Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Mempresentasikan portofolio saat wawancara

1613
 
Bagaimana cara membuat juri wawancara masuk universitas terkesan dengan portofolio Anda? Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu Anda...
 
Sebelumnya, pastikan Anda telah mencari informasi baik di situs universitas atau melalui email mengenai apa saja yang diminta dalam presentasi portofolio. Pastikan bahwa portofolio Anda memenuhi kriteria yang diminta oleh universitas.
 
Sewaktu menghadiri wawancara, Anda perlu mengingat beberapa hal di bawah ini supaya presentasi portofolio Anda lebih berkesan di mata juri.
 
Berfokus pada minat Anda
 
Anda perlu jujur dan berfokus pada minat Anda. Tunjukkanlah mengapa Anda menyukai hasil karya Anda tersebut dengan menyertakan penjelasan mengenai konsep dan teori yang Anda terapkan di dalamnya.
 
Sampaikan mengenai proses pembuatan hasil karya Anda
 
Anda bisa menguraikan mengenai teknik apa saja yang berhasil dan tidak berhasil untuk hasil karya Anda. Dengan demikian Anda bisa menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang kreatif dan senang bereksplorasi. Jika hasil karya Anda tersebut diinspirasi oleh sumber lain, Anda juga bisa membawa sumber tersebut.
 
Tunjukkan perkembangan Anda
 
Dengan semakin berlatih tentu saja Anda akan semakin berkembang. Tunjukkanlah apa saja yang Anda pelajari dari setiap menyelesaikan sebuah hasil karya dan bagaimana pelajaran tersebut telah membuat Anda berkembang.
 
Bentuk penyajian
 
Hindari membungkus hasil karya Anda dengan plastik, karena bisa menyebabkan kesilauan yang mengurangi kejelasan saat portofolio Anda ditampilkan di depan juri.
 
Siapkan pertanyaan
 
Untuk menekankan bahwa Anda benar-benar berminat terhadap jurusan pilihan Anda, siapkanlah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada juri wawancara. Tetapi pastikanlah bahwa jawabannya tidak tersedia di katalog atau situs universitas. Siapkanlah pertanyaan yang kritis.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

142870

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

44963