Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

INFORMASI KULAH JURUSAN KEBIDANAN DI LUAR NEGERI

share image
88

Taukah kamu? Kebidanan adalah profesi terpisah dari keperawatan. Bidan dilibatkan selama semua tahap kehamilan, persalinan, dan periode awal pascakelahiran. Langkah pertama untuk menjadi bidan adalah mengambil program tingkat sarjana yang disetujui oleh Nursing & Midwifery Council (NMC).

Harus diakui, jurusan ini tidaklah sepopuler Jurusan Kedokteran Umum. Namun daya tarik Jurusan Kebidanan tak pernah memudar dari tahun ke tahun. Menempuh pendidikan di Jurusan Kebidanan masih menjadi pilihan yang banyak diambil. Kebutuhan tenaga kesehatan yang semakin meningkat membuat jurusan ini tak pernah sepi pendaftar.

 

Menjadi bidan adalah salah satu pekerjaan yang mulia. Kamu akan memahami perjuangan seorang ibu, dan lebih perhatian terhadap kesehatan reproduksi. Masih banyaknya bahaya yang mengancam ibu dan bayi menjadi salah satu perhatian pemerintah, oleh karena itu, tenaga kebidanan yang handal, berkualitas, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi masih sangat dibutuhkan.

 

 

Kuliah kebidanan penuh waktu berlangsung selama lima hingga enam tahun, meskipun jika kamu sudah bekerja dalam peran yang relevan (seperti dalam keperawatan), kamu mungkin dapat mengambil kuliah paruh waktu yang berlangsung selama tiga sampai empat tahun.

 

 

Sepanjang program sarjana kebidanan, pelatihan kamu akan dibagi 50/50 antara ruang kelas dan penempatan kerja. Kamu akan mempelajari berbagai modul, yang akan bervariasi di berbagai lembaga dan kursus, yang mencakup topik-topik seperti:

 

  • Perawatan kebidanan dalam kehamilan dan kelahiran
  • Perawatan kebidanan setelah kelahiran
  • Manajemen obat-obatan
  • Perawatan kritis dan kebutuhan kompleks
  • Kelahiran normal, biasanya pada tahun pertama, diikuti oleh kelahiran darurat dan kehamilan berisiko tinggi pada tahun kedua dan ketiga
  • Modul berbasis penelitian.

 

Kamu akan dinilai melalui campuran ujian tertulis, kursus dan penilaian praktis.

 

 

 

5 Program Gelar Kebidanan Terbaik di Inggris dan Eropa

 

MSc in Advance Practice (Midwifery) – King's College London.

Biaya: £ 6,440 per tahun untuk siswa internasional.

 

Kuliah di King’s College London dalam program kebidanan ditujukan untuk siswa yang sudah bekerja di posisi senior di Kebidanan atau meneliti kesehatan ibu atau bayi. Kuliah selesai dalam tiga hingga enam tahun secara paruh waktu.

 

Msc in Anvanced Professional Practice (MATERNAL AND CHILD HEALTH) – Queen’s University Belfast

Biaya: £ 15,700 untuk siswa internasional.

 

Program Kebidanan di Queen's University Belfast Irlandia Utara ini ditujukan kepada Bidan yang ingin pindah ke manajemen lain dan beberapa modul hanya terbuka untuk Bidan yang terdaftar di Inggris atau Irlandia. Program ini dilakukan secara penuh waktu dalam satu tahun atau paruh waktu dalam tiga tahun.

 

 

 

MSc in Midwifery Practice and Leadership – Trinity College Dublin.

Biaya: € 20.075 total biaya untuk siswa internasional.

 

Siswa di Trinity College Dublin di Irlandia dapat mengikuti kursus ini lebih dari satu tahun secara penuh waktu atau dalam dua tahun secara paruh waktu. Kursus ini membekali Bidan dengan keterampilan tingkat lanjut dengan modul seperti Etika dan Hukum dalam Perawatan Kesehatan dan Sosial serta Praktek Kebidanan Lanjutan.

 

 

MSc in Midwifery Studies, Maternal and Newborn Health – University Of Nottingham

Biaya: £ 16.695 total biaya untuk siswa internasional.

 

Program Kebidanan di University of Nottingham bertujuan untuk mendidik Bidan dan Perawat saat ini untuk memimpin tim Bidan atau Perawat yang terlibat dalam kesehatan ibu dan bayi. Ini dilakukan dalam satu tahun secara penuh waktu atau dalam dua hingga empat tahun secara paruh waktu.

 

 

MSc in Midwifery Practice – University College Dublin

Biaya:  € 24.200 total biaya untuk siswa internasional.

 

Siswa di University College Dublin di Irlandia harus sudah berlatih Bidan dan mengikuti kursus ini secara paruh waktu selama dua tahun. Modul termasuk Praktek Kebidanan serta Konsep Kebiasaan dan Kebidanan Keputusan Berbasis Bukti.

 

 

 

Baca juga:

DAFTAR KAMPUS YANG MENAWARKAN JURUSAN KEBIDANAN

PROSPEK KARIR DAN DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

PROSPEK KARIR SERTA KAMPUS TERBAIK JURUSAN KESEHATAN DI ASIA

 

Sumber:

https://www.healthcareers.nhs.uk/explore-roles/midwifery/studying-midwifery

https://www.prospects.ac.uk/jobs-and-work-experience/job-sectors/healthcare/midwifery-courses

https://www.postgrad.com/blog/Top-10-Midwifery-Masters-Degree-Courses-In-The-UK-and-Europe/

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150