Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA JURUSAN TRANSPORTASI & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH KE LUAR NEGERI

1866

Pernahkah kamu memikirkan hal ini? Kamu memesan barang secara online, dan kemudian setelah beberapa hari dan bahkan di hari yang sama, barang yang kamu pesan telah diantarkan ke rumah. Praktis bukan? Tidak perlu keluar rumah, hemat ongkos hemat waktu, dan kamu tetap bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan.

 

PERANAN PENTING DARI TRANSPORTASI/LOGISTIK

 

Nah, peran transportasi dan logistik sangatlah penting dalam proses kamu meng-order barang, tracking pesanan, hingga barang diantar dengan selamat ke rumahmu.

 

 

Kamu mungkin hanya melihat kurir yang mengantarkan paket ke rumah, tetapi kamu mungkin tidak tahu di balik semua itu ada skenario yang lebih rumit.

 

Yang dimaksud dengan transportasi di sini cakupannya sangat luas, bukan hanya dalam konteks kurir mengantarkan barang, tetapi mulai dari stok yang dikeluarkan dari gudang ke bagian packing, yang diteruskan ke bagian pengiriman hingga paket tersebut sampai di tangan pembeli. Di balik semua ini ada sistemnya. Berkat perkembangan teknologi, proses yang rumit dan perlu ketelitian ini telah banyak dibantu dengan software, sehingga memudahkan pekerjaan dan meminimalkan peluang human error. 

 

Jika dibahas lebih lanjut lagi, produksi juga memerlukan tenaga ahli transportasi, baik itu dari perencanaan alur distribusi bahan baku, hingga ke proses produksi, barang jadi dan penyimpanan barang tersebut, hingga diteruskan ke tangan pembeli. Semua itu membutuhkan angkut-muat barang. Oleh karena itu, peran transportasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting.

 

 

 

APA YANG AKAN SAYA PELAJARI DI JURUSAN TRANSPORTASI?

 

Secara umum, mahasiswa jurusan transportasi akan belajar cara mengkoordinasi semua yang bersangkutan dengan rantai pasokan (supply chain). Mereka akan diajar untuk mengerti proses logistik yang menyeluruh, menggunakan software dan teknologi untuk mempermudah pekerjaan mereka.

 

Mahasiswa akan belajar bagaimana produk dikategorikan, disimpan, dipindahkan, dikemas dan didistribusikan. Untuk itu, dasar bisnis dan matematika yang kuat sangatlah penting. Selain itu, dasar dalam mata pelajaran ekonomi, akuntansi dan statistik juga dibutuhkan.

 

 

SKILL/KEAHLIAN BERGUNA YANG DIPELAJARI DI JURUSAN TRANSPORTASI

 

 

 

Problem Solving – Mengidentifikasikan masalah dan mencari solusi, mengevaluasi penerapan suatu kebijakan atau solusi. 

 

Time Management – Waktu sangatlah penting dalam transportasi. Jika terjadi penundaan di salah satu tahap, maka bagian lain akan terpengaruh dan keseluruhan proses akan terganggu. Jadi skill manajemen waktu ini wajib dikuasai oleh mahasiswa jurusan transportasi.

 

 

Berpikir Kritis – Menggunakan logika untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari suatu solusi dan proses.

 

Produksi dan Proses – Mempelajari bahan baku, proses produksi, control kualitas, biaya dan teknik lainnya supaya proses produksi dan distribusi selalu efisien dan efektif.

 

Administrasi dan Manajemen – Menguasai prinsip bisnis dan manajemen yang dibutuhkan dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi sumber daya (baik itu materi atau manusia).

 

Analisa Sistem – Memikirkan dan menganalisa sistem logistik secara keseluruhan, mengetahui kelebihan dan kelemahan dari suatu sistem dan cara penanggulangannya, sebelum sistem tersebut diterapkan.

 

Komunikasi dan Presentasi – Bagian transportasi tidak bekerja sendiri, tetapi melibatkan banyak bagian lain. Sehingga mereka dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan banyak pihak, dan dapat menjelaskan konsep mereka dengan jelas, baik kepada pihak yang tidak mengerti tentang transportasi sekalipun.

