaca berbagai panduan  mengenai kuliah animasi. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah animasi di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

AnimationCareerReview.com

ResearchAndMarkets.com

Wikipedia.org

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81.4K