Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN ILMU KOSMETIK

Mengenal Jurusan Ilmu Kosmetik

Akhir-akhir ini kamu pasti sering melihat konten bertema kecantikan dan perawatan diri di media sosial. Maraknya konten beauty ini - yang disajikan oleh  influencer-influencer populer seperti Tasya Farasya atau Danang Wisnu - mencerminkan perkembangan industri kecantikan di Indonesia yang pesat. Namun perkembangan ini ternyata tak hanya terjadi di negara kita lho! Menurut situs web Business Insider, industri kecantikan global telah mencapai nilai USD 532miliar pada tahun 2019 dan diprediksi akan terus bertumbuh dengan cepat.

 

Jika kamu tertarik untuk memasuki industri yang prospeknya menjanjikan ini, salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih adalah cosmetics science / ilmu kosmetik. Mau tahu lebih lanjut tentang jurusan ini? Langsung saja baca penjelasan singkat berikut dari tim Hotcourses Indonesia.


Apa Yang Dimaksud Dengan Jurusan Ilmu Kosmetik?


Menurut KBBI, kosmetik adalah produk untuk mempercantik wajah, kulit, rambut dan sebagainya. Jadi ilmu kosmetik adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan pengembangan produk-produk yang meningkatkan estetika kulit, rambut, kuku, dan permukaan tubuh lainnya secara aman. Selain itu, bidang ini juga berkaitan erat dengan pemasaran dan regulasi produk kosmetik.

 

Salah satu inovasi terbaru dalam ilmu kosmetik adalah snail serum (serum lendir siput) yang multifungsi - Mengenal Jurusan Ilmu Kosmetik - Hotcourses Indonesia

 Salah satu inovasi terbaru dalam ilmu kosmetik adalah snail serum (serum lendir siput) yang multifungsi

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?

 

Pada intinya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai konsep dan strategi yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi produk kosmetik yang siap dipasarkan. Para mahasiswa akan mendalami aspek-aspek kimia, farmasi, fisiologi dan dermatologi yang relevan, sekaligus rangka bisnis dan aturan pemasaran kosmetik. Selain itu, mereka akan belajar mengenai formulasi produk di tingkat lab hingga tingkat produksi skala besar. Mereka juga akan mengembangkan keterampilan kerja di laboratorium.


Dengan meningkatnya kesadaran tentang dampak industri kosmetik pada alam, kurikulum ilmu kosmetik kini membimbing para mahasiswanya untuk membahas pengembangan produk-produk baru yang lebih ramah lingkungan. Para mahasiswa juga bisa terlibat dalam berbagai penelitian untuk menemukan bahan-bahan yang lebih aman untuk manusia dan mengembangkan metode pengujian produk yang tidak melibatkan hewan.

 

Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

 

Karena jurusan ilmu kosmetik mengajarkan beragam aspek industri kosmetik, maka para mahasiswa yang mengambil jurusan ini sebaiknya merupakan individu yang siap menyerap berbagai disiplin ilmu. Mereka juga wajib memiliki kreativitas yang tinggi dan bisa memperhatikan detail sekecil mungkin.

 

Hal lain yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan ini adalah persepsi sensori yang baik, karena persepsi ini dibutuhkan dalam memformulasikan wangi, warna dan tekstur produk kosmetik. Untuk bisa melalui masa pendidikan dengan baik, mahasiswa jurusan ini juga harus memahami manajemen waktu, keterampilan komunikasi dan pentingnya teamwork

 

Prospek Kerja
 

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan ilmu kosmetik:

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Kosmetik - Hotcourses Indonesia

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas dan institusi mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

 

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

scs.org.uk
businessinsider.com
chemistscorner.com

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81K