Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

25 SEKOLAH ANIMASI TERBAIK DI DUNIA (BAGIAN II)

25 Sekolah Animasi Terbaik Di Dunia Bagian II

Sedang bingung memikirkan karir yang sesuai dengan bakat menggambar yang kamu miliki? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan menjalani karir di industri animasi. Dengan kesuksesan film-film animasi dari Pixar, CoMix Wave Films dan Studio Ghibli, industri karya seni visual ini semakin melejit di kancah internasional. Menurut perkiraan situs web Research And Markets, besaran pangsa pasar industri animasi global kini mencapai USD156miliar dan akan bertumbuh sekitar 10% hingga tahun 2025. Ini berarti karir di industri animasi punya prospek yang sangat menjanjikan.

 

Saat ini memang ada banyak institusi atau universitas yang menawarkan jurusan animasi, namun tentunya kamu ingin memilih tempat belajar dengan reputasi terbaik. Untuk membantumu menentukan destinasi studi, Hotcourses Indonesia akan melanjutkan pembahasan 25 institusi internasional (di luar AS) dengan program animasi terbaik. Daftar peringkat ini disusun oleh situs web Animation Career Review dengan mempertimbangkan reputasi akademis; sistem seleksi mahasiswa baru; kedalaman lingkup program studi; perbandingan uang kuliah dengan kualitas pembelajaran yang didapatkan; dan data lulusan yang telah bekerja.

 

Setelah membaca info institusi yang menduduki peringkat 11-25 di bagian sebelumnya, sekarang kamu bisa langsung intip peraih peringkat 1-10 di bawah ini:

 

10. Griffith University

Griffith University - Hotcourses Indonesia

Universitas ini menaungi lembaga pendidikan seni dan desain tertua di Australia - Queensland College of Art (QCA). Para mahasiswa bisa mengambil program Bachelor of Animation, dengan pilihan jurusan Animasi Karakter, Pengarahan Seni, dan Pengarahan Teknis. Program yang berlangsung selama 3 tahun ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk membuat proyek kolaborasi dengan mahasiswa dari program produksi media layar dan film serta mahasiswa desain game. Tersedia juga program Bachelor of Animation (Hons) yang dirancang untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan pemahaman teori dan keterampilan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

 

9. Media Design School

Media Design School - Hotcourses Indonesia

Institusi yang berlokasi di Selandia Baru ini menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, seperti AI (kecerdasan buatan), Komputasi Awan (cloud computing), Animasi 3D dan Efek Visual, Desain Interaktif, Pemrograman Game, Desain Grafis, dan Periklanan Kreatif. Program Bachelor of Art and Design - 3D Animation & VFX di institusi ini mempersiapkan mahasiswanya untuk menjalani karir seperti animator, kompositor, artis VFX , desainer efek, sutradara teknis, dan masih banyak lagi. Para lulusan program ini telah memenangkan berbagai penghargaan film pendek, menduduki posisi di studio-studio besar, dan mengerjakan film-film blockbuster seperti Avatar dan The Hobbit.

 

8. RMIT University

RMIT University - Hotcourses Indonesia

RMIT University didirikan pada tahun 1887 dan dikenal sebagai universitas terbesar di Australia. Universitas ini menawarkan program Bachelor of Design in Animation and Interactive Media dan Master of Animation, Games, and Interactivity. Para mahasiswa di kedua program ini bisa mengikuti mata kuliah yang diajarkan oleh para seniman, desainer, dan kaum profesional industri animasi, serta mempelajari aspek desain dari berbagai bidang. Selain itu, mereka dapat mengakses studio animasi dan desain game yang baru didirikan. Para mahasiswa juga berkesempatan untuk memamerkan hasil karya mereka di festival dan konferensi seperti Siggraph, MIAF, LIAF, MILIA dan Annecy.

 

7. The Animation Workshop - VIA University College

The Animation Workshop - Hotcourses Indonesia

The Animation Workshop (TAW) adalah institusi pendidikan yang merupakan bagian dari VIA University College, Denmark. TAW memiliki 7 departemen dan dikenal sebagai penyelenggara salah satu festival animasi terbesar: Denmark—Viborg Animation Festival (VAF). Program BA in Animation di institusi ini memiliki 2 pilihan spesialisasi - Computer Graphic Arts dan Character Animation. Mahasiswa TAW memiliki akses ke berbagai fasilitas, seperti Lab Pembelajaran Animasi dan Visual Talent Center, serta berkesempatan untuk mengikuti program-program magang. Mereka juga bisa belajar dan membangun jejaring melalui Arsenalet — sebuah cluster bisnis kreatif yang terdiri dari berbagai perusahaan, pekerja lepas dan start-up di industri animasi, new media, dan game. 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

6. MoPA

MoPA - Hotcourses Indonesia

MoPA adalah sekolah animasi di Perancis dengan ratusan alumni di berbagai studio internasional. Institusi ini menawarkan program Advanced Diploma in Animated Filmmaking yang berdurasi 5 tahun dan dianggap setara dengan program magister. Dalam program ini, para mahasiswa berkesempatan untuk menggunakan peralatan dan perangkat lunak yang dipakai oleh para pekerja animasi profesional. Pada tahun terakhir kuliah, para mahasiswa akan membuat film pendek animasi untuk dipresentasikan di hadapan panel juri dari industri animasi.