 

 

APAKAH SAYA COCOK MENGAMBIL JURUSAN TRANSPORTASI?

 

Karir ini cocok untuk orang yang bisa bekerja dalam kelompok. Sistem transportasi/logistik melibatkan banyak bagian, sehingga seringkali dalam proses pembuatan keputusan harus berdiskusi dengan bagian-bagian lain.

 

Bagian transportasi akan sering menggunakan teknologi dan program komputer. Sehingga disarankan, jika kamu ingin mendaftar ke jurusan ini, setidaknya menguasai cara kerja komputer dan internet.

 

Mahasiswa jurusan transportasi akan belajar bagaimana produk dikategorikan, disimpan, dipindahkan, dikemas dan didistribusikan. Untuk itu, dasar bisnis dan matematika yang kuat sangatlah penting. Selain itu, dasar dalam mata pelajaran ekonomi, akuntansi dan statistik juga dibutuhkan.

 

 

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN TRANSPORTASI

 

Menurut data Biro Tenaga Kerja Amerika, manajemen transportasi/logistik adalah sektor kedua terbesar di Amerika. Terdapat banyak lowongan kerja di sektor pemerintahan maupun swasta. Diperkirakan lowongan kerja di bidang ini akan naik sebanyak 22% sebelum tahun 2022, lebih pesat dari pertumbuhan lowongan di sektor lainnya. Hal ini dikarenakan setiap usaha/bisnis pasti memerlukan tenaga kerja logistik untuk mengkoordinasi angkutan dan produksi barang.

 

 

RUANG LINGKUP KARIR LULUSAN JURUSAN TRANSPORTASI

Berikut adalah beberapa contoh dari karir yang bisa ditekuni pemegang gelar jurusan transportasi:

 

 

 

Ahli Tranportasi

 

Tenaga ahli ini dibutuhkan di setiap sektor, baik itu swasta atau negeri. Mereka memegang berbagai peranan, termasuk pemimpin proyek, riset dan analisa logistik. Di sektor pemerintahan, tenaga ahli transportasi memberi saran dan masukan bagi pembuat hukum, regulasi dan kebijakan dalam hal transportasi.

 

Menurut PayScale.com, gaji rata-rata dari seorang supervisor transportasi adalah $50,989 (menurut data terbaru Oktober 2016).

 

Manajer Distribusi

 

Manajer distribusi mengkoordinasi, mengelola dan mengatur distribusi, pengiriman dan pengadaan bahan baku dan produksi. Manajer distribusi yang bekerja di perusahaan manufaktur memastikan bahan baku diantar ke bagian yang tepat. Untuk dapat menjadi manajer, biasanya diminta pengalaman kerja yang relevan, skill kepemimpinan dan problem solving.

 

Menurut PayScale.com, gaji rata-rata dari seorang manajer distribusi adalah $65,462 (menurut data terbaru Oktober 2016).

 

Manajer Logistik

 

Tugas manajer logistik adalah memimpin hal distribusi, pengangkutan, penyimpanan dari suatu organisasi. Manajer logistik harus menguasai sistem distribusi dan transportasi untuk dapat menyampaikan barang atau jasa tepat waktu.

 

Menurut PayScale.com, gaji rata-rata dari profesi ini adalah $62,655 (menurut data terbaru Oktober 2016).

 

Selain yang disebutkan di atas, profesi lain yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan transportasi adalah:

  • Purchasing manager
  • Supply chain manager
  • Industrial production manager
  • Teknisi Produksi, Perencanaan dan Ekspedisi

 

 

TERTARIK UNTUK KULIAH JURUSAN TRANSPORTASI? INI PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR

 

Secara umum, untuk dapat mendaftar ke program S1 di luar negeri, perlu memiliki sertifikat tanda kelulusan sekolah menengah atas, dengan nilai rapor minimal 7. Selain itu juga butuh sertifikat kelancaran berbahasa Inggris, dengan skor TOEFL 500-550, atau IETLS band 5-6, dan tes Inggris lain yang setara.

 

Persyaratan masuk setiap universitas berbeda, disarankan untuk konfirmasi dengan universitas yang kamu minati untuk persyaratan masuk terkini.

 

 

KULIAH JURUSAN TRANSPORTASI DI LUAR NEGERI

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS