Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

6 Skill untuk Sukses Kuliah di Luar Negeri

1915

Kuliah ke luar negeri merupakan suatu tantangan bagi mahasiswa internasioanl. Pertama, bahasa yang digunakan berbeda, selain itu tuntutan belajar juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan sekolah menengah atas.

 

Akan tetapi semua itu tidaklah sulit jika kamu telah membekali dirimu dengan 6 skill/keahlian ini. Dan skill-skill berikut juga akan terpakai terus setelah kamu lulus nanti, sewaktu memasuki dunia kerja, hidup bermasyarakat dan seterusnya.

 

 

1. Diskusi Kelompok

 

 

Tidak peduli di universitas di negara manapun, kamu tidak bisa menghindari yang namanya diskusi. Biasanya dosen akan membagi kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian memberikan tema atau pertanyaan, dan meminta kelompok tersebut untuk membahasnya dan salah satu anggota kelompok akan menyampaikan jawaban tersebut.

 

Disinilah kemampuan berbahasa asing kamu akan diuji, termasuk kelancaran dalam mendengar, berbicara, menyampaikan pendapat, dan menanggapi sudut pandang yang beragam.

 

Manfaatnya di dunia karir: Dengan mengasah skill berdiskusi, kamu akan lebih percaya diri sewaktu menghadiri rapat. Mampu menyampaikan pendapat dengan jelas dan menghargai sudut pandang orang lain merupakan soft skill yang sangat dihargai oleh perusahaan.

 

 

 

2. Berpikir Kritis

 

 

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisa fakta, membuat perbandingan, dan membuat gagasan/solusi untuk permasalahan yang ada. Berpikir kritis ini bisa berdasarkan pengetahuan yang dipelajari dan pengalaman yang dimiliki.

 

Manfaatnya di dunia karir: Kemampuan berpikir kritis membantumu membuat keputusan yang tepat dengan cara mengevaluassi informasi atau fakta dengan tangkas dan objektif.

 

 

 

3. Mandiri

 

 

Jika di bangku sekolah masih ada guru dan orang tua yang mengawasimu untuk mengerjakan PR dan belajar untuk ujian, sewaktu kuliah kamu harus mengatur jadwalmu sendiri. Selain itu, kamu juga harus bisa belajar sendiri, mencari materi untuk menyelesaikan tugas, atau mencari bimbingan tambahan jika ada yang tidak dimengerti.

 

Supaya semua lebih mulus, kamu dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan layanan dukungan yang disediakan oleh universitas, dan biasanya gratis.  

 

Manfaatnya di dunia karir: Perusahaan sangat menghargai pribadi yang mandiri, berinisiatif dan dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik tanpa perlu dibantu.

 

 

 

4. Kerja Kelompok

 

 

Sewaktu kuliah, kerja kelompok adalah hal yang lumrah. Jika diskusi kelompok di kelas hanya berlangsung 30 menit, kerja kelompok durasinya lebih lama. Mahasiswa akan diminta untuk menulis laporan atau presentasi secara kelompok.

 

Manfaatnya di dunia karir: Kerja kelompok juga sering ditemukan di tempat kerja, jadi sangat penting menguasai cara untuk bekerjasama dengan orang lain.

 

 

 

5. Menulis Esai/Laporan

 

 

Setiap mata kuliah pasti ada tugas untuk menulis makalah. Jadi kemampuan untuk menulis, termasuk menyusun struktur, analisa, melakukan riset, mengekspresikan argumen, dan menghindari plagiat. Plagiat adalah kesalahan yang akan ditanggapi dengan serius di luar negeri.

 

Manfaatnya di dunia karir: Sewaktu menulis laporan, sangat penting kamu dapat menyampaikannya dengan jelas dan tersruktur supaya pembaca dapat mengerti isi laporan tersebut.

 

 

 

6. Mengutip

 

 

Plagiat adalah kesalahan yang akan ditanggapi dengan serius di luar negeri. Jadi pastikan kamu mengutip sumber yang kamu pakai sesuai dengan peraturan akademik. Biasanya hal ini akan diajarkan sewaktu orientasi.

 

Manfaatnya di dunia karir: Mengutip sangatlah penting dalam menulis laporan profesional.

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

140241

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

44137