 

5. Ecole Superieure des Metiers Artistiques (ESMA)

Ecole Superieure des Metiers Artistiques - Hotcourses Indonesia

Program Animasi Komputer & Efek Spesial (CG Animation & FX) di Ecole Superieure des Metiers Artistiques (ESMA) memiliki prospek kerja yang sangat baik - 100% alumninya mendapatkan pekerjaan dalam waktu 9 bulan setelah kelulusan. Program tingkat S2 ini berfokus pada pengetahuan artistik dan teknis, sekaligus menekankan penguasaan berbagai software 3D yang digunakan di industri animasi saat ini. Para mahasiswa bisa memilih untuk mengambil program ini di Perancis (kampus Montpellier, Lyon, Nantes, dan Toulouse) atau di Kanada (kampus Montreal).

 

4. Bournemouth University

Bournemouth University - Hotcourses Indonesia

Bournemouth University (BU) baru-baru ini berhasil menduduki posisi 95 di THE Young University Rankings 2020. Universitas ini memiliki National Centre for Computer Animation (NCCA), yang dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan grafik komputer terbaik di Inggris. Ada 2 program animasi tingkat S1 yang ditawarkan: Computer Animation Art and Design BA (Hons) dan Computer Animation Technical Arts BA (Hons). Untuk tingkat S2, tersedia program MA 3D Computer Animation dan MSc Computer Animation and Visual Effects.

 

Sekitar 96,3% lulusan program animasi universitas ini mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan. Para alumni juga telah terlibat dalam produksi berbagai film terkenal, seperti Blade Runner 2049, The Avengers, Solo: A Star Wars Story, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, Dunkirk, dan masih banyak lagi.

 

3. Rubika

Rubika - Hotcourses Indonesia

Sejak berdiri di tahun 1988, Rubika telah dikenal sebagai pencetak lulusan dengan kualitas terbaik di industri animasi dan efek visual digital. Institusi ini kini memiliki 4 kampus di Valenciennes (Perancis), Montreal (Kanada), Pune (India) dan Nairobi (Kenya). Program animasi di Rubika memiliki 3 pilihan spesialisasi: Animasi 2D, Animasi 3D dan FX/VFX. Para mahasiswa bisa memilih program berdurasi 2-3 tahun untuk mendapatkan gelar S1 atau program 5 tahun untuk mendapatkan gelar S1 & S2. Kedua program ini memiliki komponen magang dalam kurikulumnya dan mewajibkan tugas akhir berupa film animasi pendek. Film-film pendek yang dihasilkan institusi ini telah mendapat pengakuan di berbagai festival animasi bergengsi, seperti MIFA Annecy, SIGGRAPH, ITFS Stuttgart, dan masih banyak lagi.

 

2. Gobelins, The School of Image

Gobelins, The School of Image - Hotcourses Indonesia

Gobelins, The School of Image, adalah institusi pendidikan di Perancis dengan reputasi yang diakui dunia internasional. Program animasi di Gobelins mencakup BA in Character Animation and Animated Filmmaking (berdurasi 4 tahun), MA in Character Animation and Animated Filmmaking (berdurasi 2 tahun) dan Diploma in 3D Character Animation (berdurasi 1 tahun). Ketiga program in memiliki komponen magang selama 2 bulan di studio di Perancis atau di negara lain. Banyak alumni Gobelins telah berhasil mendapatkan pekerjaan di studio-studio bergengsi, seperti Disney, Hanna Barbera dan DreamWorks Animation. Sebagian alumni juga terlibat dalam produksi film-film populer seperti Despicable Me, Shark Tale, dan A Monster in Paris.

 

1. Sheridan College

Sheridan College - Hotcourses Indonesia

Kolese ini termasuk salah satu pelopor industri animasi di Kanada dan memiliki julukan “Harvard of Animation”. Sheridan menawarkan program (Hons) Bachelor of Animation yang memberi penekanan khusus pada prinsip-prinsip animasi dalam berbagai bentuk, seperti 2D digital, 3D dan stop motion. Para mahasiswa di program ini diwajibkan menjalani program magang selama 3 bulan dan berkesempatan bertemu dengan para pemberi kerja di acara Industry Day tiap tahunnya. Sebagian besar alumni Sheridan telah menduduki posisi penting di Walt Disney Animation Studios, Don Bluth Productions, Pixar Animation Studios, dan DreamWorks Animation. Para alumni juga telah memenangkan berbagai penghargaan, seperti Emmy Award, Addy Award dan Academy Award.

 

Masih ingin mencari info tentang jurusan ini? Kamu bisa membaca berbagai panduan  mengenai kuliah animasi yang telah kami susun. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah animasi di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

AnimationCareerReview.com

ResearchAndMarkets.com

Wikipedia.org

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81.4K