Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Apa itu SAT Subject Test?

230

SAT Subject Tests adalah ujian yang perlu kamu tempuh untuk menguji apakah kamu telah siap mengikuti perkuliahan sarjana. Jika kamu berencana untuk kuliah ke Amerika, kamu wajib mengikuti tes SAT. SAT terbagi dua, yaitu SAT Reasoning Test dan SAT Subject Test. Pada umumnya, mengikuti Reasoning Test saja sudah cukup. Akan tetapi banyak juga jurusan atau universitas-universitas tertentu yang mewajibkan calon mahasiswa mereka mengikuti SAT Subject Test.

 

Mengapa universitas meminta kamu untuk mengikuti SAT Subject Test? Karena universitas ingin melihat kelebih kamu terletak di bidang studi yang mana. Hal ini penting untuk membantu mereka mempertimbangkan apakah kamu telah memilih jurusan kuliah yang tepat.

 

 

5 Kelompok SAT Subject Test

 

SAT Subject Test terbagi menjadi 5 kategori umum, yaitu: Bahasa Inggris, Sejarah, Bahasa Asing, Matematika dan Sains. 5 kategori ini terdiri dari 20 bidang studi spesifik, yaitu:

 

1. Math Level 1, 50 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

2. Math Level 2, 50 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

3. Biology E/M, 80 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal Biology E, Lihat contoh soal Biology M)

4. Chemistry, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

5. Physics, 75 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

6. English, 60 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

7. U.S. History, 90 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

8. World History, 95 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

9. Spanish, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

10. Spanish with Listening, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

11. French, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

12. French with Listening, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

13. Chinese with Listening , 70-75 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

14. Italian, 80-85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

      *Hanya diadakan di bulan Juni

15. German, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

       *Hanya diadakan di bulan Juni

16. German with Listening, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

17. Modern Hebrew, 85 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

       *Hanya diadakan di bulan Juni

18. Latin, 70-75 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

      *Hanya diadakan di bulan Juni dan Desember

19. Japanese with Listening, 80 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

20.Korean with Listening, 80 soal pilihan ganda (Lihat contoh soal)

 

Catatan:

Untuk Subject Test Language with Listening hanya diadakan setiap bulan November. Peserta harus membawa CD Player dengan earphone/headphone. CD Player yang dibawa haruslah yang portable dan menggunakan baterai. Yang menggunakan colokan listrik tidak diijinkan. CD Player yang dibawa tidak boleh memiliki fitur merekam suara.

 

Setiap Subject Test berdurasi satu jam, terdiri dari soal pilihan ganda, dengan skor antara 200-800.

 

 

Biaya, jadwal dan lokasi tes SAT

Ada 17 lokasi ujian SAT di Indonesia. Akan tetapi tidak semua lokasi menyediakan tes untuk enam gelombang setahun. Klik di sini untuk informasi lebih jelas. Kamu bisa mencari berdasarkan tanggal ujian yang ingin kamu ikuti.

 

Biasanya Subject Test diadakan enam kali dalam satu tahun, di hari yang sama dan di pusat penyelenggara yang sama dengan SAT Reasoning Test. Akan tetapi, tidak semua 20 Subject Test diadakan di setiap gelombang. Lihat jadwal spesifik dari SAT Subject Test.

 

Peserta ujian bisa mengambil hingga 3 Subject Test dalam satu hari, tetapi tidak bisa mengambil SAT Reasoning Test dan Subject Test di hari yang sama.

 

Untuk melihat rincian biaya pendaftaran SAT Subject Test untuk pelajar Indonesia, klik di sini.

 

 

Perlukah kamu mengikuti SAT Subject Test?

 

Untuk mengetahuinya, pertama kamu perlu melihat persyaratan mendaftar dari universitas yang kamu minati. Kamu perlu mencari tahu Subject Test mana dan skor minimal yang diminta oleh universitas tersebut. Untuk melihat daftar universitas yang meminta skor SAT Subject Test, klik di sini. Daftar tersebut bisa dijadikan acuan, tetapi sangat disarankan, kamu memeriksa sekali lagi di situs universitas yang kamu minati, atau, kamu bisa menghubungi bagian pendaftaran jika ada pertanyaan yang lebih spesifik.

 

Informasi tentang persyaratan masuk bisa kamu peroleh dari brosur resmi universitas. Pilih dan download sekarang.

 

Penting untuk diketahui bahwa tes SAT bukanlah pengganti dari tes TOEFL atau IELTS. Kamu bisa konfirmasikan hal ini ke universitas yang kamu minati. Akan tetapi, sebagian besar universitas Amerika meminta kedua tes tersebut.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

148210

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

46450