Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN SENI TARI, SENI MUSIK, DAN SENI KONTEMPORER SERTA PROSPEK KARIR DI MASA DEPAN

share image
949

Apa itu Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Kontemporer?

Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi. 

Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer sendiri artinya adalah masa kini atau kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dahulu dan berkembang sesuai zaman sekarang.

 

Mengapa Memilih Jurusan Ini?

Jurusan Seni adalah salah satu jurusan yang responsif dan berkepentingan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni itu sendiri. Beberapa program studi dari jurusan seni adalah Program Studi Seni Tari dan Program Studi Seni Musik. Jurusan ini akan menyiapkan kamu menjadi penyelenggara pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang seni terutama dalam bidang tari dan musik yang berbasis IPTEK sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

 

Kurikulum

Pada Program Studi Seni Musik, siswa mengembangkan keterampilan mereka dalam menyusun, tampil, dan mendengarkan. Mereka diajari menggunakan berbagai teknik dan sumber daya termasuk penggunaan instrumen dan teknologi.

Sedangkan pada Program Studi Seni Tari siswa dengan kesulitan yang kompleks mengembangkan keterampilan mereka dalam berpartisipasi, bekerja secara khusus interaksi dengan orang lain. Semua siswa diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari proses yang melibatkan mereka mengeksplorasi, menciptakan, merasakan, berpikir, berkomunikasi, bermain, bergerak dan merasakan.

 

Universitas Terbaik untuk Kuliah Jurusan Seni

Menurut QS World University Rankings 2018, berikut top 10 Universitas terbaik dunia untuk jurusan seni:

  1. Royal College of Art, UK
  2. Parsons School of Design at The New School, US
  3. Rhode Island School of Design (RISD)
  4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  5. Politecnico di Torino, Italia
  6. University of the Arts London
  7. Pratt Institute, New York
  8. School of the Art Institute of Chicago (SAIC)
  9. Aalto University, Finlandia
  10. Stanford University

 

 

Prospek Karir Jurusan Seni

Dari tahun ke tahun peluang kerja untuk lulusan jurusan seni ini semakin terbuka lebar. Lembaga-lembaga pendidikan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Indonesia yang kaya akan budaya juga membutuhkan seniman yang berkualitas dan berwawasan luas. Lulusan jurusan seni dapat menjadi tenaga pengajar seni budaya, seniman mandiri, bahkan wirausaha di bidang seni.

 

Karir Lulusan Pendidikan Seni

  • Penari
  • Guru Musik
  • Koreografer
  • Komposer
  • Penulis untuk Teater Musikal
  • Manajer Konser, Promotor
  • Instruktur Pilates
  • dan lain-lain

 

 

Baca juga:

 

Sumber:

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150